Resep Jamur Enoki Jagung Saus Tiram

Resep Jamur Enoki Jagung Saus Tiram

Apa kabar, teman-teman?

Selain jamur tiram dan jamur kancing, jamur enoki juga nggak kalah enaknya untuk dijadikan masakan, entah di sayur maupun digoreng, atau menu masakan lainnya. Kali ini, jamur enoki saya masak dengan dicampur jagung manis serut, serta saus tiram.

Sebelum mulai masak-masak, saya pingin bahas sedikit ya tentang jamur enoki, seperti yang saya baca di wikipedia. Siapa tau infonya bermanfaat juga untuk teman-teman.

Jamur enokitake, atau yang lebih dikenal dengan sebutan jamur enoki, merupakan jamur yang warnanya putih dan bentuknya kayak toge. Makanya jamur enoki ini juga ada yang menyebutnya jamur toge atau jamur musim dingin.

Jamur enoki ini tumbuhnya di tempat yang beriklim sejuk, di alam bebas pada suhu udara rendah, yaitu mulai pada musim gugur hingga awal musim semi. Selain tumbuh di bawah salju, jamur enoki juga biasa ditemui di permukaan batang pohon Celtis Sinentis (yang dalam bahasa Jepang berarti enoki) yang udah lapuk. Ini makanya disebutnya jamur enoki.

Jamur enoki ini dipanen sepanjang tahun. Kalau yang hasil budidaya yang dilindungi dari sinar matahari, warnanya putih dan batangnya itu panjang dan kurus-kurus. Nah ini yang biasa ada di supermarket dan pasar.

Kalau yang di alam bebas, jamur enoki ini warnanya coklat dan batangnya itu lebih pendek dan gemuk.

Jamur enoki yang segar bisa disimpan di kulkas sampai seminggu. Biasanya memang dimasak untuk sup atau makanan berkuah lainnya. Di Cina, jamur enoki ini digunakan untuk pengobatan tradisional bagi yang susah BAB.

Jamur enoki mengandung banyak serat, protein, vitamin B, dan juga mineral. Makanya bagus ya untuk yang susah BAB, karena punya banyak serat.

Satu mangkuk jamur enoki yang masih mentah, ini mengandung 20 kalori. Jamur enoki juga nggak mengandung gula, makanya bagus nih dimakan untuk membantu program diet juga.

Selain itu, manfaat lain dari jamur enoki adalah bisa menstimulasi sistem imun dan aktivitas anti viral dan bakteri. Bisa juga untuk menurunkan tekanan darah dan kolesterol. Juga berguna dalam perawatan lymphomia serta kanker prostat.

Yeps, ini kurang lebih info tentang jamur enoki, dari yang saya baca di wikipedia. Yuk sekarang kita mulai masak-masaknya...


Bahan-bahan yang diperlukan:

100 gram jamur enoki (1 bungkus kecil)
1 buah jagung manis, serut kasar
4 siung bawang merah, iris

1 siung bawang putih, iris
½ siung bawang bombay, iris
3 buah cabe merah, iris

3 buah cabe ijo, iris
1 buah tomat merah, iris
3 sdm saus tiram

½ - 1 gelas air (gelas sedang)
1 sdt gula
Secukupnya minyak goreng
1 sdm margarin


Lalu ini cara memasaknya ya...

Panaskan minyak dan margarin, lalu goreng bawang merah dan bawang putih hingga kuning keemasan.

Masukkan bawang bombay, cabe merah, cabe ijo, tomat. Lalu tumis hingga harum.

Masukkan air dan saus tiram, aduk, lalu didihkan.

Masukkan jamur dan jagung, aduk, lalu masak dengan api sedang.

Menjelang matang, masukkan gula. Aduk hingga merata.

Resep Jamur Enoki Jagung Saus Tiram
Jamur Enoki Jagung Saus Tiram
Karena jamur tiram ini udah ada rasa gurih plus garamnya, jadi kalau saya sih udah nggak perlu tambahan garam lagi. Teman-teman silakan dicobain dulu ya kalau mungkin rasanya masih butuh sedikit garam lagi.

Kalau yang saya masak ini pakai 1 gelas air, jadi kuahnya lumayan banyak. Teman-teman silakan diatur aja ya penggunaan airnya. Walau pakai cabe iris, tapi ini rasanya nggak pedas sih.

Makasih banyak ya teman-teman udah mampir. Moga bisa jadi rekomendasi masakan teman-teman ya...

13 comments:

  1. aku memang penyuka aneka jenis jamur sih... termasuk enoki.. kalo di rumah, biasanya enoki dimasak sup ama si mbak.. tapi pernah pas ke jepang kemarin, enokinya dimasak dengan steak.. jadi daging steaknya digulung dengan enoki gini.. itu enaaaak! tp aku pernah liat menu yg sama di salah satu resto jepang di Jakarta.. jamur mah, mau diapain aja kayaknya memang enak ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah jadi pingin nyoba dimasak bareng daging gini. Thanks infonya, Mba Fan :D

      Delete
  2. Kadang suka bingung, dimasak apa lagi ya jamur Enoki ini.. soalnya teksturnya mirip2 sama mie 😂 tapi ini ide nya oke juga buat dipraktekkan, apalagi pakai saus tiram, pasti enak.. 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya macam spaghetti yg lebih halus lagi ya, haha... Enak banget memang :D

      Delete
  3. Jamur enoki dan jamur jenis lainnya enak diolah ya,kak .. dimasak dengan cara apapun aku juga suka.

    Terimakasih resepnya,kak .. akan kukasi tau mamaku untuk memasaknya.

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. Jamur tiram atau jamur kancing juga enak kok mba :D

      Delete
  5. Jujur tak pandai masak awak. Tapi liat resep dan hasil masakan jamur ini. Jadi mau coba. Jamur itu masaknya ampe benar-benar empuk atau baiknya gimana kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo jamur enoki ini cepet empuknya Mba Gita :D

      Delete
  6. Hahaha.. iya juga ya kayak toge. Tapi togenya gedean dikit. Xixixi.. jamur enoki tuh enak loh kalau di goreng kriuk. Pakai tepung serbaguna sasa, ta. Makin enak deh. ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. He'eh masa ada yang nyebutnya jamur toge juga, haha...

      Delete
  7. Kayaknya aku belum pernah masak jamjur enoki deh hehehe. Enak nih pakai bawang bombany. Apalagi cabai rawit orens hhmm.. pedesss lezat. Baca resep Nita yang jamur ini aku jadi makin berwawasan deh ada kisah singkat tentang enokinya, keren! :)

    ReplyDelete

Makasih banyak ya teman-teman udah meluangkan waktu untuk mampir. Semua komen akan melewati jalur sensor dulu yaaa...

BTW don't call me "Mak" or "Bunda" cause I'm not Emak-Emak or Bunda-Bunda :P