Resep Acar Kuning Bakso Telur Puyuh

Resep Acar Kuning Bakso Telur Puyuh

Apa kabar, teman-teman

Acar kuning yang merupakan perpaduan dari irisan wortel dan ketimun, plus dimasak dengan bumbu rempah terutama kunyit yang bikin warnanya jadi kuning, merupakan salah satu cara saya untuk makan sayur, ahaha...

Karena makan sayuran yang dimasak acar kuning ini menyenangkan, makanya suka saya gabung dengan menu lauknya. Biar lebih praktis juga kan, masak lauk sekaligus sayurnya.

Sebelumnya saya udah pernah masak Resep Udang Acar Kuning dan juga Resep Telur Acar Kuning. Yuk mampir di postingan sebelumnya ya...

Untuk cara memasak Acar Kuning Bakso Telur Puyuh ini, bahan-bahan yang diperlukannya adalah:

10 butir bakso, iris
10 butir telur puyuh yang udah direbus
3 buah wortel, belah 4, iris

3 buah ketimun, pisahkan bijinya, belah 4, iris
1 batang daun bawang, iris
1 buah tomat merah, belah 4, iris

1 – 2 sdt gula
½ - 1 gelas air (gelas sedang)
Secukupnya minyak goreng


Bumbu gilingnya:

4 siung bawang merah
1 siung bawang putih
½ sdt lada

1 sdt ketumbar
½ ruas ibu jari kunyit
5 butir kemiri gongseng

5 buah cabe merah
Secukupnya garam
Gabungkan biji ketimun pada gilingan bumbu halus ini ya

Lalu ini ya cara membuat Acar Kuning Bakso Telur Puyuh...

Panaskan minyak goreng, lalu tumis bumbu giling bersama irisan daun bawang dan tomat hingga harum.

Masukkan air, lalu didihkan.

Masukkan wortel, ketimun, bakso, dan telur puyuh. Masak hingga wortel dan ketimunnya empuk. Gunakan api sedang aja.

Menjelang matang, masukkan gula.

Resep Acar Kuning Bakso Telur Puyuh
Resep Acar Kuning Bakso Telur Puyuh 
Ini hasilnya kurang lebih 1 mangkok ukuran sedang. Rasanya agak pedas sih. Kalau teman-teman mau masak yang lebih pedas, bisa ditambahkan cabe rawit yang dibelah 2 ya.

Makasih banyak ya teman-teman udah mampir dan selamat mencoba ya...

16 comments:

  1. Masak acar kuning bakso telur puyuh juga praktis nampaknya, kayaknya bisa nih dimasak untuk menu sahur.

    ReplyDelete
  2. mama sha sering masak ini teh, cuma acarnya aja tapi tanpa baso sama telur puyuh. tapi tetep enak. syukaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kan bumbunya udah lengkap jadi tetap enak ya, Sha :D

      Delete
  3. ya ampun mba Nit, endes nian. Buka jam segini cocok untuk sarapan, ups lagi puasa hahahah

    ReplyDelete
  4. Ooo itu bakso ya bukan daging (yaaa bakso daging juga siiih hahaha).

    Belum pernah coba nih masak bakso di acar kuning.

    Btw, itu biji timun dipake juga ya.. jadi ga ada sayuran yang dibuang percuma. Semua kepake.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biji ketimun biar jadi rada berkuah :D Sayang ah dibeli masa dibuang, haha...

      Delete
  5. waaaah ini favorit saya kalo makan di kantin fakultas dulu.. jadi kangen makanan kantin hihi

    ReplyDelete
  6. Biasanya aku pakai ikan. Kalau ikan sudah mainstream ya, hihi. Bakso pernah nyoba. Nah, telur puyuh ini yang belum.

    ReplyDelete
  7. None M dan Papa Duo none juga suka sama makan acar. Nampaknya mak i harus coba ini. Biar sang Papa Duo none makin cinta

    ReplyDelete
  8. Miss, kalau masak begini nih, cabenya masukin terakhir rasanya beda ga ya? Si Hana blm berani pedes, tapi si ayah suka pedes 🤦‍♀️

    ReplyDelete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P

Mohon maaf untuk komen cuma bisa untuk akun yang punya G+ ya :)