Resep Fettuccine Kornet Saus Barbeque

Resep cara membuat Fettuccine Kornet Saus Barbeque

Apa kabar, teman-teman?

Selain spaghetti, fettucinne juga salah satu dari jenis pasta yang suka saya masak. Fettuccine atau yang biasa disebut juga “fetucini”, dalam bahasa Italia artinya pita kecil. Fettuccine juga salah satu masakan yang familiar dalam kuliner Italia. Kalau dibandingkan dengan spaghetti, fettuccine memang terlihat lebih lebar.

So far saya baru mencoba fettuccine dari brand La Fonte. Dalam 1 bungkus yang beratnya 450 gram, saya menggunakannya setengahnya aja. Begitupun dengan penggunaan kornetnya. Satu kaleng yang beratnya kurang lebih 200 gram, bisa digunakan setengahnya aja.

Untuk setengah bahannya lagi, teman-teman bisa masak fettuccine yang dipadukan dengan kornet pedas manis ya, dengan menggunakan bumbu lokal.


Cara memasak Fettuccine Kornet Saus Barbeque ini, bahan-bahan yang diperlukan adalah:

200 gram fettuccine (kalau teman-teman beli yang La Fonte 450 gram, gunakan aja setengahnya)
100 gram kornet (setengah kaleng Pronas, kalau mau digunakan semuanya tentu akan lebih enak)
Secukupnya air untuk merebus fettuccine

Sedikit minyak goreng
1 sdm margarin
3 - 4 sdm saus barbeque
1 sdt oregano


Bumbu gilingnya:

4 siung bawang merah
1 siung bawang putih
1 sdt lada hitam
Sedikit garam


Lalu ini cara memasak Fettuccine Kornet Saus Barbeque ya...

Didihkan air, lalu masukkan fettuccine ditambah dg 2 sdm minyak goreng. Rebus hingga fettuccine empuk. Ini sedikit lebih lama ketimbang merebus spaghetti ya, karena lebih tebal. Tiriskan.

Panaskan minyak goreng dan margarin, tumis bumbu giling hingga harum.

Masukkan kornet dan saus barbeque, aduk hingga merata.

Masukkan fettuccine, aduk hingga merata.

Menjelang matang, masukkan oregano, aduk hingga merata.

Resep cara membuat Fettuccine Kornet Saus Barbeque
Fettuccine Kornet Saus Barbeque
Ini rasanya nggak pedas dan ada rasa khas dari saus barbeque, lada hitam, dan juga oregano. Campur-campur ya, haha... Hasilnya kurang lebih 1 mangkok besar. Kalau teman-teman mau menggunakan irisan bawang bombay juga bisa, gunakan ½ bulatan aja, lalu tumis barengan bumbu giling.

Makasih banyak ya teman-teman udah mampir dan selamat mencoba...  

21 comments:

  1. Mbak, aku kalau bikin pakai daging giling, belum pernah pakai kornet. Pasti lebih mantap yak, karena kornet sudah berasa..

    Besok-besok coba ah respnya. Tengkyuuu :)

    ReplyDelete
  2. istri saya tanya, ini apa mas..
    saya jawab : blog orang yang suka bikin tulisan masak..

    terus saya digeser duduknya..
    10 menit kemudian baru saya dikasi nulis komentar.. :D

    ReplyDelete
  3. AKu kalau bikin biasanya pakai daging giling dan kadang aku campur ama kornet sih mba. Yang penting ada tekstur dagingnya :p

    ReplyDelete
  4. aku suka pasta apa aja. emang maruk yak :D
    fettuccine jd pilihan kalo lagi bosen sama spageti tp mau makan mie gengsi dan kwetiau males benyeknya, haha

    ReplyDelete
  5. dibanding spaghetti daku lebih suka fettucini
    entah kok rasanya maag-friendly, mungkin teksturnya yang gak mie banget
    klo dimasak model ravioli atau farvaller kayaknya asyik ini mbak, eh bisa gak ya (sok tau)

    ReplyDelete
  6. Wah bisa dicoba nih resepnya. Anakku doyan banget pasta, biasanya sih aku bikinnya spagheti aja yg gampang ditemukan. Next time nyobain rwaep ini ah. Tfs mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya spaghetti pun sama aja ya, Mba :D

      Delete
  7. suami ga doyan kornet biasanya kalau bikin spageti pake daging giling mau coba fetucini ini belum pernah beli aku biasanya beli spageti la fontenya miss, btw aku belum pernah masak pake oregano heheehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai oregano jadi makin gurih mba :D

      Delete
  8. wah terima kasih mbak idenya. Kadang tuh kalau lagi belanja suka pengen beli kornet tapi bingung dimasak apa hihi

    ReplyDelete
  9. Fetucini bisa dibikin pedas ya. Selama ini aku bikin kayak mie aja.

    ReplyDelete
  10. Wah enak ini, kesukaan anak saya dan emaknya juga, hehe..

    Biasanya beli spageti La Fonte sekalian sama sausnya yang dijual terpisah, jatuhnya mahal deh. Kalau buat sausnya sendiri lebih irit ya mbak.

    Fetucini belum pernah nyoba, mau nih kapan-kapan beli. Ditambah kornet aja sudah enak, tapi akan lebih enak kalau ditambah irisan mentimun kali ya mbak Nita, hehe.. ini sih versi saya, mau masak apapun ditambah mentimun supaya segerr.. :).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kalau ada banyak waktu juga nggak ada salahnya untuk buat sausnya sendiri, biar takarannya juga bisa suka2, haha...

      Delete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P

Mohon maaf untuk komen cuma bisa untuk akun yang punya G+ ya :)