Resep Gulai Telur Ceplok Kacang Panjang

Resep Gulai Telur Ceplok Kacang Panjang

Apa kabar, teman-teman?

Bagi sebagian orang, memasak gulai telur itu lebih enak telur yang utuh bulat, yang sebelumnya direbus dulu, sebelum dicemplungin ke kuah gulai. Karena biasanya, kalau gulai telur ceplok ini akan lebih mudah hancur, apalagi kalau diaduknya dengan penuh semangat, haha...

Karena kalau buat saya, yang lebih doyan dengan gulai telur yang diceplok gini – dan terkadang juga nggak berhasil karena telurnya jadi hancur, haha... pastinya harus cari solusi. Saya memilih untuk ceplok telurnya secara terpisah, yaitu mendidihkan air lantas diceplok satu persatu. Baru deh dimasukkan semua ke dalam kuah gulainya, dan hati-hati banget mengaduknya.

Ketika memasak gulai, terkadang saya pakai santan peras atau santan instant, tergantung yang ada di warung aja sih, haha... Kalau memasak gulai yang enggak pekat, pakai santan instant menurut saya masih sama enaknya. Kecuali kalau masak kaliyo, apalagi rendang, iya memang akan lebih enak pakai santan peras aja.

Mampir juga ya pada postingan sebelumnya: Gulai Mangga Udang                


Ini dia bahan-bahan yang diperlukan:

4 – 6 butir telur
+_ 10 batang kacang panjang, potong-potong
65 ml santan instant (1 bungkus kecil)

2 gelas air (gelas sedang)
5 buah cabe rawit merah, belah 2
1 sdm cabe giling

½ ruas ibu jari lengkuas, keprek
5 lembar daun jeruk, sobek
1 lembar daun kunyit, sobek

1 batang serai, keprek
2 ruas jeruk nipis
Secukupnya minyak goreng
Secukupnya air untuk ceplok telur


Bumbu gilingnya:

6 siung bawang merah
2 siung bawang putih
1 sdt lada

1 sdt ketumbar
½ ruas ibu jari jahe
½ ruas ibu jari kunyit
Secukupnya garam


Lalu ini cara memasaknya ya...

Panaskan minyak, tumis bumbu giling, cabe giling, rawit merah, lengkuas, daun jeruk, daun kunyit, dan serai hingga harum.

Masukkan air dan santan, didihkan sembari diaduk biar nggak menggumpal.

Masukkan kacang panjang, lalu masak hingga empuk.

Didihkan air pada wadah yang berbeda, lalu ceplok satu persatu telur, tiriskan.

Masukkan telur pas gulai udah setengah matang. Nggak usah diaduk banget ya, nanti telurnya bisa hancur, haha... Gunakan api sedang aja.


Menjelang matang, masukkan jeruk nipis.

Resep Gulai Telur Ceplok Kacang Panjang
Resep Gulai Telur Ceplok Kacang Panjang
Ini rasa pedasnya sedang, nggak pedas amat. Santan instant-nya bisa diganti dengan kurang lebih 2 – 3 genggam kelapa parut. Lalu masukkan air segelas, peras. Masukkan air segelas lagi, peras lagi.

Kalau cabe gilingnya bisa diganti kurang lebih 10 - 15 cabe merah, lalu giling barengan bumbu.


Makasih banyak ya teman-teman udah mampir dan selamat mencoba... 

11 comments:

  1. Aku masak beginian juga kemarin, dan telurnya melebar kemana-mana. Gagal sudah. Wkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini makanya saya juga bikinnya direbus terpisah mba, hahahah... Kadang suka bleber dan hancur kalau diceplok langsung :D

      Delete
  2. keliatannya enakk beud yaa, aku pikir kalau gulai gitu identik ama kambing, secara ga suka kambing,tp kalo ini sih nyummy

    ReplyDelete
  3. Wah asik nih, ada rasa pedas, seger dan creamy. Mba nita pintar sekali memasaknya.

    ReplyDelete
  4. ouwh.. karena berkuah, saya cenderung menambahkan daun jeruk barangkali ya agar bau amis dari telur bisa hilang.. mungkinkah?
    pengalaman saya memasak telur goreng yang agak berkuah, cenderung agak amis.. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau menghilangkan lebih di penggunaan bawang putih sih biasanya. Macam daging kambing yang bawang putihnya paling banyak. Daun2an ini juga bikin gulai jadi wangi :D

      Delete
  5. Nah, ini dia kesukaan papanya anak2 hehehe. Kacang panjang! Tapi kalo aku lebih doyan buncis tuh, bisa kali ya kalau divariasikan juga gantian gitu hihii... :D Ada telur ceplokya hihihi..sepintas dari jauh mirip apaa gitu kayak kembang tahu. Ketumbar nih yang bikin aromanya terasa sedap. Kunyitnya yang bikin warna kekuningan kan? Cabe rawitnya mantap gede2. Makan Ah!

    ReplyDelete
  6. keluarga suamiku doyaaaan banget makanan bersantan, apalagi ibu mertua gak pelit bumbu, semua pun kudu alami terutama santan hehe gara2 kebiasaan di rumah ibunya itu suami pun tau mana makanan yg pakai santan instant ato santan peras *elapkeringet*

    aku sering mengolah telur ceplok dijadiin kuah balado ato kuah kecap pedas, belum pernah bikin gulai telur ceplok, boleh nih buat jadi varian menu di rumah

    ReplyDelete
  7. Waaah..kesukaanku ini, cuma memang telor ceplok jadi ambyar berantakan akhirnya hiks!
    Kalau aku banyakan pakai santan instan Mbak, warung jauh..#alasan kwkwk

    Fotonya bikin lapeeer

    ReplyDelete
  8. Kak Nita kreatif deh 👌 .. ,kuah gulai yang biasanya buat daging kambing diolah jadi telor ceplok.
    Jadi pengin mraktekin masaknya.

    Terimakasih resepnya,kak.

    ReplyDelete
  9. aku belum coba yang diceplok gini bisa dicoba nih tipsnya jd ceploknya satu2 biar ga hancur hehehe tantangan banget masaknya bisa ga yah biasanya yg membulat lebih gampil hahaha

    ReplyDelete

Makasih banyak ya teman-teman udah meluangkan waktu untuk mampir. Semua komen akan melewati jalur sensor dulu yaaa...

BTW don't call me "Mak" or "Bunda" cause I'm not Emak-Emak or Bunda-Bunda :P