Resep So Good Chicken Nugget Jagung Kuah Petis

Resep So Good Chicken Nugget Jagung Kuah Petis

Apa kabar, teman-teman?

Setiap keluarga pastinya memiliki kebiasaan rutin pada saat Ramadan datang. Begitupun dengan keluarga saya dan juga teman-teman ya. Entah itu kebiasaan rutin berpuasa, shalat tarawih, zakat dan sedekah, serta menyiapkan menu berbuka puasa dan juga santap sahur.

Kalau ngomongin tentang menu masakan untuk berbuka puasa dan juga makan sahur, rasanya nggak jauh beda dengan kebiasaan makan harian kami. Hampir setiap hari kami selalu memasak untuk makan malam selepas menyantap takjil dan juga makan sahur. Kalaupun ada yang membedakan, yaitu sepiring gorengan atau setengah panci kolak sebagai takjilnya.


Kadar Gizi Seimbang yang Harus Diperhatikan

Resep cara membuat So Good Chicken Nugget Jagung Kuah Petis
Nasi, Chicken Nugget Jagung Kuah Petis, Pisang, dan Air Putih 
Enggak makan dan minum dari pagi sampai petang, bukan lantas kami memilih untuk menyiapkan menu makanan sebanyak-banyaknya, haha... Yang terpenting, menu makanan yang kami siapkan, ada kadar gizinya.

Kalau pada hari-hari biasa aja, sebisa mungkin kami menyiapkan menu makanan dengan kadar gizi yang seimbang, apalagi saat berpuasa. Asupan gizinya harus lebih diperhatikan, biar tetap setronggg saat puasa sembari menjalankan berbagai aktivitas.

Nasi merupakan karbohidrat yang pastinya harus selalu ada, ehehe...

Untuk lauk dan sayur, sebisa mungkin kami menggabungkan dalam satu masakan, biar nggak perlu ngabisin waktu cuma untuk memasak.

Buah-buahan yang kami beli terkadang cukup satu macam aja. Bisa dimakan mentah, dibuat jus atau campuran pudding.

Dan pastinya, rasa lemas pas berpuasa itu karena kurang minum air putih. Kalau saya memang lebih banyak minum air putihnya saat buka puasa hingga menjelang tidur. Minum air putih yang cukup juga harus diperhatikan ya.  


Masakan yang Praktis

Sejak masih tinggal dengan almarhumah nenek dulu, kami memang nggak terbiasa dengan memasak menjelang sahur. Kebiasaan memasak kami adalah pas sore menjelang buka puasa, yang langsung dibuat untuk sekalian makan sahur. Jadi saat menjelang sahur, cukup dipanaskan aja.

Kalau memang ternyata masakan itu udah habis pas makan malam, kami kembali memasak pas menjelang tidur. Udah capek dan juga juga ngantuk, pastinya menu sepraktis mungkin yang kami pilih untuk makan sahur nanti.

Menggabungkan lauk dan sayur dalam satu masakan merupakan salah satu cara kami untuk memasak yang praktis. Memang untuk sayurannya harus dipilih-dipilih juga, karena nggak semua sayur kan bisa untuk dipanaskan.

Chicken Nugget Jagung Kuah Petis


Mungkin sama kayak teman-teman juga, adanya produk makanan siap masak, seperti chicken nugget, sosis, dan sejenisnya, sangat memudahkan saya yang pingin memasak sepraktis mungkin, tapi tetap enak dan pastinya harus sehat.

Menggabungkan chicken nugget dengan jagung muda alias putren, lalu dicampur dengan petis dan juga bumbu lainnya, merupakan salah satu masakan praktis, enak, dan juga sehat yang sering saya masak, terutama saat Ramadan begini.

Oh ya, bagi teman-teman yang mungkin ada yang belum familiar dengan petis, ini merupakan bumbu olahan yang dibuat dari udang dan juga gula batok. Petis yang berwarna kehitaman ini, memiliki rasa yang gurih dan agak manis. Biasanya petis digunakan untuk campuran masakan khas Jawa Timur dan juga Madura. Petis bisa dibeli di pasar tradisional maupun di supermarket. Ini saya beli dalam kemasan botolan kecil. 

Lalu untuk memilih chicken nugget, tentunya nggak cuma asal pilih. Kadar gizi, kadar aman dari suatu produk, dan yang pasti rasanya enak, tentunya harus jadi pertimbangan saya dalam membeli chicken nugget. Begitupun dengan jagung muda, yang masih kuning segar tentunya yang akan digunakan. 

So Good Chicken Nugget Hot & Spicy

Review So Good Chicken Nugget Hot & Spicy
So Good Chicken Nugget Hot & Spicy
Ada label halal MUI dan izin BPOM, dua hal wajib yang harus ada ketika saya mau membeli makanan dan minuman. Kedua izin ini udah ada pada produknya So Good.

Teksturnya padat dan rasa ayamnya berasa banget. Jadi berasa makan ayam ya, bukan makan tepung, haha...

Ada info tentang kadar gizinya, seperti gambar di bawah ini:

Pic: sogood.id
Untuk info lainnya yang lebih lengkap tentang So Good Chicken Nugget, teman-teman bisa langsung mampir aja ya ke web resmi So Good di -> sogood.id

Karena kami di rumah memang pada penyuka pedas, tentu So Good Chicken Nugget yang kami pilih adalah yang Hot & Spicy.


Cara membuat So Good Chicken Nugget Jagung Kuah Petis, bahan-bahan yang perlu disiapkan adalah...

Setengah kantong So Good Chicken Nugget Hot & Spicy
5 buah jagung muda ukuran sedang, iris menyerong
1 batang daun bawang, iris

1 buah tomat merah, belah 4, iris
5 buah cabe rawit merah, belah 2
1 sdm petis udang

200 ml air atau 2/3 gelas sedang
1 sdt gula
Secukupnya minyak goreng
1 sdm margarin


Bumbu gilingnya:

4 siung bawang merah
1 siung bawang putih
½ sdt lada

1 sdt ketumbar
Secukupnya garam

Lalu ini ya cara memasak So Good Chicken Nugget Jagung Kuah Petis ...

Panaskan minyak dan margarin, lalu goreng So Good Chicken Nugget hingga kuning keemasan.

Panaskan minyak, lalu tumis bumbu giling, daun bawang, tomat, dan cabe rawit merah hingga harum.

Masukkan petis, lalu aduk hingga merata.

Masukkan air, lalu didihkan sembari diaduk.

Masukkan jagung, lalu masak hingga kuah terlihat agak mengental.

Menjelang matang masukkan gula, lalu aduk hingga merata.

Masukkan So Good Chicken Nugget, lalu aduk hingga merata.

Resep So Good Chicken Nugget Jagung Kuah Petis
So Good Chicken Nugget Jagung Kuah Petis

Cara memasaknya juga bisa dilihat pada video yang saya buat ya...



Mari nikmati perpaduan dari rasa khas chicken nugget dan juga aroma petis yang gurih agak manis. Karena pakai lada dan juga cabe rawit merah, jadi rasanya nggak begitu manis, tapi nggak kelewat pedas juga sih.

So Good Chicken Nugget Hot & Spicy ini rasanya pedasnya itu berasal dari lada dan kalau untuk saya memang nggak terlalu pedas. Ini saya belinya di Carrefour dengan harga Rp. 43.500 dengan berat 400 gram.

Terima kasih banyak ya, teman-teman udah mampir. Moga bisa jadi rekomendasi masakan praktis teman-teman dengan So Good chicken nugget ya...

Mampir juga ya di resep masakan saya lainnya yang menggunakan produk So Good di -> Olahan So Good 

20 comments:

  1. Mantap mbak.. lengkap sama videonya juga.. bisa ditiru nih resepnya 🤗 tapi aku belum pernah coba masakan pakai petis, biasanya makan petis cuma di pecel bibi yg dijual dipasar tradisional.. 😊

    ReplyDelete
  2. Bumbu petis rasanya enak, apalagi kalau dapat kualitas petis yang bagus. Papa mpo Suka makan petis

    ReplyDelete
  3. Kebetulan punya sambal petis di rumah. Bingung dibikin apa. Makasih resepnya ya.

    ReplyDelete
  4. Aslinya aku penasaran sama bumbu petis...belum pernah make/belum pernah makan atau make di masakan. Berasal dari apa/rasanya gimana?

    Aku klo masak...cari yang praktis-praktis gini

    ReplyDelete
  5. aku belum pernah makan petis jadi pengen cobain masak kreasi so good petis ini secara dirumah suka stock so good cuman suka bingung diapain hahaha

    ReplyDelete
  6. Dimakan disaat suasana lebaran asik pasti nih, Teh.he

    ReplyDelete
  7. Kebayang sedapnya. Ternyata petis bisa dipakai buat tumis-tumis ya. Di tempatku biasanya buat masakan bersantan dan sambal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya untuk gulai malah belum pernah nyoba mba :D

      Delete
  8. sedap banget keliatannya neh, duhhh aku tuh kadang ngak kreatif kalau nugget ngak pernah dibikin macem-macem maunya digoreng aja. Resepnya segera dicoba deh di rumah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ntar cobain Kak digoreng dan dikasih bumbu petis :D

      Delete
  9. Keren ih mba! Sangat berdedikasi banget buat postingannya. Komposisi fotonya juga bagus, ada video pula. Inspiratif dan berfaedah. Good Luck ya mba!

    ReplyDelete
  10. Jagung muda sang Duo none suka banget. Kayanya mak I perlu juga nih nyontek menu ini buat di rumah

    ReplyDelete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P

Mohon maaf untuk komen cuma bisa untuk akun yang punya G+ ya :)