Resep Soto Betawi Kuah Santan

Cara memasak soto betawi, masakan khas Jakarta dari olahan daging dan jeroan sapi, yang dimasak dengan santan, rempah, serta dedaunan lainnya.

 

Soto betawi
Soto Betawi Kuah Santan


Apa kabar, teman-teman?


Bagi orang Indonesia, rasanya soto udah termasuk makanan yang familiar ya. Soto merupakan masakan berkuah, entah menggunakan santan maupun kuah bening aja. Isinya pun bermacam-macam, misalnya daging ayam atau sapi.


Indonesia juga kaya akan kuliner soto yang bervariasi, karena pada beberapa daerah di negeri ini, memiliki masakan soto yang khas.


Begitu pun dengan Jakarta, yang turut menyumbang kuliner soto khasnya, yaitu soto betawi. Soto dari olahan daging dan jeroan sapi yang dipotong kecil-kecil, kemudian dimasak dengan kuah santan, serta beragam rempah dan dedaunan. Lalu disantap dengan acar, emping, dan pelengkap lainnya.


Ada pula soto betawi yang dimasak dengan susu. Saya belum pernah nyobain sih, masak soto betawi pake susu.


Perpaduan rempah ini yang bikin soto betawi jadi favorit banyak orang, terutama kami yang tinggal di Jakarta.

 


Sejarah Soto Betawi


Soto betawi memang termasuk kuliner khas Jakarta yang legendaris. Ternyata soto betawi udah eksis sejak tahun 1977 – 1978. Kala itu ada engkoh bernama Lie Boen Po, penjual soto betawi di daerah THR Lokasari atau Prinsen Park.


Dulu namanya belum soto betawi, tapi Soto Kaki Pak X. Kemudian nama “soto betawi” mulai ngehits pas tahun 1991, justru setelah kedai soto Koh Lie udah tutup.


Begitu cerita yang saya baca dari wikipedia, tentang sejarah kuliner soto betawi. Yuk sekarang kita siapkan bahan-bahannya...


Resep soto betawi ini saya recook dari web masak favorit saya, yaitu Sajian Sedap. Dengan takaran yang saya sesuaikan, untuk menyamakan selera rumah aja.


Soto betawi kuah santan
Cara memasak soto betawi kuah santan

Cara membuat soto betawi kuah santan, ini dia bahan-bahan yang mesti disiapkan:


500 gram daging sapi sandung lamur, bisa dicampur dengan babat dan paru

1 liter air untuk merebus daging

½ ruas ibu jari jahe

1 ruas ibu jari lengkuas, geprek

 


1 batang serai, geprek

3 lembar daun salam

Sedikit kayu manis

 


1 liter santan dari 1 buah kelapa

1 batang daun bawang, iris

1 batang daun seledri, iris

2 sdt garam

 


½ sdt penyedap

½ sdt gula pasir

Secukupnya minyak goreng

 


Bumbu gilingnya:


8 siung bawang merah

4 siung bawang putih

5 butir kemiri, sangrai

½ sdt lada

 


1 sdt ketumbar

½ sdt jinten

5 butir cengkeh

 


Pelengkap:


Kecap manis

Acar

Tomat, potong 8

 


Emping

Bawang goreng

Sambal rawit

 


Sambal rawit:

20 buah cabe rawit merah

¼ sdt garam

Rebus cabe rawit merah hingga empuk, kemudian giling bersama dengan garam.

 


Note:


Soto betawi menggunakan daun bawang dan seledri sebagai pelengkap. Tapi saya lebih suka kalau ikut ditumis juga ya. Jadi teman-teman bisa pilih aja.

 


Lalu ini ya cara memasak soto betawi kuah santan:


Potong-potong daging dan jeroan ukuran duda dadu, lalu cuci hingga bersih dan tiriskan.


Campurkan daging, air, jahe, lengkuas, serai, daun salam, dan kayu manis. Rebus daging dengan api pelan selama 1 jam. Buang busanya ya, biar airnya tetap bening.


Panaskan minyak goreng, lalu tumis bumbu giling, daun bawang, seledri, garam, penyedap, gula, serta dedaunan yang dimasukkan ke dalam rebusan daging. Tumis hingga harum.


Masukkan santan, didihkan santan dengan api agak pelan aja, sembari sering diaduk ya menjelang mendidih.


Tiriskan daging sapi, kemudian masukkan ke dalam kuah santan. Masak hingga kurang lebih 1,5 jam kemudian dengan api pelan.


Air kaldunya jangan dibuang ya. Misal nanti kuah santannya kurang, bisa ditambahkan air kaldu aja, karena soto betawi ini nggak perlu kuah santan yang pekat banget kan.


Biasanya total 2,5 jam ini daging sapi udah empuk kok.


Sajikan soto betawi di mangkok saji, dengan ditambahkan kecap manis, acar, tomat, emping, dan taburan bawang goreng. Plus sambal rawit bagi yang suka pedas.

 


Soto betawi ini bisa disajikan dengan nasi hangat atau lontong. Misal teman-teman mau bikin lontong soto betawi untuk lebaran pun juga enak ini, walau umumnya soto betawi itu disantapnya dengan nasi.


Oke, ini dia resep soto betawi kuah santan yang saya buat. Moga bisa jadi rekomendasi masakan harian teman-teman ya, terutama bagi yang penyuka kuliner betawi. Makasih banyak ya udah mampir...