Resep Soto Betawi Kuah Santan

Resep Soto Betawi Kuah Santan

Apa kabar, teman-teman?

Ada berbagai daerah di negeri ini yang memiliki kuliner soto dengan rasa yang khas. Begitu juga dengan Jakarta, yang familiar dengan nama Soto Betawi. Soto daging sapi plus jeroan yang dimasak dengan kuah santan, mungkin juga menjadi favorit makanannya teman-teman.


Walau kami di rumah memang nggak terlalu makan daging sapi, tapi pastinya tiap hari raya, kami selalu punya stok daging sapi di freezer. Salah satu menu yang saya masak dari olahan daging sapi adalah Soto Betawi Kuah Santan.

Kalau yang saya baca di Wikipedia, Soto Betawi menggunakan bahan utama daging sapi. Bisa juga dicampur dengan jeroan, lalu dimasak dengan kuah santan. Adapula yang memasaknya dengan kuah santan campur susu.

Soto Betawi pertama kalinya ada di tahun 1977 – 1978, dipopulerkan oleh Lie Boen Po, seorang penjual Soto Betawi di daerah THR Lokasari / Prinsen Park. Dulu Soto Betawi ini dikenal dengan nama Soto Kaki Pak X. Lalu istilah Soto Betawi mulai populer pas tahun 1991, ketika kedai soto Pak Lie udah tutup.

Iyess, ini kurang lebih info tentang Soto Betawi yang saya baca di Wikipedia. Moga makin menambah wawasan kita-kita ya tentang kuliner nusantara.

Resep dasar Soto Betawi Kuah Santan yang saya buat ini, mengutip dari resep yang ada di web-nya sajiansedap. Lalu ada yang saya tambahkan dan kurangi sedikit bahan-bahannya, serta cara memasaknya, tanpa mengubah bumbu dasar yang digunakan.

Oh ya, Soto Betawi yang saya buat ini cuma menggunakan daging sapi, nggak pakai jeroan. Jadi teman-teman bisa tambahkan aja ya kalau mau masak jeroan juga.

Cara membuat soto Betawi kuah santan, ini dia bahan-bahan yang disiapkan:


500 gram daging sapi yang udah direbus


Cara merebus daging sapi:

Masukkan 500 ml air, daging sapi, rebus hingga kuah tinggal sepertiga. Gunakan api pelan sembari dibuang kalau ada busa darahnya.

Masukkan 500 ml air yang baru, lanjut rebus daging sapi dengan bumbu giling hingga empuk dan air tinggal sedikit. Gunakan api pelan. Angkat, potong-potong.


Bumbu giling rebusan daging sapi:

5 siung bawang merah, 4 siung bawang putih, 1 sdt lada, 1 sdt ketumbar, ½ ruas ibu jari jahe, ½ pala, 3 butir cengkeh, secukupnya garam.


Bahan-bahan lainnya:

Santan: Kelapa parut dari 1 buah kelapa + 2 liter air
2 batang daun bawang, iris
3 lembar daun salam

10 lembar daun jeruk
2 sereh, keprek
1 ruas ibu jari lengkuas, keprek

5 cm kayu manis
1 sdm gula
2 buah tomat, iris
Secukupnya minyak goreng


Bumbu giling untuk soto:

10 siung bawang merah
4 siung bawang putih
1 sdt lada

2 sdt ketumbar
½ ruas ibu jari jahe
3 butir cengkeh

½ pala
3 ruas jeruk nipis
Secukupnya garam

Lalu ini cara memasak soto Betawi kuah santan ya...


Untuk membuat santan, masukkan per 500 ml air ke dalam kelapa parut, peras dan saring. Lakukan 3 kali lagi. Jikalau lelah tangan itu memeras santan, blender aja biar lebih cepat, trus saring, haha...

Panaskan minyak, tumis semua bumbu kecuali gula hingga harum.

Masukkan santan, didihkan sembari sering diaduk.

Masak santan hingga kuah terlihat kental, sembari sering diaduk.

Kalau udah menjelang matang, masukkan potongan daging rebus dan gula, lalu aduk hingga merata.

Cobain dulu ya, kalau misalnya kurang gurih, bisa dimasukkan sisa air rebusan daging per 1 sdm.

Resep Soto Betawi Kuah Santan
Soto Betawi Kuah Santan
Kalau untuk bahan pelengkap lainnya bisa ditambahkan kentang goreng, lalu masukkan ke dalam kuah soto. Kol iris mentah dan juga kerupuk juga enak untuk jadi teman menyantap Soto Betawi.

Penggunaan daun bawang, tomat, dan juga jeruk nipis yang dimasak langsung, bikin rasa kuah Soto Betawi makin gurih.

Cara memasaknya juga bisa dilihat dari video yang saya buat ini ya...


Makasih banyak ya teman-teman udah mampir dan selamat mencoba...

15 comments:

  1. Waah jadi ngingetin makan soto Betawi di sekitaran pasar bunga Rawa Belong 😁

    Terimakasih resepnya,kak Nita.
    Bisa dipraktekin masaknya oleh mamaku.

    ReplyDelete
  2. Aku biasanya pakai susu karena kalau pakai santan malas meresnya. Kalau pakai santan siap pakai suka agak tengik ya baunyA

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayoo smangaad meres santannya, kaaak .. 😁 ... itung-itung lagi olahraga .. hehehe

      O iyakah kak kalo pakai santan siap saji kadang suka tengik baunya ...
      Mungkin udah mendekati batas expiree dates ya .. 🤔

      Delete
  3. Nita pakai jahe ya? Kalau ade buat soto Betawi ga pernah pakai jahe. Mungkin nanti cobain juga deh pake jahe. Mau tau rasanya.

    Btw, baru tau kalau yg populerkan justru org china ya? Berarti usia Soto Betawi sama ama ade ya.. hahaha

    ReplyDelete
  4. Aduh lihatnya langsung selera. Kayaknya wajib dicoba resepnya.... belum pernah masak Soto Betawi nih di rumah.

    ReplyDelete
  5. Wohoooo ternyata kisah awalnya soto Betawi begini to. Sayang banget ya kedai asli nya malah sudah tutup padahal melegenda makanannya.

    Sipp banget tuh tipsnya, jika malas memeras santan cukup blender dan saring. Nahh cocok buat gw yg malas masak xixi. Tapi emang meskipun bersantan yg namanya Soti Betawi ga ngebosenin buat dimakan ya.Pakai nasi panas dan emping pula. Duhhh jadi lapar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tangan gua gampang pegel kalo peres santan, haha...

      Delete
  6. Sewaktu ke Jakarta bulan Maret lalu, aku sudah ngidam pengen makan soto Betawi. Disini kan nggak ada. Sayang nggak sempat. Tapi di rumah bulik itu bikin soto Betawi, cuma isinya gajih (lemak) jadi aku makan kuahnya. Kapan-kapan pengen bikin sendiri.

    ReplyDelete
  7. Ooooowwww..soto betawi itu ada sejak 1977-1978? Wah, lumayan lama juga ya? Hampir seumuran akuh hihihii.. aku doyan makan soto betawi tapi yang pure daging. Aku ga suka yang jeroan atau semacam kenyal-kenyil, ga bisa masuk mulut apalagi gigit dan nelen wkwkwkwk. Jadi Aku pilih2in daging benerannya dan kuah santan plus sambalnya aja tuh. Kecuali kalo di resto atau rumah makan atau bahkan kaki lima, yang bener2 asli daging, pasti aku datengin terus :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha lagipula sebisa mungkin kita kurangi makan jeroan ya, Mba Nurul :D

      Delete
  8. gara2 ini aku melawan ibu karena kata ibu soto betawi itu opor
    ya allah maafkan hamba
    maklum, klo orang Jatim sotonya ya bening, gak pake santen
    pas aku coba di depok dulu emang masih kerasa soto kok
    dan kayaknya klo beli banyak jeroannya
    coba deh praktik ala2 pake daging
    tapi klo santan instan iya agak kurang endes ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin karena sama2 menggunakan santan dan warnanya pun mirip, jadi ibu bilang kalau itu opor, hehe... Kalau masakan tradisional gini tetap lebih enak santan peras sih :D

      Delete
  9. Wahhh kebeneran suka banget makan Soto Betawi. Apalagi yang ada campuran susunya itu. Gurih dan lezat.
    Catet dulu resepnya. Siapa tahu bisa minta bikinin isteri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayuk bikin yang pakai santan dulu, Bang :D

      Delete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P

Mohon maaf untuk menghindari serangan spam anonymous, komen cuma bisa untuk akun yang punya G+ ya :)