Resep Ayam Bumbu Age

Cara memasak daging ayam bumbu age

Apa kabar, teman-teman?

Mencoba berbagai macam masakan dengan bumbu khas Indonesia merupakan salah satu keinginan saya. Apalagi kalau bisa sampai kulineran langsung di daerahnya ya. Pas lagi main IG, salah seorang teman foodgram ada yang posting foto masakan Daging Sapi Bumbu Age, beserta resepnya.


Saya pun jadi tau kalau ini merupakan salah satu masakan khas Jember – Jawa Timur, yang identik dengan bumbu koya. Uwww... kelihatannya mantap ini. Karena kami di rumah lebih suka masak daging ayam, jadi saya tukar aja dengan daging ayam.

Semua bumbu yang digunakannya sih sama, cuma bawang putihnya aja yang dikurangi 1. Kalau untuk daging sapi, pakai bawang putihnya 5 siung ya. Untuk ayam bisa 4 siung aja.

Cara membuat ayam bumbu age, ini dia bahan-bahan yang perlu disiapkan:

1 ekor ayam
+_ 1 genggam kelapa parut
Secukupnya minyak goreng

5 lembar daun jeruk
3 lembar daun salam
1 batang serai, keprek

5 buah cabe rawit hijau, belah dua
1 ruas ibu jari lengkuas, keprek
2 sdm gula merah

+_ 2 gelas air
1 sdt gula


Lalu ini bumbu gilingnya:

10 siung bawang merah
4 siung bawang putih
2 siung kemiri

1 sdt jinten
1 sdt ketumbar
½ ruas ibu jari jahe

½ ruas ibu jari kunyit
½ ruas ibu jari kencur
3 buah cabe merah
Secukupnya garam


Lalu ini ya cara memasak ayam bumbu age:

Gongseng kelapa parut hingga kuning keemasan dengan api pelan. Diaduk terus ya biar nggak hangus.

Panaskan minyak, lalu tumis bumbu giling beserta daun jeruk, daun salam, serai, rawit, dan juga lengkuas. Tumis hingga harum.

Masukkan gula merah, lalu aduk hingga merata.

Masukkan air, lalu didihkan. Airnya bisa dimasukkan 1,5 gelas dulu.

Masukkan ayam dan kelapa gongseng. Aduk lalu masak hingga empuk sembari ditutup. Gunakan api sedang aja.

Menjelang matang, masukkan gula.

Cara memasak daging ayam bumbu age
Ayam Bumbu Age
Ayam bumbu age ini rasanya gurih manis, karena pakai gula merah. Ditambahkan gula pasir biar rasa bumbunya jadi makin gurih. Kalau teman-teman mau masak yang lebih pedas, mungkin cabe rawitnya bisa digiling aja sekalian ya.

Makasih banyak ya udah mampir dan moga bisa jadi rekomendasi masak teman-teman ya...

21 comments :

  1. owalah ternyata age begitu ya...
    inget sodara ada yg namanya pake age karna dia aseli garut (ag singkatan), hihi

    ReplyDelete
  2. Ayam goreng dengan rasa ada manisnya gini ..., waah bikin tambah lahap makannya.

    Udah gitu, dibarengi dengan cocolan sambal, makin jadi nambah nasi lagi dan lagi, hehehe 😁

    ReplyDelete
  3. Ooo bumbu age tuh dari Jember. Asli baru tau. Rame ya bumbunya. Segala ada. Kalau bahan utamanya diganti yang lain bisa juga kan ya? Macam tempe atau tahu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Segala masuk, haha... Tahu tempe bawang putihnya 2 aja, ini kan ga amis :D

      Delete
  4. Baru tau ada makanan namanya ayam bumbu age hihihi, tapi menarik untuk dicoba karna pasti manis & gurih ya hehe

    ReplyDelete
  5. nasi mana nasi hihihi. Saya tertarik pengen cobain rasanya karena ada kencurnya. Saya suka dengan makanan yang ada rasa kencur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayak hangat agak pedas gitu ya mba, haha...

      Delete
  6. Ayam itu makanan favorit orang Indonesia, apa pun yang berbahan ayam biasanya laris manis.
    Boleh juga resepnya dicobain....

    ReplyDelete
  7. ini klo di Malang aku lupa namanya apa
    biasae pas 17an gini sering dimasak buat barikan
    tapi kayaknya lebih berminyak

    ReplyDelete
  8. Aku baru tau ada ayam bumbu age deh hihihi..Ternyata masakan Jember Jawa Timur yah? Oooh itu butuh kelapa parut ya, kudu beli dipasar ah males marut sendiri wkwkkwkw. Aku paling demen bumbu koya, kayak mamam soto hihi.. Ayam juga salah satu menu hewan kesukaanku loh. Dikurangin ya bawang putihnya 1?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ho'oh beli kelapa parut aja dah, haha...

      Delete
    2. 5 siung untuk daging sapi dan 4 siung untuk ayam :D

      Delete
  9. Mirip serundeng ayam tapi ini kaya rempah rempah dan memakai jinten. Rasa pasti nikmat sama sepiring nasi hangat

    ReplyDelete
  10. Pertama baca jugulnya, bumbu age, apaan ya. Owalah... Tapi itu kelapanya pakai yang muda ya mbak. Jadi lebih sedep dan gurih dengan kelapa parut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pakai kelapa parut biasa aja sih mba, haha... Beli yang udah diparut

      Delete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P

Mohon maaf untuk menghindari serangan spam anonymous, komen cuma bisa untuk akun yang punya G+ ya :)

Copyright © food @nitalanaf. Made with by OddThemes