Resep Gulai Cumi Tahu

Resep Gulai Minang

Apa kabar, teman-teman?

Selain ayam, ikan, atau daging sapi, cumi merupakan salah satu olahan masakan yang lebih sering saya gulai. Biasanya gulai cumi suka dicampur dengan bahan makanan lainnya. Kali ini gulai cumi yang saya masak dicampur dengan tahu putih.


Cumi, kalau yang saya baca di wikipedia, memiliki kandungan selenium, riboflavin, dan juga vitamin B12. Sedangkan tinta yang ada pada cumi ini berguna untuk mencegah kanker. Tapi kalau untuk gulai cumi, biar warna kuahnya bagus, memang selalu saya buang sih bagian tintanya.

Karena kurang suka dengan tahu putih yang langsung dimasukkan pada kuah gulai, dan takut hancur juga kalau pas diaduk, tahu putihnya memang selalu saya goreng dulu sebentar, asal udah berkulit aja. Kalau teman-teman bisa disesuaikan aja ya dengan selera teman-teman.

Gulai Cumi Tahu yang saya buat ini memang nggak menggunakan santan yang pekat, karena untuk menjaga kesehatan.

Cara membuat Gulai Cumi Tahu, ini dia bahan-bahan yang perlu disiapkan:

5 – 10 potong cumi, bersihkan tintanya (kalau yang saya masak ini dipotong dua)
10 potong tahu putih ukuran kotak sedang (tahu disesuaikan aja ya)
½ kelapa parut

3 gelas air (gelas sedang)
1 ruas ibu jari lengkuas, geprek
5 lembar daun jeruk

3 lembar daun salam
1 batang serai, geprek
1 buah asam kandis / 2 ruas jeruk nipis
Secukupnya minyak goreng


Lalu ini bumbu gilingnya ya...

6 siung bawang merah
4 siung bawang putih
20 buah cabe merah / 2 sdm cabe giling

½ ruas ibu jari jahe
½ ruas ibu jari kunyit
½ sdt lada

1 sdt ketumbar
Secukupnya garam

Ini ya, cara memasak Gulai Cumi Tahu:

Letakkan kelapa parut pada sebuah wadah, lalu masukkan 1 gelas air. Peras. Ulangi 2 kali lagi. Jadi total santan ada 3 gelas.

Panaskan minyak goreng, lalu tumis bumbu giling, lengkuas, daun jeruk, daun salam, serai. Tumis hingga harum.

Masukkan santan, lalu didihkan sembari sering diaduk. Gunakan api sedang aja.

Kurang lebih 5 menit setelah santan mendidih, masukkan cumi. Masak dengan api sedang.

Goreng tahu hingga terlihat berkulit, nggak usah sampai matang banget. Gunakan api sedang.

Ketika cumi udah setengah matang, masukkan tahu. Masak hingga cumi empuk.

Menjelang matang, masukkan asam kandis atau jeruk nipis.


Cara memasak gulai cumi tahu
Resep Gulai Cumi Tahu
Ini rasanya nggak begitu pedas karena cuma pakai cabe merah. Kalau mau yang lebih pedas, biasanya saya tambah 5 rawit ijo atau merah dan dibelah dua. Bisa juga ikut digiling untuk makin pedas.

Makasih banyak ya teman-teman udah mampir dan selamat mencoba...

12 comments:

  1. kukira tahunya yang dimasukin ke perut cuminya miss hehehe, iya kalau digulai tintanya harus dikeluarin mau coba ah resepnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggak, saya kurang doyan yang isi tahu gitu, haha...

      Delete
  2. Eh kuah cumi yg item itu bisa mencegah kanker? Waah ade suka dibuang. Kecuali kalau mau tumis cabe ijo, ga dibuang deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya baca di wikipedia katanya gitu, Ummi :D

      Delete
  3. Aku mati gaya mengolah cumi. Seringnya ditumis aja. Sesekali bikin asam manis. Okelah, kapan-kapan bikin gulai cumi, biar nggak bosen itu-itu aja.

    ReplyDelete
  4. Jadi pengen ambil nasi, lapaaarrrrr, kayaknya makan nasi sambil mandangin foto dipostingan ini bisa ngobatin lapar nih hahaha

    Btw saya sejak kecil suka makan cumi pakai kuah hitam, nanti pindah ke Jawa baru jarang ketemu cumi kuah hitam kecuali masak sendiri :)

    ReplyDelete
  5. Menarik juga ya masak cumi di gulai gini, jd ga bosen hihihi

    ReplyDelete
  6. kalo aku nggak suka terlalu pedas takut sakit perut. btw cumi ini kandungan manfaatnya gede ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. btw cumi ini kandungan manfaatnya gede ya? <- jawabannya ada di postingannya :)

      Delete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P

Mohon maaf untuk komen cuma bisa untuk akun yang punya G+ ya :)