Resep Sayap Ayam Paprika Bumbu Petis

Resep olahan petis.

Apa kabar, teman-teman?

Saya memang kurang suka dengan daging ayam bagian dada, karena memang penuh dengan daging padat. Biasanya kalau nggak bagian paha, sering juga saya masak ayam yang sayap semua. Jadi daging ayam yang padatnya cuma sedikit dan bisa gigitin tulang, haha...


Kali ini, sayap ayam saya masak dengan campuran paprika hijau yang kaya akan vitamin C, vitamin B6, serta vitamin E yang juga bisa menjadi imun tubuh kita. Jadi kalau pas saya udah nggak sempat masak sayur, vitaminnya udah dari paprika hijau ini aja.

Kenapa paprika hijau? Karena pas ke supermarket, di antara deretan paprika hijau, kuning, dan juga merah, paprika hijau ini yang paling murah, haha... 12 ribuan untuk 2 buah dengan ukuran sedang. Biasanya kalau pas ada di warung ibu sayur, harganya suka lebih murah.

Kalau teman-teman memang pas lagi nggak ada stok paprika atau agak sulit belinya, ya udah nggak usah digunakan aja, karena kegunaan paprika ini kan cuma untuk pelengkap aja. Atau mungkin bisa ditukar dengan sayuran macam terong atau lainnya.

Sayap ayam yang digoreng lalu dicampur dengan irisan paprika hijau, dan dimasak dengan bumbu petis dengan rasanya yang khas gurih manis. Sebelumnya saya menggunakan petis yang botol kecil. Ini juga enak sih karena beberapa kali juga saya beli. Cuma kalau yang petis botol kecil ini ketika dikeluarkan dari kulkas, agak lengket di sendok.

Pas saya ke Farmers, saya ngelihat petis dengan botol yang agak tinggi. Harganya memang lebih mahal dari petis yang botol plastik pendek yang saya beli di Carefour. Petis yang botol agak tinggi ini harganya 20 ribu lebih sedikit. Lalu pas dikeluarkan dari kulkas, memang nggak kelewat lengket di sendok.

Petis
Petis Udang
Yuk mari sekarang kita siapkan bahan-bahan yang diperlukan. Ini masaknya cukup simple kok dengan bahan yang nggak terlalu banyak.

Cara membuat sayap ayam paprika bumbu petis, ini dia bahan-bahan yang diperlukan...

5 potong sayap ayam
1 buah paprika hijau, belah dua lalu iris memanjang
4 siung bawang merah, iris

1 siung bawang putih, iris
1 sdm petis
1 sdt gula

½ - 1 gelas air (gelas sedang)
½ ruas ibu jari jahe, geprek
1 ruas ibu jari  lengkuas, geprek

Secukupnya minyak goreng
3 lembar daun salam
Sedikit garam


Lalu ini bumbu giling untuk merebus sayap ayam ya...

3 siung bawang merah
3 siung bawang putih
½ ruas ibu jari kunyit

½ sdt lada
1 sdt ketumbar
Sedikit garam

Ini dia cara memasak sayap ayam paprika bumbu petis...

Masukkan sayap ayam, jahe, lengkuas, daun salam, dan air. Rebus hingga empuk atau kuah tinggal sedikit. Kalau saya memang menggunakan 1 gelas air dan direbus dengan api sedang.

Panaskan minyak goreng lalu goreng sayap ayam hingga kuning keemasan.

Panaskan sedikit minyak baru, lalu tumis bawang merah dan bawang putih hingga kuning keemasan.

Masukkan paprika hijau, petis, sisa bumbu rebusan ayam beserta jahe, lengkuas, dan daun salam. Tumis hingga harum. 

Cobain dulu ya. Kalau petisnya kurang berasa, bisa ditambahkan ½ sdm lagi aja.

Masukkan sayap ayam dan gula, lalu aduk hingga merata.

Cobain dulu ya rasanya, kalau memang masih perlu ditambahkan sedikit garam.

Resep olahan petis
Sayap Ayam Paprika Bumbu Petis
Walau paprika ini ada bijinya macam cabe, tapi paprika rasanya memang nggak pedas. Jadi untuk menu anak-anak yang nggak doyan pedas pun juga bisa.

Saya memang lebih senang merebus ayam ketimbang diungkep. Karena ayamnya jadi udah empuk. Ketika mau digoreng lembab pun jadi nggak perlu khawatir masih keras.

Makasih banyak ya teman-teman udah mampir dan selamat mencoba ya...

3 comments:

  1. Kebalik kita mba :). Aku justru doyan banget ama dada, dan agak geli ama paha hahahaha.. Krn serem liat urat2 hitam yg kdg ada di tulang paha. Mirip cacing wkwkwkwj..

    Tapi kalo sayap aku doyaaaan. Biasa dibikin chicken wings lada hitam. Kapan2 aku bikin pake petis. Kebetulan masih ada petis di kulkas :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iya kalau wings tetap semangat makannya ya mba :D

      Delete
  2. Seketika lapar stelah baca resep ini. Ternyata mudah juga ya cara bikinnya, wajib dicoba nih. Aku jg suka banget pake paprika, menambah kesan cantik pas platting juga kan.

    ReplyDelete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P

Mohon maaf untuk komen cuma bisa untuk akun yang punya G+ ya :)