Resep Ceker Pedas

Resep ceker setan

Apa kabar, teman-teman?

Siapa di sini teman-teman yang juga penyuka masakan olahan ceker? Haha... walau buat sebagian orang, ih geli amat sih makan ceker, tapi kalau buat saya... masakan olahan ceker itu enak banget. Entah dimasak sup, digoreng, dimasak bumbu, maupun sebagai campuran seblak.


Kalau saya, biasanya ceker memang dimasak sebagai lauk aja. Selain disup, ceker juga suka saya masak dengan bumbu rempah maupun saus. Jadi bisa disantap barengan nasi maupun mie goreng.

Ceker pedas merupakan salah satu masakan yang sering saya buat. Untuk resep awalnya, saya melihat di IG-nya Mba @ayudiahrespatih. Tapi ada beberapa bahan yang saya tambah dan kurangi, untuk menyesuaikan selera aja.

Tiap kali beli ceker, biasanya memang udah dibersihkan sama penjualnya. Tapi terkadang masih ada bagian dari kulitnya yang berwarna kuning yang belum dibersihkan. Ini biasanya sih saya bersihkan kulit-kulit kuning yang menempel itu dengan tangan atau kuku.

Kalau agak susah, biasanya saya garuk-garuk, haha... bingung jelasinnya, ya pokoknya digaruk-garuk gitu. Nah kalau masih agak susah juga, suka saya rendam dulu sebentar dengan air panas.

Ceker yang masih segar, enggak berlendir, dan enggak mengeluarkan bau tak sedap, pastinya ini yang kita pilih ya. Terkadang ketika beli juga, kukunya juga udah dibersihkan. Tapi kalau memang masih ada kukunya, jangan lupa untuk dibersihkan dulu ya...

Cara membuat ceker pedas, ini dia bahan-bahan yang perlu disiapkan:

500 gram ceker ayam
1 buah tomat merah, belah 4, iris-iris
5 lembar daun jeruk

1 batang serai, geprek
1 sdm kecap manis
1 – 2 sdt gula

Secukupnya minyak goreng
600 ml air / 3 gelas sedang


Bumbu gilingnya:

20 buah cabe merah
5 buah cabe rawit merah
7 siung bawang merah

4 siung bawang putih
½ ruas ibu jari jahe
½ ruas ibu jari kunyit

1 sdt lada
1 sdt ketumbar
Secukupnya garam


Lalu ini ya cara memasak ceker pedas:

Panaskan minyak, lalu masukkan bumbu giling, tomat, daun jeruk, dan serai. Tumis hingga harum.

Masukkan air, kecap, dan gula. Didihkan.

Masukkan ceker, lalu masak hingga kuah mengental. Gunakan api sedang aja.

Resep Ceker Setan
Resep Ceker Pedas
500 gram ceker ini kurang lebih isinya ada 20 ceker untuk yang besar-besar. Kalau misalnya kebanyakan, ini bisa disimpan di freezer atau masak setengah porsi aja.

Karena ceker pedas, rasanya udah pasti pedas, tapi yang nggak kelewat pedas banget kok. Ada rasanya manisnya dari kecap manis dan juga rasa gurih dari gula.

Makasih banyak ya teman-teman udah mampir dan moga bisa jadi rekomendasi bagi teman-teman penyuka masakan pedas dan olahan ceker...

7 comments:

  1. aku juga biasanya digaruk-garuk miss biar kelepas kulit kerasnya hahaha...
    duh jadi pengen eksekusi ceker nih di rumah masih ada stock kalau aku buat mpasi Rayi jadi nyetock

    ReplyDelete
  2. Aku sukaa..aku doyaaan ceker pedas! :D Emang deh yg kuning2 di telapak ceker agak susah dihilangkannya. Aku pakai pusau aja lama2 bisa kok hehehe. AKu senang ceker dipedesin, rebusnya agak lama supaya empuk cekernya. Kalau beli di pasar suka dapat yg gemuk2 mungkin ga nyampe 20 pcs ya tergantung besar kecilnya sih hihihi.

    ReplyDelete
  3. ini, masakan fav ku dan suami :D... tapi pernah duluuuu, si mbak Asisten masaknya terlalu pedes,sampe aku yg doyan pedes aja ga kuat huhahahahahahha. nyerah banget kitaaaa. tp untungnya bisa abis juga... sayang aja kalo sampe nyisa ;p..

    tp anak2 lbh suka ceker kalo di soto mba.. trutama si anak lanang, jago dah dia ngisepin dan makanin sampe bersih tuh ceker ;p..

    ReplyDelete
  4. Itu baca ceker digaruk, ngebayangin buat garuk di garuk.. nah bingung kaan? Hahaha.. Ade ga pernah digaruk, paling di rendem air panas pas baru2 beli. Jadi cuci trus rendem air panas. Jadi ngeletekin kuning2nya ga susah.

    Kalau di rumah ceker lebih buat ke tambahan sop sih. Belum pernah dimasak pedes gini. Boleh jg nih dicoba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha kalo cuma dikit2 kadang digaruk gini bisa...

      Delete
  5. Huaaa lihat ceker pedas, tinggal kasih nasi anget..mantap deh gw pasti tukang ngabisin kalau gini. Dulu banget gw ga suka sama yang namanya ceker karena terkesan jorok dan geli. Ehh dipaksa nyobain ceker dikecapin waktu itu langsung suka deh, bener banget itu kuku tolong dikondisikan ya hahaha..ga mungkin juga ya Miss kita makan ada kukunya wkkwkw..nice resep nih, tuhh faedahnya lihat IG ya bisa kreasi resep sendiri deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ceker ini ternyata enak juga ya, haha... Lihat2 IG masak2 memang jadi tertarik untuk nyobain juga. Variasi masak pun jadi bertambah ya...

      Delete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P

Mohon maaf untuk komen cuma bisa untuk akun yang punya G+ ya :)