Gado Gado Selada, yang Kayak di Es Teler 77

Gado Gado ala Es Teler 77

Apa kabar, teman-teman?

Duluuu... sewaktu masih rajin silaturahmi ke Gramedia Matraman, biasanya sepulang dari beli novel atau buku untuk bahan mengajar, pulangnya saya mampir dulu di Es Teler 77.


Sebelumnya, tiap kali ke Es Teler 77, saya selalu ngincer mie ayamnya. Pernah di suatu siang, karena paginya saya udah makan mie, jadi nggak mungkin dong kalau siangnya saya makan mie ayam lagi. Jadilah saya pesan nasi plus gado-gado aja.

“Gado gadonya mentahan ya, Bu,” kata Mba Waitress-nya.

Tadinya bayangan saya kayak karedok loh, haha...

Begitu disajikan, saya suka banget dengan gado gado ala Es Teler 77 ini, karena isi sayurannya ada yang beda dengan gado gado yang biasa saya beli di ibu dekat rumah. Sebagai penggemar selada, saya seneng banget kalau gado gadonya ternyata pakai selada juga. Lalu ada ketimun, telur rebus, dan juga kentang rebus. Disiram dengan kuah kacang, plus ada empingnya juga.

Sejak itu, tiap kali ke Es Teler 77, saya selalu beli gado gado aja, haha... Kadang nggak pake nasi, karena porsi gado gadonya juga udah cukup banyak. Tapi sayangnya kadang di beberapa gerai, suka nggak ada gado gadonya. Entah mungkin udah sold out ya.

Pas lagi main IG, saya ngelihat postingannya Mba @ayuni_santoso yang abis masak Selada Mie Bangka. Saya jadi keingetan deh gado gadonya Es Teler 77, haha... karena fotonya mirip, cuma masakan Mba Ayuni pakai mie dan campuran sayuran lainnya.

Jadilah saya kepikiran untuk masak gado gado ala Es Teler 77. Kalau bumbu kacangnya saya juga ngikutin resepnya Mba Ayuni aja, cuma bawang putihnya saya pakai 1 yang besar aja, karena kurang doyan masakan dengan bawang putih yang banyak. Yuk sekarang kita siapkan bahan-bahannya...


Cara membuat Gado Gado Selada ala Es Teler 77, ini dia bahan-bahan yang perlu disiapkan:

2 buah kentang yang besar (kalau yang lebih kecil bisa gunakan 3 buah aja), belah 4
1 ikat daun selada (+_ 10 lembar), iris-iris
2 buah ketimun, iris-iris

2 buah tomat, iris-iris
2 buah telur
200 gram kacang tanah

1 buah jeruk limo besar / 2 yang sedang
3 gelas air (gelas sedang)
Secukupnya minyak goreng


Bumbu gilingnya:

4 siung bawang merah
1 siung bawang putih besar / 2 siung bawang putih yang sedang
3 buah cabe merah

3 buah cabe rawit hijau
2 sdm ebi, rendam air panas sebentar, tiriskan
1 butir kemiri

1 sachet terasi
2 sdm gula merah
2 sdm kecap
Secukupnya garam 

Lalu ini ya cara memasak Gado Gado Selada ala Es Teler 77:

Didihkan secukupnya air, lalu rebus kentang hingga empuk. Kulitnya nggak usah dikupas dulu, cukup dibersihkan dengan digosok pakai sabuk cuci piring. Kalau udah empuk, baru ditiriskan, buang kulitnya, lalu diiris-iris.

Lanjut rebus telur hingga matang. Tiriskan, kupas kulitnya, belah empat, lalu iris-iris.

Panaskan minyak goreng, lalu goreng kacang hingga kuning keemasan. Gunakan api pelan biar kacang nggak cepat hangus. Menjelang matang, matikan apinya. Jadi ketika meniriskan, yang di bagian bawahnya nggak hangus.

Panggang atau goreng sebentar dengan sedikit minyak: bawang putih, kemiri, dan terasi. Biar lebih wangiii...

Giling bumbu hingga halus.

Haluskan kacang, bisa dengan diblender atau digiling halus setelah bumbu cabe. Untuk blender atau menggiling biar cepat halus, bisa gunakan air yang udah disiapkan.

Letakkan bumbu giling dan kacang tanah pada sebuah panci atau pan. Masak hingga mendidih sembari dimasukkan air sedikit demi sedikit, hingga bumbu kacang nggak terlihat kental banget dan nggak kelewat berair juga.

Masukkan air perasan jeruk limo, lalu aduk hingga merata.

Siapkan sayuran di piring, lalu siram dengan bumbu kacang.

Gado Gado ala Es Teler 77
Gado Gado Selada ala Es Teler 77
Kalau gado gado di Es Teler 77 memang disantap dengan emping juga, tapi karena empingnya ada di rumah dan saya numpang masak di rumah adek, empingnya jadi nggak ada, hehe... Nanti teman-teman pas masak tinggal ditambahkan aja ya...

Ini rasa bumbu kacangnya nggak begitu pedas. Nanti teman-teman tinggal sesuaikan aja ya rasa pedasnya, sesuai selera teman-teman.

Makasih banyak ya teman-teman udah mampir dan selamat mencoba...


6 comments:

  1. Hmm,, enak banget dan pas buat diet. Tapi kalau saya yang makan sih bukan mau diet apa enggak, melainkan lapar, pasti bisa nambah kalau makan gado-gado ini.

    ReplyDelete
  2. Potongan bahan2 gado2nya rapi gini ya haha jadi sayang makannya. Btw kalau aku biasanya makan gado2 pakai kencur. jadi haruum de enak rasanya. Sekarang udah jarang yg pakai kencur dan orang2 ga suka hhmm :D Selada emang enak, aku juga suka. Kpn2 cobain ah pas mampir ke Es Teler 77. Empingnya minta banyakan hihi.

    ReplyDelete
  3. Wohoooo gado2nya mirip banget kayak gado2 yg biasa dibeli ya Miss xixi. Gw kalau makan gado2 mesti tetep pakai lontong nih biar kenyang (maklum suka lapar wkwkkw). Noted lah buat bersihin kentangnya tanpa dikupas dan cukup pakai sabut cuci piring xixi. Pas banget emang kalau penggemar selada makannya gado2. Nah, kalau ga ada emping..pakai krupuk pun cucok juga ya makan gado2 ini.

    ReplyDelete
  4. Ntah napa mamaku nyebut gado2 selada ini dgn sebutan salad belanda hahahaha. Tp aku suka banget. Krn seladanya meamng bikin seger, kentangnya juga bikin kenyang pengganti nasi :)

    Tp mba, aku br tau kalo es teler 77 ada menu gado2nya huahahahha. Ga ngeh baca menu berarti

    ReplyDelete
  5. Aku juga suka gado-gado dengan sayur mentahan gini. Seger lihat sayurnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya makanya saya seneng kalau beli gado2 di es teler 77, sayurannya mentahan :D

      Delete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P

Mohon maaf untuk komen cuma bisa untuk akun yang punya G+ ya :)