Resep Kaki Naga Tofu Saori Saus Szechuan

Saori Saus Szechuan

Apa kabar, teman-teman?

Pas lagi lihat-lihat deretan rak bumbu dan saus, di minimarket dekat rumah, saya pun melihat Saori Saus Pedas Ala Szechuan. Wow, ada yang baru lagi ya dari edisi saus praktisnya Saori. So far saya emang udah nyobain saus praktis produknya Saori lainnya, dan cukup sesuai kok dengan selera penghuni rumah kami.


Saori Saus Szechuan
Saori Saus Szechuan
Saus Pedas Ala Sczehuan... kata-kata pedas inilah yang bikin saya jadi tertarik untuk beli, haha... Lagipula harganya juga cukup terjangkau, sebungkusnya cuma 3 ribu. Entah mungkin ada sedikit perbedaan harga di tempat teman-teman belanja ya.

Saus Szechuan, kalau yang saya baca di Wikipedia, memang digunakan untuk masakan Sichuan – atau yang banyak dikenal juga dengan istilah masakan Szechuan.

Masakan ini memang berasal dari Provinsi Sichuan, Republic Rakyat Tiongkok. Rasa dari masakan ini merupakan gabungan antara rasa pedas, asam, asin, dan juga manis. Uww... lengkap ya.

Cabe merah merupakan bumbu yang paling penting bagi masakan Szechuan ini. Makanya pas saya gunting bungkusnya, warnanya memang terlihat merah menyala khas warna cabe merah.

Karena di freezer-nya adek lagi ada beberapa potong kaki naga, jadi saya tinggal menambahkan tofu aja. Untuk bumbunya, saya juga cuma nambahin bawang bombay dan tomat aja. Jadi masakan yang kali ini saya buat memang cukup praktis dan mungkin bisa dijadikan menu bekal ya.

Cara membuat Kaki Naga Tofu Saori Saus Szechuan, ini dia bahan-bahan yang perlu disiapkan:


8 potong kaki naga
1 bungkus tofu yang bungkus besar, potong-potong
Secukupnya minyak goreng

1 bungkus Saori Saus Szechuan
Setengah bawang bombay, iris
1 buah tomat merah, belah empat, iris

Lalu ini ya cara memasak Kaki Naga Tofu Saori Saus Szechuan:

Panaskan minyak, lalu goreng tofu dengan wajan anti lengket dan juga minyak yang agak banyak. Jadi tofunya ini nggak gampang hancur ketika digoreng. Goreng hingga tofu kelihatan udah berkulit. Gunakan api sedang.

Lanjut goreng kaki naga hingga kuning keemasan. Gunakan api sedang juga.

Panaskan sedikit minyak, lalu tumis bawang bombay hingga layu.

Masukkan tomat dan juga Saori Saus Szechuan, lalu aduk hingga merata.

Matikan kompor, lalu masukkan tofu dan juga kaki naga. Aduk hingga merata.

Saori Saus Szechuan
Kaki Naga Tofu Saori Saus Szechuan
Biar rasa dari Saori Saus Szechuan ini tetap asli, jadi saya memang nggak menambahkan bumbu lainnya. Pas saya cobain, ini kalau untuk saya sih memang nggak ada pedes-pedesnya sih, haha... Eh ini kalau menurut saya ya.

Yah, kalo gitu rugi dong beli sausnya? Ya nggak juga sih. Karena walau menurut saya nggak pedas, Saori Saus Szechuan ini juga rasanya cukup unik – gurihnya agak mirip dengan Saori Saus Mentega, tapi yang Saus Szechuan ini ada rasa khas jahe yang cukup berasa.

Untuk variasi masakan yang menggunakan saus, Saori Saus Szechuan ini juga bisa jadi rekomendasi ya.

Makasih banyak ya teman-teman udah mampir dan selamat mencoba...

No comments:

Post a Comment

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P

Mohon maaf untuk komen cuma bisa untuk akun yang punya G+ ya :)