Baking Class with Cosmos: Baking Seru dengan Oven dan Mixer Cosmos

Oven Mixer Cosmos

Apa kabar, teman-teman?

Sebagai orang yang belajar masaknya otodidak, terlebih lagi dalam urusan baking, pastinya saya seneng banget tiap kali ada cooking dan juga baking class. Apalagi kalau acaranya seru, udah gitu free pula. Uwww... dabel-dabel deh hepinya...

Rabu, 28 November 2018 lalu, kembali saya upgrade skill dalam dunia per-baking-an dengan mengikuti Baking Class with Cosmos.

Sejak pagi sekitar jam 8, berangkatlah saya menuju Sweet Troops Baking Studio, tempat baking-baking seru ini diadakan.

Cipinang – Simprug dengan kemacetan pagi yang luar biasa horeee. Tapi Alhamdulillah tiba juga saya di lokasi acara. Lanjut berolah-raga gratis, yaitu naik tangga menuju lantai 4, haha...

Oven Mixer Cosmos
Baking Class with Cosmos
Begitu buka pintu, wowww... mata saya langsung dipertemukan dengan area photo booth yang sweet banget bernuansa Cosmos, karena Cosmos-lah yang mengajak kami para pecinta masak ini untuk hepi-hepi baking bareng.

Say hi dengan Bu Retno Pratiwi yang merupakan perwakilan dari Cosmos serta Mba Vibrie, lalu saya masuk ke area utama yang berada di tengah. Sebuah ruangan kelas memasak yang cukup luas dengan dua baris meja panjang. Di atasnya udah ada nama-nama kami, biar nggak rebutan tempat duduk ya, haha...

Begitu mendapati nama saya – artinya saya bukan undangan nyasar ya, haha – saya pun langsung duduk. Wow di atas meja kami udah disediakan dua buah minuman kemasan. Love deh kalau datang ke event yang sediakan minum begini sedari kami baru datang.  

Sembari menunggu teman-teman bloggers dan mommy influencers yang lain, kami pun mengisi waktu dengan foto-foto di photo booth serta di area “panggung” utama. Mejeng-mejeng bergembira, biar kali aja ketularan bisa jadi Chef beken, haha...

Ini dia panggung utamanya - Baking Class with Cosmos
Nggak lama kemudian, acara pun dibuka dengan sangat meriah oleh Mom Ankatama Ruyatna. Selanjutnya kami pun berkenalan dengan Ibu Retno – perwakilan dari Cosmos yang mengucapkan makasih banget untuk kami-kami yang udah hadir.

oven mixer Cosmos
Mom Anka, Mom Ilma, dan Chef Via - Baking Class with Cosmos
Healthy Assorted Cake for Holiday Season, ini tema baking yang kami pelajari bersama Chef Livianca Venaessa. Selain Chef Via, kami juga ditemani oleh Mommy Influencer yang nggak kalah hebatnya di bidang baking, yaitu Mom Ilma Rineta.

Sewaktu memperkenalkan diri, saya pun jadi tau kalau Chef Via yang cantik banget ini merupakan owner dan juga teacher dari Sweet Troops Baking Studio. Sedangkan Mom Ilma yang juga nggak kalah cantiknya, merupakan Mommy dari 4 anak yang juga hobi baking. Wow... pasukan bocahnya pasti seneng banget ya punya mommy yang hobi baking gini.

Kelas baking pun segera dimulai, yeayyy... Light and Moist Sponge Cake, ini yang akan kami masak bersama Chef Via dan juga Mom Ilma. Sebuah resep kue yang nantinya bisa dicoba untuk mengisi liburan akhir tahun nanti.

Apa sih yang biasanya suka jadi masalah kalau pas kita bikin kue? Kalau saya sih, salah satunya ketika mau memisahkan putih dengan kuning telur. Terkadang kuning telurnya ini ada yang ngikut.

Kalau kata Chef Via, misal kuning telur yang tercampurnya ini cuma sedikit sih masih bisa diteteskan dengan lemon juice aja. Tapi kalau yang tercampur terlalu banyak ya enggak bisa.

Lalu ketika penggunaan telur, mana yang lebih bagus antara telur dari kulkas atau suhu ruang? Kalau cuma menggunakan putihnya aja, lebih baik gunakan yang dari kulkas. Ketika dingin, memisahkan kuningnya ini jadi lebih mudah. Tapi kalau mau menggunakan telur utuh, lebih baik suhu ruang aja.

Sebelum memulai campur-campur semua bahan, kami diminta untuk memanaskan oven dulu. Jadi ketika adonannya siap, udah bisa langsung dimasukkan ke dalam oven. Karena kalau untuk adonan sponge cake ini harus cepat-cepat dipanggang, biar hasilnya bagus.

Oven Cosmos
Cosmoven oven Cosmos - Baking Class with Cosmos
Setiap meja disediakan sebuah oven. Kelompok kami pun mulai memutar Cosmoven, nama oven produknya Cosmos yang kami gunakan. Oven kece dengan muatan 26 liter, yang apinya nggak cuma api atas dan api atas bawah aja, tapi ada juga api atas bawah kiri kanan

Pastinya ini jauh lebih keren ketimbang oven saya di rumah yang udah rombeng minta diganti, apinya cuma ada api atas bawah aja.

Mixer Cosmos
Cosmic mixer Cosmos - Baking Class with Cosmos
Lanjut kami mulai membuat sponge cake-nya. Chef Via meminta kami untuk mengocok telurnya dulu hingga mengembang. Kali ini kami menggunakan Cosmic, mixer-nya Cosmos yang bisa bekerja sendiri, hehe... Jadi begitu dinyalakan tombolnya, tinggal mutar sendiri deh.

Untuk mengocok telur ini, kata Chef Via, gunakan dari kecepatan rendah ke tinggi ya. Kalau Chef Via memulai dari nomor 2. Begitu telurnya udah mengembang, lanjut kami masukkan gula sedikit demi sedikit.

Setelah itu masukkan tepung, lalu aduk hingga merata. Lanjut masukkan susu, pasta dan butter, kembali diaduk hingga merata. Kelompok kami kebagian pastanya yang rasa pandan.

Selesai, saatnya menuang adonan ke dalam loyang yang udah dioles dengan margarin plus tepung dan dialasi kertas roti juga.

Terakhir saatnya adonan sponge cake dimasukkan ke dalam oven, lalu dipanggang selama 20 menit dengan suhu 180 derajat api atas bawah.


Ini ya bahan-bahan untuk membuat Light and Moist Sponge Cake ala Chef Via:

3 putih telur
120 gram gula
3 kuning telur

100 gram tepung
50 ml susu bubuk
30 gram gula
Secukupnya pasta


Sembari nungguin sponge cake-nya matang, kami pun menyimak sharing dari Bu Retno yang berbagi info tentang Cosmoven dan Cosmic, duet oven dan juga mixer produknya Cosmos.

oven mixer Cosmos
Harga Cosmoven oven Cosmos - Pic: belanjacosmos.com
Di atas saya udah tulis ya, kalau oven Cosmos yang ada di meja kami itu kapasitasnya 26 Liter. Ada elemen pemanas yang terbuat dari stainless steel. Udah gitu elemen pemanasnya ini ada 6 pilihan. Jadi pas banget deh untuk kita-kita yang demen bikin kue, pizza, maupun yang suka panggang-panggang ikan, ayam, dan sejenisnya.

Ovennya ini juga punya BBQ Rotiserrie Pick dan juga Fish Grill. Nah kalau ini yang bikin saya seneng juga, yaitu ada Crumb Tray, alias wadah yang ditarok di dasar oven. Jadi ketika mau bersihin oven, tinggal ditarik aja ini nampannya.

Pilihan waktu panggangnya juga hingga 60 menit dengan mode “Stay On”. Kalau dayanya ini 400W/220 V ya.


Lanjut kami pun menyimak tentang Cosmic. Oh iya, salah satu yang bikin saya a bit rempong kalau mau bikin kue adalah... nyari-nyari dulu alat pengaduk adonannya, karena kebiasaan, tiap abis dicuci naroknya di mana-mana.

Mixer Cosmos
Bu Retno ngasih lihat Cosmic, mixer Cosmos yang ada container-nya
Nah kayaknya saya harus punya Cosmic ini deh, haha... Karena mixer-nya Cosmos ini dilengkapi dengan container di bagian bawahnya. Jadi untuk alat pengaduk adonannya bisa disimpan di dalam container bening ini. Container-nya ini aman kok, nggak gampang pecah.

mixer Cosmos
Harga Cosmic mixer Cosmos - Pic: belanjacosmos.com
Untuk kapasitas mangkuknya ini lebih besar, yaitu 2,75 Liter. Ada 2 pengaduk dan pengocok adonan. Cosmic ini juga aman digunakan karena dilengkapi dengan Thermostat Overheat Protection, yang fungsinya sebagai pengaman panas berlebih, yang dapat memutuskan arus listrik. Jadi bisa mencegah kerusakan motor. Lalu kalau untuk dayanya 200W/220V ya.

Oven Mixer Cosmos
Masih gagal bikin pinggirannya :D - Baking Class with Cosmos
Selesai nyimak sharing dari Ibu Retno, sponge cake kami pun udah matang, horeyyy... Saatnya kami hias-hias. Oh iya hias-hias kue ini dilombakan juga, dan udah pasti dong saya kalah, hahahah... Saingannya mastah baking semua, haha...

Selesai penilaian untuk pemenang best cake decorating, best instagram post, dan juga grup yang paling kompak, saatnya kami makan sianggg... Wow makanan dan kue-kuenya melimpah, haha... Udah gitu enak-enak banget, bikin saya pingin caplok semua ini mini cake-nya, haha...

Here we areee... in Baking Class with Cosmos - Pic: Mba Vibrie
Selesai sudah keseruan kami mengikuti Baking Class with Cosmos. Saatnya kami pulang sembari bawa hadiah dari Cosmos juga, yeayyy...

Makasih banyak ya Cosmos untuk great event-nya. Pengalaman saya di dunia baking jadi nambah deh, begitu juga dengan info oven dan mixer terbarunya. Terima kasih Chef Via untuk semua ilmunya...

Moga bermanfaat juga ya untuk teman-teman yang lagi nyari ide bikin kue pas liburan nanti. Begitu juga dengan teman-teman yang lagi hunting duet oven dan mixer baru. Makasih banyak ya udah mampir.


Info lengkapnya, cuss aja yo ke:
Instagram: @CosmosOnline


Sweet Troops Baking Studio
Kingkoil Building AGM. 4th Floor
Jl. Teuku Nyak Arief No. 1. Simprug. Jakarta Selatan
Instagram: @SweetTroops_BakingStudio


Instagram: @UnicornAdcom

9 comments:

  1. Wiw mixernya murce euy, bisa buat tabungan persiapan lebaran. Ovennya udah ada, tinggal mixernya dari dulu belum kesampean beli.

    ReplyDelete
  2. Mixerku merek Cosmos, tapi sudah lama. Tapi aku masih setia menggunakannya di dapur. Masih kuat dan tahan banting.
    Itu yang sekarang kok unyu-unyu gitu warnanya. Jadi mupeng.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya udah gitu sekarang ada container-nya pula ya, mba... Tambah keren, haha...

      Delete
  3. Cosmos emang brand paporit aku mbaa..seru bgt baking classnya. Mastah smua ini 😁

    ReplyDelete
  4. Wohoooo sama dong Miss..gw juga love banget kalau datang ke event langsung disambut minuman ya. Secara perjalanan jauh dan ketemu yg bisa nyegerin itu sesuatu. Btw apa rasanya punya mom yg pinter masak...ahhh jadi inget mas Gav dan adek Jo yg berharap banget emaknya ini bikin ini itu di dapur...semogaaaaaaa resolusi 2019 ya aamiin. Penasaran juga sm cosmos yg kata gw sih berinovasi bedakan dgn produk lainnya. Praktis ga perlu nyari2 pengaduk adonannya lagi ya, kan sudah tersimpan rapi xixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya bukan masalah disuguhkannya minuman apa, tapi yang kita sangat hargai itu ketika kedatangan kita diterima layaknya tamu ya :D

      Wah iya yuk ah belajar baking2 yang simple buat cemilan anak2 dan ayahnya :D

      Delete
  5. Seru ya baking rame2. Mana bikinnya sponge cake yang lagi happening. Aku lagi butuh oven, pas nih bisa jadi referensi :)

    ReplyDelete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P

Mohon maaf untuk komen cuma bisa untuk akun yang punya G+ ya :)