Resep Gulai Hati Sapi Kacang Merah

Resep kalio hati sapi kacang merah

Apa kabar, teman-teman?

Makan hati emang nggak enak, haha... Tapi kalau hatinya udah dimasak gulai khas masakan Padang... sebagai penyuka makanan olahan hati, pastinya saya mau banget. Kalau dibandingkan dengan daging sapi, saya memang lebih suka menyantap hati sapi. 


Selain enak, memasak hati sapi juga matangnya lebih cepat ketimbang daging. Makanya kalau pas bikin rendang juga, hati sapi ini dimasukkinnya belakangan, kurang lebih kalau dagingnya udah setengah matang.

Biasanya kalau memasak gulai daging atau hati sapi, suka kami campurkan dengan kentang bulat maupun kacang merah. Kali ini saya memasak gulai hati sapi dengan campuran kacang merah yang udah direbus terpisah. Jadi ketika gulainya udah setengah atau menjelang matang, tinggal dimasukkin aja.

Gulai daging atau hati sapi yang kuahnya terus dikentalkan, namanya pun berubah menjadi “kalio”. Cuma kalau untuk memasak Kalio Daging Sapi atau Hati Sapi, biasanya kami menambahkan bumbu rempah lainnya, seperti lada, ketumbar, cengkeh, jinten, biji pala yang digongseng lantas digiling halus.

Tapi dengan bumbu yang saya tulis di bawah ini pun, rasa Gulai Hati Sapi ini tetap enak, apalagi kalau kuahnya terus dikentalkan.


Cara memasak Gulai Hati Sapi Kacang Merah, ini dia bahan-bahan yang perlu disiapkan:

500 gram hati sapi, potong-potong
2 genggam kacang merah, rebus hingga matang (nggak usah matang banget nggak apa-apa, jangan sampai kematengan ya)
2 sdm cabe giling / +_ 20 cabe merah yang digiling halus

1 ruas ibu jari lengkuas, geprek
8 lembar daun jeruk
1 lembar daun kunyit, sobek-sobek

1 batang serai, geprek
1 buah asam kandis / 2 ruas jeruk nipis
Secukupnya minyak goreng

3 genggam kelapa parut
3 – 4 gelas air (gelas sedang)


Bumbu gilingnya:

8 siung bawang merah
4 siung bawang putih
½ ruas ibu jari jahe

½ ruas ibu jari kunyit
1 sdt lada
1 sdt ketumbar
Secukupnya garam

Lalu ini ya cara memasak Gulai Hati Sapi Kacang Merah:

Campurkan kelapa parut dengan 1 gelas air. Peras. Ulangi 2x lagi. Totalnya ada 3 gelas santan ya. Kalau nanti kelihatannya kurang, bisa peras santan sekali lagi, jadi ada 4 gelas.

Panaskan minyak goreng, lalu tumis bumbu giling, cabe giling, lengkuas, daun jeruk, daun kunyit, dan juga serai. Tumis hingga harum.

Masukkan santan lalu didihkan sembari sering diaduk.

Kurang lebih 5 menit  setelah santan mendidih, masukkan hati sapi. Masak dengan api sedang sembari sesekali diaduk.

Ketika udah setengah matang (kuah santannya terlihat mulai mengental) masukkan kacang merah.

Menjelang matang, masukkan asam kandis / jeruk nipis.

Kadar matangnya ini sih asal hati sapinya udah empuk dan kuah santannya juga udah terlihat mengental. Tapi bisa diteruskan hingga kuah santannya terlihat makin kental.

Resep Gulai Hati Sapi Kacang Merah
Resep Gulai Hati Sapi Kacang Merah
Gulai Hati Sapi Kacang Merah yang saya buat ini rasanya nggak begitu pedas. Nanti teman-teman bisa atur aja ya kadar pedasnya.

Saya menggunakan santan dari 3 genggam kelapa parut, biar santannya nggak begitu pekat. Teman-teman bisa gunakan kelapa parut dari 1 butir kelapa kalau pingin kuah santan yang lebih pekat.

Kalau masaknya pagi, jangan lupa siangnya dipanaskan kembali, karena gulai hati ini cepat basi kalau kelamaan nggak dipanaskan.

Makasih banyak ya teman-teman udah mampir dan selamat mencoba...


8 comments:

  1. akutu sukaa banget hati sapi. tapi syedih krna di rumah cuman aku doang yg doyan. jadi ga masak hati sapi lagi deh. aku mampir ke rumahmu aja ya cheff... numpang makan :D

    ReplyDelete
  2. Aku masaknya gulai daging. Hati sapi nggak ada yang mau. Sebenarnya aku doyan. Tapi karena pengaruh suami, yang nggak mau jeroan, kikil, anak-anak juga gak mau. Jadinya gak pernah lagi masak begitu.

    ReplyDelete
  3. Jujur aku ga doyan hati binatang apapun 😎 Aku demen aja sama resepnya yg kelihatannya yummy nih.kalaj masak pake santan emang cepet meresap bumbunya ke hati ya? Kalo kacang merah aku suka. Tapi kalo udh kena si hayi, ga jadi mamam hahhaa 😎🤣

    ReplyDelete
  4. Bener juga makan hati emang ga enak..tapi beda lagi kalau tinggal lep kayak begini ya Miss. "Kalio" baru denger nih, unik juga ya. Wohoo ternyata ya hati itu bisa divariasikan menjadi berbagai macam menu. Seperti cheff Nita pun mantul 😍😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalio itu ibaratnya rendang basah, yang masih berkuah :D

      Delete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P