Kulineran Khas Thailand di Boat Noodle Mall Kota Kasablanka – Jakarta Selatan

Kuliner Thailand di Jakarta

Apa kabar, teman-teman?

Dibanding kuliner Chinese dan juga Jepang, kuliner khas Thailand termasuk asing bagi saya. Dulu pertama kali saya tau tentang kuliner khas Thailand itu, pas menghadiri Festival Songkran di sebuah hotel di Jakarta. Selain mengenalkan budaya Songkran itu sendiri, juga ada pameran pariwisatanya, dan pastinya... beragam kuliner khas Thailand.


Saat itulah saya mengenal yang namanya Pad Thai - si mie goreng khas Thailand dan juga Khao Phat Khai alias nasi goreng telur khas Thailand. Duh kalau ngomongin Thailand, apalagi Bangkok, saat ini yang ada di pikiran saya adalah... tiketnya masih mihil, hehehe...  

Pada akhirnya beberapa waktu lalu, karena pingin ketemuan dengan dua orang teman, Mall Kota Kasablanka alias Kokas lah yang kami pilih. Kenapa Kokas? Karena di sini kulinerannya banyak. Lah mau beresin blog atau mau kulineran sih? Ya sekalian aja sih, haha...

Mba Ade sampai di Kokas yang pertama, lalu selanjutnya adalah saya. Muter-muter sejenak dan pada akhirnya kami pun sepakat untuk makan di Boat Noodle aja. Sebenernya sih saya nggak tau tentang Boat Noodle ini, tapi Mba Ade bilang kalau itu merupakan resto dengan menu Thailand dan nggak gitu mahal. Lalu yang terpenting bagi kami adalah... banyak colokannya, haha...

Kuliner Thailand di Jakarta
Boat Noodle Mall Kota Kasablanka
Jadilah kami memutuskan makan siang di Boat Noodle aja. Eh saya seneng deh lihat suasananya. Meja kursinya dari kayu dan modelnya santai banget. Trus dapurnya itu open kitchen dengan mangkok-mangkok berjejer. Asap dari kukusan yang ngepul-ngepul, serta kesibukan para chef yang lagi masak, dengan isi penggorengan yang dilempar-lempar gitu. Karena belum bisa masak yang dilempar-lempar gitu, yang ada isinya berantakan ke mana-mana yak, haha... Makanya seru kan kalau bisa nonton langsung para chef lagi atraksi.

Nggak lama kami duduk, mba waitress pun nyamperin dan nerangin menu yang ada. Sebenernya Boat Noodle terkenal dengan menu mie yang murah tapi isinya sedikit. Jadi kita bisa nyobain alias beli beberapa mangkok tanpa mikirin begah dan mahal. Tapi kemarin itu saya dan Mba Ade langsung tergoda rayuan promo juga, haha...

Tom Yum Deals Berdua, ini dia promonya. Paket Tom Yum dan Tom Yum Fried Rice. Trus minumnya ada Thai Ice dan milkshake yang lain. Saya pun memilih yang Taro aja untuk minumannya. Nggak pake lama, paket yang kami pesan pun akhirnya datang, horeyyy...


Tom Yum Fried Rice

Kuliner Thailand di Jakarta
Tom Yum Fried Rice - Boat Noodle Mall Kota Kasablanka 
Kalau Tom Yum biasanya identik dengan sup sea food, ini bumbu Tom Yum-nya digunakan untuk memasak nasi goreng. Cukup unik juga memang, makanya saya tertarik untuk nyobain, haha...

Pas order, mba waitress-nya tanya, telurnya mau yang dimasak matang atau setengah matang aja. Saya pun pilih yang setengah matang. Porsinya cukup sih untuk saya, nggak kedikitan dan nggak over juga.

Di adukan nasi gorengnya ini ada potongan kecil-kecil kacang panjang dan juga belahan tomat cherry. Ini yang cukup unik juga dari nasi gorengnya. Warnanya dibikin gelap pakai kecap, jadi mirip nasi goreng lokal kita ya. Kalau bubuk cabenya itu sih saya yang nambahin belakangan aja. Di meja memang tersedia 4 botol bumbu, dan salah satunya bubuk cabe ini.

Namanya juga pakai bumbu Tom Yum, pastinya gurih asam segar khas Tom Yum pun berasa banget pada nasi goreng ini. Waaa pokoknya saya suka. Asamnya sedikit kok, jadi nggak usah takut keasaman ya, haha... Kalau Tom Yum kuah kan memang asamnya berasa. Oh iya, pada penyajiannya juga disediakan potongan jeruk nipis juga.


Red Tom Yum Fish Ball

Kuliner Thailand di Jakarta
Red Tom Yum Fish Ball - Boat Noodle Mall Kota Kasablanka
Kalau ini Mba Ade yang makan dan saya pun ikutan icip. Ahaaa... yang namanya food blogger, jangankan cuma 2 makanan, 10 menu yang berbeda pun bisa saya icip, hahahah... Sesendok-sesendok pastinya.

Buat saya, apapun isi dari Tom Yum, nomer satu yang harus dicobain adalah... kuahnya. Lalu Tom Yum ala Boat Noodle Kokas ini beneran mantep banget. Asam segar dari kuah tomat dan jeruk nipisnya berasa banget, dan menyatu dengan bumbu lainnya. Kuahnya wangi dari aroma daun jeruk.

Porsinya oke lah untuk bisa kenyang, karena ada bihunnya dan pastinya ada bakso ikan juga. Udah gitu ada potongan tomat cherry juga. Untuk anak-anak, ini rasanya juga cocok karena kuahnya nggak pedas kok. Warna merahnya dari tomat aja ini.


Thai Tea dan Taro Milkshake

Kuliner Thailand di Jakarta
Thai Tea dan Taro - Boat Noodle Mall Kota Kasablanka 
Ini dia kedua minumannya. Ada Thai Tea dan juga Taro Milkshake. Eh disebutnya Taro Milkshake atau Blended ya. Pokoknya kayak gini dah, haha... Ini minuman kalau satuan, harganya sekitar 30 ribuan. Milih juga, yes. Tadinya pikir saya begitu. Pas udah dicobain, eh ternyata emang sesuai dah dengan harganya, hehe...

Terkadang ada minuman yang dasarnya pahit tapi pas saya minum kok ya manis banget. Berarti kan ada penggunaan gula yang cukup banyak. Nah kalau Thai Tea ini rasa agak pahit khas teh tetap berasa, berpadu dengan rasa manisnya. Ini yang kalau buat saya lebih enak.

Begitupun dengan Taro Milkshake ini. Kalau dibandingkan dengan Thai Tea, yang Taro ini memang rasanya lebih manis dan ada rasa gurihnya, entah macam dipakein krim atau santan.

Kedua minuman ini walau udah didiemin lama, rasa manisnya tetap stabil.

Untuk paket Tom Yum Deal Berdua ini harganya Rp. 78 ribu. Tinggal dibagi dua aja deh, dan ini cukup hemat ketimbang beli satuan. Kalau misal promonya udah nggak ada, ya udah beli satuan aja, hehe...


Setelah kami makan dan ngerumpiin segala hal yang layak untuk dirumpiin, haha... Mba Ria pun akhirnya datang. Mba Ria juga pesan Tom Yum Fried Rice kayak yang saya makan, tapi beli yang satuan dan harganya Rp. 39 ribu. Minumnya Mba Ria pesan yang Thai Lemon Tea seharga Rp. 27 ribu. Trus Mba Ade beli Mango Smoothie seharga Rp. 21 ribu. Kalau saya? Minuman yang ada aja udah diirit-irit, haha...

Lanjut kami juga pesen dua cemilan, yang satu gurih dan satunya lagi yang manis. Dua cemilan yang udah kami incer sedari baru datang, haha...


Sangkaya

Kuliner Thailand di Jakarta
Sangkaya - Boat Noodle Mall Kota Kasablanka 
Pas ngelihat di buku menu, ini cemilan kok menggoda amat ya. Ditambah lagi pas di meja sebelah ada yang order. Uehehe... asap dari roti kukusnya mengepul. Saya sampe dilirik mba waitress pas lagi ngelihatin dan bilang ke Mba Ade, hahahah...

Sangkaya yang kami pesan ini yang small. Isinya ada 8 potongan roti kukus hangat yang dicocol ke saus srikaya pandan. Saus srikaya pandannya ini dimakannya pakai susu evaporated, jadi ini bedanya dengan srikaya pandan biasa.

Kuliner Thailand di Jakarta
Sangkaya - Boat Noodle Mall Kota Kasablanka
Rasa srikaya pandan susu ini uwww... perpaduan manis, wangi khas pandan, dan juga gurih dari susu evaporated. Disantap bersama roti kukus yang lembut banget.
Sangkaya ini harganya Rp. 25 ribu.

Saking enaknya ini makanan, saya jadi nyari resep srikaya pandannya dan nyoba bikin di rumah. Enak nggak yang saya bikin? Pastinya enak dong, hahahah... Ini dia resepnya ya:



Thai Popeye’s Tempura

Kuliner Thailand di Jakarta
Thai Popeye's Tempura - Mall Kota Kasablanka 
Pas lihat di buku menu, cukup kaget juga saya pas baca kalau ini ternyata dari kangkung, hehe... Karena jarang juga bagi saya untuk lihat kangkung yang dibikin olahan cemilan gini. Jadilah kami pesan.

Bahagia saya mah receh, ada kangkung goreng tepung aja udah bikin girang, haha... Eh tapi yang unik lainnya dari kangkung goreng tepung ini adalah sausnya. Sekilas kayak bumbu kacang yak, hehe... Tapi bukan kok. Kacang merahnya ini utuh, lalu kuahnya gurih kayak pakai krim atau santan juga. Trus rasanya campuran gurih agak asam segar kayak pake jeruk nipis. Ah pokoknya ini saus rasanya unik banget dan nggak pedas.

Kuliner Thailand di Jakarta
Thai Popeye's Tempura - Boat Noodle Mall Kota Kasablanka
Thai Popeye’s Tempura ini juga garing banget dan nggak berasa kayak lagi makan kangkung, hahah... Biasa makan kangkung ditumis terasi sih ya.

Thai Popeye’s Tempura ini harganya Rp. 25 ribu.


Selesai makan, cemal-cemil, dan ngobrol ngalor-ngidul, abis itu kami pulang. Eh nggak lupa bayar dulu yak, hehe... Oh iya, semua menu yang dipesan, ditambah lagi dengan pajak 10% ya.

So far saya seneng kulineran di Boat Noodle Kokas. Menunya enak-enak, waiter waitress-nya friendly enough, dan tempatnya pun nyaman. Someday kalau ke sini lagi saya mau nyobain noodle-nya.

Mampir juga ya di cerita Mba Ade tentang -> Review Boat Noodle Kokas

Makasih banyak ya teman-teman udah mampir. Moga bisa jadi rekomendasi kulineran teman-teman ya...



Boat Noodle 
Mall Kota Kasablanka, LG Floor. Tebet, Jakarta Selatan

Open: 10 a.m - 10 p.m 
nita lana faera
nita lana faera

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.

6 comments:

  1. Mbaa, aku jadi penasaran rasa kangkung ituuh. Ah sayang aku nggak bisa trlalu main jauh tahun ini hihii.. aku suka yg kitchennya model gini liat kepulan asapnya. Jadi sangkaya setelah balik dari sini yes. Cakeeep ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini resto kayaknya ada di beberapa tempat deh. Iya Mba Ucig jauh ya ke Kokas :D

      Delete
  2. pengen juga icip icip kuliner ari thailand ini. tapi kayaknya kalo di indonesia masih asing juga termasuk di daerahk.

    ReplyDelete
  3. Gpp lah ya, sekarang baca-baca artikelnya dulu. Siapa tahu next bisa berkunjung beneran ke Thailand dan ngicipin makanan yang bahasanya susah diucapkan dengan lidah gw haha. Dan yang paling seneng "Bahagia saya sederhana" duh duh simplenya kebahagiaan dalam hidup ini, ketemu teman dan menikmati makan di tempat yang banyak colokan ya. Jadi.......kapan kita ketemuan ber 4?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bahagia itu sederhana, dengan modal yang mahal, hahahah...

      Delete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P