Resep Nasi Goreng Baso Sosis Saus Tiram – Menu Sarapan dan Menu Bekal

Menu bekal dan menu sarapan

Apa kabar, teman-teman?

Dulu sewaktu saya SD memang diharuskan untuk membawa bekal, walau uang jajan juga dikasih secukupnya. Bekal sekolah yang saya bawa itu seringkali isinya adalah nasi, entah dengan telur ceplok, atau ikan dan ayam goreng, maupun nasi goreng telur. Lebih ke sekalian menu sarapan sih.


Kenapa harus nasi, karena pikir nenek kalau saya bakalan jajan asal-asalan yang enggak kenyang, haha... Terlebih ketika makin tinggi kelasnya, makin lama juga kan pulang sekolahnya.

Nasi goreng yang dibuat nenek maupun tante dulu, ya nasi goreng biasa dengan adukan telur ceplok aja. Makin ke sini, udah banyak bumbu-bumbu ataupun saus yang bisa dijadikan sekalian bumbu nasi goreng. Begitupun dengan lauk penyantapnya yang juga diaduk bareng nasi goreng. Biar nasi goreng untuk sarapan maupun bekal, rasanya nggak itu-itu aja.

Salah satu nasi goreng yang biasa saya buat adalah nasi goreng dengan irisan baso dan sosis, lalu dikasih saus tiram. Rasa gurih manis khas saus tiram, bikin nasi goreng jadi tambah enak. Bagi yang suka pedas, tinggal dibanyakin aja irisan cabenya.

Saus tiram yang saya pakai biasanya sih seadanya di minimarket aja, tapi lebih sering menggunakan yang ABC. Kadang menggunakan Maggie juga. Saori sachet juga deh rasanya ada yang saus tiram. Ini lebih ekonomis untuk sekali masak.

Nasi Goreng Baso Sosis Saus Tiram yang saya buat ini cuma menggunakan bumbu iris, jadi lebih hemat waktu juga ya untuk masak ketika pagi. 

Cara membuat Nasi Goreng Baso Sosis, ini dia bahan-bahan yang perlu disiapkan:

2 piring nasi
2 butir telur
2 buah sosis, iris
3 buah baso ukuran sedang, iris

4 siung bawang merah, iris
1 siung bawang putih, iris
1 batang daun bawang, iris

1 buah tomat merah, belah empat, iris
3 buah cabe merah, iris
+_ 3 sdm saus tiram

+_ 2 sdm kecap
Secukupnya minyak goreng
Garam kalau mungkin masih diperlukan 

Lalu ini ya cara memasak Nasi Goreng Baso Sosis Saus Tiram:

Panaskan minyak goreng, lalu orak-arik telur hingga matang.

Panaskan minyak goreng, lalu tumis bawang merah dan bawang putih hingga kuning keemasan.

Masukkan sosis, baso, daun bawang, tomat, cabe, dan saus tiram. Tumis hingga harum.

Masukkan nasi, lalu aduk hingga merata.

Masukkan kecap, lalu aduk hingga merata.

Cobain dulu ya kalau memang masih perlu ditambah garam.

Resep nasi goreng saus tiram
Nasi Goreng Baso Sosis Saus Tiram
Nasi Goreng Baso Sosis Saus Tiram yang saya buat ini memang rasanya nggak pedas, karena cuma pakai sedikit irisan cabe merah aja. Kalau mau yang lebih pedas, bisa pakai kurang lebih 5 irisan cabe rawit merah.

Makasih banyak ya teman-teman udah mampir dan moga bisa jadi rekomendasi menu sarapan dan juga menu bekal yang simple ya...

5 comments:

  1. Aku kalau bikin nasi goreng biasa pakai saus tiram. Eh, pernah saus tiram habis. Rasanya ada yang kurang.

    ReplyDelete
  2. Aku jarang makan nasi putih, tp kl nasi goreng msh kdnh makan. Nasgor pake saos tiram blom prnh coba sih, cobain ah kapan2 Miss

    ReplyDelete
  3. Sama tuh, miss. Di rumah juga anak2 wajib makan nasi buat sarapan sama abinya. Kalau keluarga ade mah makannya snack2 macam lontong gitu. Ternyata bisa ya bikin nasi goreng pakai saus tiram. Ade blm pernah coba. Ntar jajal ah.

    ReplyDelete
  4. Nasi goreng bakso sosis emang enak banget, saya suka kalau sarapan itu. Tapi selama ini saya enggak pernah pakai saus tiram. Sepertinya dicoba nih, bikin nasi goreng pakai saus tiram.

    ReplyDelete
  5. Makanan yang bahannya selalu siap sedia di kulkas. Kalau nggak masak langsung deh alternatifnya bikin nasgor sosis bakso kayak gini, tapi beloman pernah coba pakai saos tiram, ku coba deh mba ntar resepnya :D

    ReplyDelete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P