Resep Pudding Buah Naga Merah feat Pudding Santan

Pudding Santan

Apa kabar, teman-teman?

Kemarin itu gara-gara makan Sangkaya di sebuah resto kuliner khas Thailand, saya jadi penasaran nyari resepnya, haha... Terdamparlah saya di akun youtube-nya Hot Thai Kitchen. Waaa... akun youtube orang Thailand asli tapi chef-nya ini ngomongnya pakai bahasa Inggris.


Jadilah saya menyimak resep-resep khas Thailand yang menggoda selera, sekaligus nyimak listening yang udah lama banget nggak dilakukan, hehe... Nah salah satu resep yang dibuat itu ada Mango Coconut Milk Pudding, alias pudding mangga feat pudding santan.

Walau resepnya memang untuk pudding mangga, tapi pastinya bisa diganti juga kan dengan buah-buahan lainnya. Pas ke minimarket dan ada buah naga merah potong, jadilah saya bikin Pudding Buah Naga feat Pudding Santan ini aja. Nanti kalau pas ada mangga, saya mau bikin yang pakai mangga juga, kayak resep aslinya.

Namanya pakai buah naga merah potong juga, ketemu dengan pudding santan yang masih panas, hehe... Lunturlah warna pudding santannya. Tapi ini tetap keren kok, haha... karena lunturnya ini jadi macam gradasi atau lurus-lurus macam meleleh gitu.

Kalau nggak mau luntur sih bisa juga, nggak usah dimasukkan buah naga potongnya. Jadi teman-teman bisa tinggal milih aja ya, sesuai selera. Oh ya, saya memang cuma mengikuti bahan-bahannya aja, takarannya saya buat sendiri.

Selain itu, karena udah menggunakan santan instant yang udah rasa gurihnya, jadi saya nggak menggunakan garam lagi untuk pudding santannya.

Cara membuat Pudding Buah Naga feat Pudding Santan, ini dia yang disiapkan:

350 gram buah naga merah
1 bungkus agar-agar Swalow Globe yang plain
3 gelas sedang air / 600 ml
8 – 10 sdm gula

3 sdm santan instant (saya pakai Kara cair yang 65 ml, dipakai semua, ini +_ 3 sdm)
1 bungkus agar-agar Swalow Globe yang plain
3 gelas sedang air / 600 ml
8 sdm gula

150 gram buah naga merah, potong dadu

Lalu ini ya cara memasak Pudding Buah Naga feat Pudding Santan:

Haluskan 350 gram buah naga merah. Kalau menggunakan blender pastinya akan halus banget. Saya pakai alat kocokan mixer aja, bisa juga pakai sendok nasi kalau nggak pingin yang halus banget.

Masukkan air, bubuk agar-agar, dan halusan buah naga merah. Aduk hingga merata, baru nyalakan kompor.

Masukkan gula sedikit demi sedikit. Kalau saya menggunakan 10 sdm sih. Untuk kadar manis ini kan sesuai selera juga.

Masak sembari diaduk hingga mendidih. Gunakan api sedang aja ya.

Tuang ke dalam setengah cetakan. Kalau udah setengah keras, masukkan potongan buah naga merah, lalu tunggu hingga pudding keras.

Sekarang memasak pudding santannya ya. Masukkan air, bubuk agar-agar, dan santan. Aduk hingga merata, lalu nyalakan kompor.

Masukkan gula sedikit demi sedikit. Kalau saya menggunakan 8 sdm gula.

Masak sembari diaduk hingga mendidih. Gunakan api sedang juga ya.

Pastikan pudding buah naganya udah keras. Tuang pudding santan dengan sendok.

Tunggu hingga keras ya.

Resep pudding santan
Pudding Buah Naga Merah feat Pudding Santan
Kalau disantap pas dingin pastinya akan makin segar plus gurih manis dari pudding santannya. Memasak pudding memang diaduk semua bahan lebih dulu dengan cool water sebelum api kompor dinyalakan, biar pudding-nya tercampur rata, nggak menggumpal.

Makasih banyak ya teman-teman udah mampir. Moga bisa jadi rekomendasi cemilan praktis yang seger ya...


nita lana faera
nita lana faera

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.

2 comments:

  1. MBa Nita pas banget dirumahku ada buah naga. Dan aku kayaknya akan mencoba resep ini untuk keluarga ;)

    ReplyDelete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P