Resep Sayur Brokoli Jagung Telur Kuah Kecap

Resep masakan harian

Apa kabar, teman-teman?

Desember lalu, adek ipar saya melahirkan secara caesar. Nah untuk mengobati bekas operasinya itu, salah satunya dianjurkan untuk makan putih telur. Lalu yang namanya ibu sehabis melahirkan, pastinya perlu menyantap banyak sayuran hijau untuk memperlancar ASI.


Makan putih telur yang direbus doang dengan sayur katuk bening, ya bikin bosan juga kan, hehe... Nggak juga sih, tapi untuk variasi makanan, jadi telurnya saya masak kuah kecap aja. Lalu untuk sayuran hijaunya menggunakan brokoli. Dan kebetulan di kulkas lagi ada jagung manis, jadi sekalian ditambahin jagung manis, biar rasa kuah kecapnya juga berasa manis jagung.

Menu yang bisa disantap semua orang, sekaligus untuk ibu yang baru melahirkan ya. Mungkin menu ini juga cocok untuk makanan anak-anak, karena memang nggak pedas dan biasanya brokoli dan juga jagung memang identik dengan menu kesukaan anak-anak juga ya.

Cara membuat Sayur Brokoli Jagung Telur Kuah Kecap, ini dia bahan-bahan yang perlu disiapkan:

4 butir telur, rebus hingga matang (kurang lebih 15 menit)
1 bonggol brokoli, kalau kecil pakai 2 bonggol aja
1 buah jagung manis, serut kasar

4 siung bawang merah, iris
1 siung bawang putih, iris
1 batang daun bawang, iris

1 buah tomat, belah 4, iris
3 buah cabe merah, iris
+_ 2 sdm kecap

2 gelas air (gelas sedang)
1 sdt gula
Secukupnya garam
Secukupnya minyak goreng

Lalu ini ya cara memasak Sayur Brokoli Jagung Telur Kuah Kecap...

Panaskan minyak goreng, lalu goreng bawang merah dan bawang putih hingga kuning keemasan.

Masukkan daun bawang, tomat, dan cabe merah, lalu tumis hingga layu.

Masukkan air, kecap manis, dan garam, lalu didihkan.

Masukkan brokoli, jagung, dan telur. Masak hingga brokoli empuk.

Menjelang matang, masukkan gula.

Resep masakan harian
Sayur Brokoli Jagung Telur Kuah Kecap
Yang saya masak ini memang menggunakan cabe merah iris yang cuma sedikit, jadi rasa pedasnya nggak berasa kok. Atau kalau mungkin untuk anak-anak, nggak usah digunakan aja cabe merahnya.

Rasanya pastinya khas kecap manis dengan ada rasa manis juga dari jagung. Kalau kuahnya kelihatan sedikit, ditambahkan aja ya, lalu cobain lagi rasa garamnya.

Makasih banyak ya teman-teman udah mampir dan moga bisa jadi rekomendasi masakan harian teman-teman ya...

4 comments:

  1. Ontiiii Nita, mau dooonggg. Ini kesukaan. Sulthon banget brokoli, telur kecap..

    Lina Sophy
    www.linatussophy.com

    ReplyDelete
  2. yeeees, ada resep gampil lagi yg bisa kupraktekin utk menu di rumah :D. moga2 fylly bisa suka juga, krn tuh anak rada susaaaah banget disuruh makan sayur -__-. aku sendiri brokoli paling doyaaan. soalnya sejak kecil dikasih tau, kalo brokoli bisa pikin pinter hahaahha.. makanya dibiasain ama mama

    ReplyDelete
  3. Makasih juga ya Miss sudah berbagi resep buat kami xixi. Resep yg pasti dibutuhkan buat para moms yg baru saja melahirkan. Btw selamat ya atas kelahiran kepokanakannya semoga sehat selalu. Aku bayangin ini masak buat mas Gav dan adek Jo pasti suka..secara mereka penggemar berat yg namanya kecap manis jadi harus muter otak supaya bs ketemu menu yg berbau2 kecap wkwk.

    ReplyDelete
  4. Mbak, kalau pakai saus tiram bisa ?Saya biasanya brokoli dibuat gurih

    ReplyDelete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P

Mohon maaf untuk komen cuma bisa untuk akun yang punya G+ ya :)