Resep Gulai Ikan Belimbing Wuluh

Resep gulai ikan masakan padang

Apa kabar, teman-teman?

Dibandingkan dengan olahan gulai yang saya masak, gulai ikan merupakan olahan gulai yang lebih segar. Biasanya kan kalau masak gulai itu bumbunya saya tumis terlebih dahulu. Nah kalau gulai ikan ini semua bumbu gilingnya cukup dicempulingin aja ke dalam kuah gulai. Karena nggak ada penggunaan minyak, jadinya gulai ikan ini terasa lebih segar.


Mau gulai merah maupun gulai kuning, kalau buat saya sih sama enaknya. Kuah gulai ikan yang warna merah rada oranye, karena pakai cabe giling atau cabe merah yang dihaluskan. Sedangkan gulai ikan yang berkuah kuning, menggunakan cabe rawit yang cukup dibelah dua, digeprek, atau digiling kasar aja.

Cabenya ini bisa pakai cabe rawit hijau maupun cabe rawit merah. Kalau saya karena cuma dibelah dua aja, jadi menggunakan cabe rawit merah. Rasanya sih nggak pedas, hehe... Karena kan cuma dibelah dua aja.

Gulai ikan kuah kuning ini jadi makin segar karena menggunakan belimbing wuluh atau belimbing sayur, yang dibelah dua maupun dibelah empat. Tergantung besar kecilnya aja. Kalau kurang suka atau takut terlalu asam kuah gulainya, belimbing wuluhnya sedikit aja.

Memasak gulai ikan khas masakan Padang memang identik dengan penggunaan daun ruku-ruku. Ini yang bikin gulai ikan jadi makin sedap. Tapi karena memang rasanya susah nyari daun ini, jadi cukup pakai daun kunyit aja. Daun ruku-ruku bentuknya sekilas kayak daun kemangi.  

Cara membuat Gulai Ikan Belimbing Wuluh, yang perlu disiapkan adalah:

250 gram ikan tongkol potong, atau ikan lain yang teman-teman suka aja.
5 – 10 potong belimbing wuluh, belah
¾  kelapa parut
4 gelas air (gelas sedang)

10 buah cabe rawit, belah dua / geprek / giling kasar
1 lembar daun kunyit, sobek atau iris tipis
1 ruas lengkuas, geprek
1 batang serai, geprek


Lalu ini ya bumbu gilingnya:

8 siung bawang merah
3 siung bawang putih
½ ruas ibu jari jahe

½ ruas ibu jari kunyit
1 sdt lada
1 sdt ketumbar
Secukupnya garam 

Lalu ini ya cara memasak Gulai Ikan Belimbing Wuluh:

Peras santan: campurkan kelapa parut dengan 1 gelas air. Peras. Ulangi 3x lagi.

Masukkan santan pada wadah masak. Campurkan bumbu giling, cabe rawit, daun kunyit, serai, lengkuas. Nyalakan kompor lalu didihkan sembari sering diaduk ya. Gunakan api sedang aja.

Kalau udah sekitar 5 menit mendidih, masukkan ikan dan belimbing wuluh. Masak hingga ikannya matang sembari sesekali diaduk. Gunakan api sedang juga ya.

Matangnya ini kalau kuah santan udah kelihatan agak kental.

Resep gulai ikan masakan padang
Gulai Ikan Belimbing Wuluh
Gulai Ikan Belimbing Wuluh yang saya masak ini menggunakan 10 potong belimbing wuluh yang sedang. Kuah santannya jadi berasa asam gurih segar. Rasa kuahnya nggak pedas, kecuali kalau cabe rawitnya dikunyah ya, haha...

Santannya memang pekat karena kelapa parutnya cuma 3/4 aja, tapi rasanya tetap enak kok. Untuk jaga kesehatan juga ya, hehe...

Makasih banyak ya teman-teman udah mampir dan selamat mencoba...

1 comment:

  1. Nggak jauh beda kayak ikan kuah kuning resepnya, cuma ini pake belimbing wuluh pasti kecut2 rasanya

    ReplyDelete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P