Resep Gulai Ikan Rebung

Gulai masakan Padang

Apa kabar, teman-teman?

Walau memang enggak ada rasanya, tapi kalau buat saya, menyantap rebung itu cukup menyenangkan, hehe... Biasanya, rebung memang selalu kami masak dengan gulai ikan, baik gulai menggunakan cabe merah maupun gulai kuning.

Pada postingan sebelumnya, saya juga pernah menulis olahan rebung yang saya jadikan isian martabak. Untuk resepnya, teman-teman bisa mampir aja ya di :


Dari info yang saya baca di Wikipedia, rebung merupakan bagian tunas yang masih muda yang berada pada akar pohon bambu. Nggak cuma enak untuk dijadikan olahan masakan aja, rebung juga ternyata memiliki kandungan karbohidrat, protein, dan 12 asam amino penting yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Jadi mengkonsumsi rebung juga merupakan salah satu cara untuk menjaga biar tubuh kita nggak gampang kena penyakit.

Kalau memilih rebung, biasanya kami selalu dapat yang bagus di warung ibu sayur. Tampilannya segar, nggak berbau, dan udah langsung tinggal dicuci aja.

Karena memang kurang suka memasak gulai dengan ikan utuh, jadi saya lebih sering menggunakan ikan tongkol potong aja. Teman-teman bisa tukar aja dengan ikan kesukaan teman-teman ya.

Cara membuat Gulai Ikan Rebung, ini dia bahan-bahan yang perlu disiapkan:

250 gram ikan tongkol potong
250 gram rebung
¾ kelapa parut

4 gelas air
2 sdm cabe giling
1 lembar daun kunyit, sobek atau iris tipis

1 ruas ibu jari lengkuas, geprek
1 batang serai, geprek
2 ruas jeruk nipis / 1 buah asam kandis


Bumbu gilingnya:

8 siung bawang merah
3 siung bawang putih
½ ruas ibu jari jahe

½ ruas ibu jari kunyit
1 sdt lada
1 sdt ketumbar
Secukupnya garam

Lalu ini ya cara memasak Gulai Ikan Rebung:

Letakkan kelapa parut pada wadah, lalu tuang 1 gelas air. Peras. Ulangi 3x lagi.

Masukkan santan pada wadah masak, lalu masukkan bumbu giling, cabe giling, daun kunyit, lengkuas, dan serai. Didihkan sembari sering diaduk. Gunakan api sedang. Gulai ikan yang saya buat ini memang bumbunya nggak perlu ditumis dulu.

Kurang lebih 5 menit setelah mendidih, masukkan rebung dan ikan. Masak sembari sesekali diaduk. Gunakan api sedang.

Menjelang matang, masukkan jeruk nipis atau asam kandis. Pilih salah satu aja untuk asamnya. Bisa juga menggunakan 1 sdm cuka.

Matangnya ini kalau kuahnya udah terlihat agak mengental dan rebungnya udah empuk.

Gulai Masakan Padang
Gulai Ikan Rebung
Gulai ikan rebung yang saya buat ini cukup berasa pedasnya, tapi nggak pedas banget kok. Karena nggak menggunakan minyak untuk menumis, jadi gulainya memang lebih fresh.

Makasih banyak ya teman-teman udah mampir. Moga bisa jadi rekomendasi masak teman-teman ya...

2 comments:

  1. rebung itu yg aku suka aromanya sih, ama teksturnya yg kres kress ;D. biasanya kalo ga jd isian kue, rebung juga digulai ama kekuargaku. tp benran hanya rebung thok, jd ga pake dicampur ke ikan mba :). mungkin krn aku ga doyan ikan gulai sih yaaa. makanya mnding gulainya isi rebung aja, jd puas juga makanin :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah bisa buat isian kue juga ya, haha... Kalau gulai rebung doang mantep juga ya...

      Delete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P