Resep Udang Buncis Kuah Tauco

Cara memasak udang dan buncis dengan bumbu tauco tanpa santan.

Masakan olahan udang dan tauco
Udang Buncis Kuah Tauco
Apa kabar, teman-teman?

Selain kecap, tauco juga merupakan salah satu hasil olahan kedelai yang bagi saya cukup enak untuk dijadikan bumbu masakan. Biasanya tauco dimasak untuk gulai atau menggunakan santan. Tapi kali ini, tauconya saya masak kuah aja tanpa santan. Jadi rasanya juga akan lebih segar.

Kalau yang saya baca di Wikipedia, tauco merupakan bumbu masakan dari biji kedelai. Jadi biji kedelai yang udah direbus, lanjut dihaluskan, lalu diaduk dengan tepung terigu. Abis itu, dilakukan proses fermentasinya.

Nah kalau proses fermentasinya ini, biji kedelainya direndam dengan air garam, abis itu dijemur di bawah terik matahari. Prosesnya ini bisa beberapa minggu, sampai nanti keluar aroma tauconya.

Pada pengolahan tradisional, air rendamannya ini bisa diolah untuk bikin kecap. Sedangkan biji kedelainya diolah menjadi tauco. Cara pengolahan tauco ini di beberapa daerah bisa beda-beda juga ternyata. Jadi masing-masing punya keunikan tersendiri, begitupun dengan hasilnya ya...

Tauco biasanya digunakan untuk bumbu masakan, karena rasanya yang khas. Bisa untuk campuran kuah santan maupun kuah bening. Begitu juga dengan menu tumisan ya. Kali ini, lezatnya tauco, saya masak untuk olahan udang yang dicampur dengan irisan buncis.

Saya memang nggak ngasih satu rekomendasi merk tauco, karena saya beli apa yang ada di warung ibu sayur aja. Yang terpenting, saya belinya dalam bentuk kemasan yang ada label halal, plus izin BPOM-nya. Di warung biasanya ada kok kemasan kecil macam untuk sekali masak.

Oh iya, karena di kulkas lagi ada buncis, jadi sekalian aja sih ini saya masukkin.

Cara membuat Udang Buncis Kuah Tauco, ini dia bahan-bahan yang perlu disiapkan:

250 gram udang, bersihkan
1 genggam buncis, iris
+_ 1 sdm tauco

1 batang daun bawang, iris
5 buah cabe merah, iris
1 buah tomat merah, belah empat, iris

Secukupnya minyak goreng
1 sdt gula
½ - 1 gelas air (gelas sedang)


Lalu ini bumbu gilingnya ya:

6 siung bawang merah
2 siung bawang putih
1 sdt lada

1 sdt ketumbar
Secukupnya garam 

Lalu ini ya cara memasak Udang Buncis Kuah Tauco:

Panaskan minyak goreng, lalu tumis bumbu giling barengan dengan tauco, daun bawang, cabe merah, dan tomat. Tumis hingga harum.

Masukkan air, lalu didihkan.

Masukkan udang dan buncis, lalu masak hingga buncisnya empuk. Gunakan api sedang aja ya.

Menjelang matang, masukkan gula.

Resep olahan udang dan tauco
Udang Buncis Kuah Tauco
Karena pakai 1 sdt lada bubuk, jadi rasa ladanya cukup berasa, bercampur dengan aroma tauconya. Rasanya sih nggak pedas, karena menggunakan cabe merah iris aja. Kalau teman-teman mau lebih pedas, pakai irisan cabe rawit merah aja.

Oh iya, terkadang tauco ini ada yang udah asin. Jadi pas lagi giling bumbu, gunakan garamnya sedikit dulu aja ya. Nanti kan bisa dicobain lagi pas pertengahan masak.

Makasih banyak ya teman-teman udah mampir. Moga bisa jadi rekomendasi masakan harian teman-teman ya...

Mampir juga ya di resep masakan tumis saya lainnya...
nita lana faera
nita lana faera

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.

8 comments:

  1. udangya bikin renyah ini masakan. he he. kalo dikasih kerupuk udang kayaknya uga makin lengakap nih.

    ReplyDelete
  2. tauco itu emang cocoknya sama udang
    lebih meresap dibanding kecap
    menurutku sih
    ah enak banget itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pakai kecap masaknya mesti agak lamaan, biar resap :D

      Delete
  3. Aku suka klo ikan bumbu tauco gitu. Klo model gini perlu dicobaaa deh miss ya kayaknya. Cuma aku suka tauco yg pedes, klo nggak brasa pedes gmn gitu hihi

    ReplyDelete
  4. kalo di kampungku , sibolga, tauco biasanya dijadiin temen lontong lebaran. jd selain pake opor, rendang, ada sayur labu juga dan tauco ini.. yg membuat pedes justru tauconya.. karena cabe rawit iris dan merahnya buanyaaak mba.. aku masih inget zaman sekolah, disuruh bantuin masak pas malam lebaran, itu udh ngiris2 cabe dari pagi.. dan bisa sampe berkilo2... ujung2nya, tanganku panaaaaas hahahahaha.Tapi tauconya jd enak.. cuma kalo skr, aku ga prnh masak tauco lg.. selain rempong, ga kepikir juga masak tauco utk dijadiin lauk sendiri :D.. mungkin krn ga biasa aja :D.. tapi enak jg kali yaaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah enak juga dong ya mba, untuk makan pakai ketupat lebaran. Kadang sayur ketupat lebih ke sayur godog aja. Tapi tauco gini mantep juga ya...

      Delete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P