Resep Tulang Iga Saus Barbeque Nanas

Cara memasak Tulang Iga Saus Barbeque Nanas. Resep masakan harian olahan tulang iga dengan saus barbeque dan nanas.

Cara memasak tulang iga saus barbeque nanas
Resep Tulang Iga Saus Barbeque Nanas
Apa kabar, teman-teman?

Kalau pas lagi beli tulang iga, biasanya suka saya masak sup maupun digoreng balado merah. Kali ini, saya pingin berbagi menu memasak tulang iga dengan campuran saus barbeque dan juga nanas ya. Jadi rasanya, selain gurih dari saus barbeque, juga ada rasa asam segarnya dari nanas.


Memasak tulang iga maupun daging sapi padat, yang bikin lama memang merebusnya ya, haha... Karena memang saya merebusnya nggak pakai panci presto. Jadi cukup direbus aja di atas kompor dengan api pelan, biar empuk dan juga bumbu rempahnya meresap.

Untuk saus barbeque-nya saya nggak punya brand khusus sih. Biasanya pakai yang Delmonte aja, yang ukuran 250 gram. Karena saus barbeque ini nggak ada rasa pedasnya, jadi saya tambahin irisan cabe rawit merah aja, biar pas dikunyah berasa deh pedesnya.

Lalu kalau untuk nanasnya sih, kalau memang adanya nanas madu yang berasa lebih manis, nggak pa-pa pakai ini aja. Saya beli nanasnya juga yang udah dijual di tukang buah, dan dipakainya setengah aja. Cukup berasa kok asam segarnya.

Sekarang kita mulai aja ya siapkan bahan-bahannya...

Cara membuat Tulang Iga Saus Barbeque Nanas:

500 gram tulang iga sapi
500 ml air untuk rebusan pertama
500 ml air untuk rebusan kedua

+_ 100 gram nanas (disesuaikan aja ya)
2 sdm margarin
1 bulatan bawang bombay, iris

1 siung bawang putih, iris
250 gram saus barbeque
10 buah cabe rawit merah, iris

1 sdt gula
Sedikit garam


Bumbu giling untuk rebusan tulang iga:

4 siung bawang merah
4 siung bawang putih
1 sdt lada

1 sdt ketumbar
5 butir cengkeh
½ bulatan biji pala
Secukupnya garam


Lalu ini ya cara memasaknya:

Rebus tulang iga dengan 500 ml air. Buang busanya. Gunakan api pelan ya dan rebus sampai airnya tinggal sedikit.

Kalau memang airnya masih terlihat nggak keruh banget, langsung aja tambahin airnya 500 ml lagi. Masukkan bumbu giling dan rebus sampai airnya udah tinggal dikit. Sisa air yang ada bumbunya ini jangan dibuang ya, dimasukkan ke dalam tumisan aja bumbu rempahnya.

Lelehkan 1 sdm margarin pada wajan, lalu masukkan tulang iga. Jadi nggak yang digoreng banget ya. Cuma sekedar digoreng sampai keluar wanginya aja.

Lelehkan sisa 1 sdm margarin, lalu tumis bawang bombay dan bawang putih hingga terlihat layu.

Masukkan nanas, cabe rawit merah, dan sedikit garam. Tumis hingga nanasnya terlihat agak layu.

Masukkan saus barbeque dan gula, lalu aduk hingga merata.

Masukkan iga sapi, lalu aduk hingga merata.

Cara memasak tulang iga saus barbeque nanas
Resep Tulang Iga Saus Barbeque Nanas
Kalau mungkin tulang iganya mau digoreng, ini juga sama enaknya kok. Kalau saya lebih suka yang sekedar digoreng, karena memang jadi lebih wangi margarin sih ketimbang yang cuma direbus aja.

Makasih banyak ya teman-teman udah mampir dan moga bisa jadi rekomendasi masakan teman-teman ya... 

Mampir juga ya di resep masakan goreng saya lainnya...
nita lana faera
nita lana faera

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.

4 comments:

  1. aku sebenere gabegitu suka iga
    tapi ini kok ada dibuat BBQ jadinya ya pingin heheh
    aja ada mbak Nita resepnya

    ReplyDelete
  2. Wah thank you resepnya, aku bisa ngebanyangin enaknya soalnya aku pecinta iga & nanas hihi, kapan2 aku coba deh

    ReplyDelete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P