Siang di Masjid Jameek Sultan Abdul Samad – Traveling Kuala Lumpur 2019 Day 3C

Masjid Jameek Sultan Abdul Samad– rekomendasi wisata Masjid di Kuala Lumpur 2019.

Traveling Kuala Lumpur 2019
Masjid Jameek Sultan Abdul Samad Kuala Lumpur 2019

Apa kabar, teman-teman?

Ini urutan ceritanya ya...


KTM yang membawa kami dari Batu Caves Station akhirnya nyampe juga di KL Sentral Station. Pas tapping token keluar, ini agak drama juga, haha... Antrian rame, tapi token pas dimasukkin ke celengan, eh keluar lagi. Haiyahhh... pindah antrian lah yang pada antri di pintu error ini.

Lanjut kami berjalan ke LRT station. Di sini kami klik jalur merah yang menuju Gombak, dan turun di Masjid Jameek. Cuma melewati 2 station yang harga tiketnya kayaknya RM 2,1 deh.

Kami mengikuti panah pintu keluar yang menuju Masjid Jameek. Dari sini tinggal nyeberang aja, udah deh nyampe di Masjid Jameek. Siang itu Masjid Jameek lumayan banyak juga yang berkunjung.
Karena Masjid Jameek juga merupakan salah satu masjid wisata di Kuala Lumpur, jadi banyak juga turis-turis non muslim yang mengunjungi masjid ini.

Traveling Kuala Lumpur 2019
Masjid Jameek Sultan Abdul Samad - Kuala Lumpur 2019
Memasuki area masjid, di pojok kirinya ini ada deretan semacam mukena langsungan atau mirip juga dengan mantel langsungan yang panjang. Bagi pengunjung perempuan yang nggak berhijab, diminta untuk menggunakan pakaian ini dulu.

Begitupun untuk laki-laki yang menggunakan celana pendek. Di sini juga disediakan sarung langsungan. Jadi tinggal dipake aja.

Petugas masjid dan para tour guides Masjid Jameek ini ramah-ramah. Ketika ada pengunjung yang nyelonong dengan pakaian yang belum sesuai, mereka negurnya ramah banget untuk meminta memakai "pakaian" khusus dulu.

Traveling Kuala Lumpur 2019
Di bawahnya ruang wudhu dan "tandas" - Masjid Jameek Sultan Abdul Samad Kuala Lumpur 2019
Kami lepas sepatu dan berganti dengan sendal jepit. Ruang wudhu perempuannya ada beberapa "tandas", wastafel, dan keran wudhu. Wah airnya adem banget untuk cuci muka dan sikat gigi.

Traveling Kuala Lumpur 2019
Area luar Masjid Jameek Sultan Abdul Samad - Kuala Lumpur 2019
Selesai wudhu, kami masuk ke area masjid dan terus berjalan ke ruang sholat untuk perempuan. Kami melintas di ruang masjid yang terbuka. Ada juga beberapa laki-laki yang sholat di sisi depan area terbuka ini. Selesai sholat bisa langsung selonjoran ngadem deh.

Traveling Kuala Lumpur 2019
Masjid Jameek Sultan Abdul Samad - Kuala Lumpur 2019
Ruang sholat untuk perempuan ada di ujung kiri. Di sini ada beberapa mukena yang pastinya bersih-bersih. Sholat Dzuhur dimulai sekitar jam 13.30. Di area luarnya yang terbuka, ada beberapa perempuan yang juga pada beristirahat.

Selesai sholat, saya dan Puput masuk ke area tengah. Di sinilah ada beberapa Pak Cik tour guides masjid yang ngasih informasi tentang Masjid Jameek ini, dan juga tentang perkembangan Islam di Malaysia.

Kalau yang saya baca di Wikipedia – karena saya nggak ikut nyimak Pak Cik tour guides-nya jelasin, haha... Masjid Jameek ini merupakan masjid tertua di Kuala Lumpur. Waa masya Allah ya.  Masjid Jameek ini didirikan oleh para pedagang Islam yang berasal dari India.

Traveling Kuala Lumpur 2019
Masjid Jameek Sultan Abdul Samad - Kuala Lumpur 2019
Masjid Jameek ini pula yang merupakan salah satu tanda bahwa Kuala Lumpur merupakan kota kebudayaan Islam.

Di area tengah ini, pengunjung non muslim jadi bisa sekalian ngelihat suasana masjid. Trus di sini juga terpajang Al-Qur’an dalam beberapa bahasa.

Traveling Kuala Lumpur 2019
Al-Qur'an dalam beberapa bahasa - Masjid Jameek Sultan Abdul Samad Kuala Lumpur 2019
Pas lagi jalan-jalan di area tengah ini, eh saya papasan dengan perempuan bule yang datang dengan baju lengan panjang, celana panjang, dan juga pashmina yang terpasang di kepala. Makanya dia nggak disuruh pake pakaian khusus. Waaa... udah nyari info atau sebelumnya mungkin udah pernah ke Masjid Jameek ya.

Traveling Kuala Lumpur 2019
Masjid Jameek Sultan Abdul Samad - Kuala Lumpur 2019

Traveling Kuala Lumpur 2019
Masjid Jameek Sultan Abdul Samad - Kuala Lumpur 2019
Masjid Jameek ini juga terkenal dengan dekorasi payung-payung cantiknya. Ada 2 air mancur yang cakep dan bikin adem. Di sisi samping dan di belakang lebih cantik lagi air mancurnya.

Traveling Kuala Lumpur 2019
Air mancur di samping Masjid Jameek Sultan Abdul Samad - Kuala Lumpur 2019

Traveling Kuala Lumpur 2019
Air mancur di belakang Masjid Jameek Sultan Abdul Samad - Kuala Lumpur 2019
Masjid Jameek yang bangunannya cakep banget ini merupakan hasil desain Arthur Benison Hubback, yang diresmikan oleh Sultan Selangor pada tahun 1909.

Traveling Kuala Lumpur 2019
Masjid Jameek Sultan Abdul Samad - Kuala Lumpur 2019
Di dekat Masjid Jameek ini juga ada Masjid India, tapi karena kami mau ke Dataran Merdeka, jadinya nggak sempat main ke sana. Masjid India ini ada di sisi kanan LRT Masjid Jameek Station.

Sampai jumpa di cerita kami selanjutnya ya, kelayapan kami ke arah depan yaitu ke Dataran Merdeka dan Pasar Seni.

Ini sedikit rekaman kami di Masjid Jameek ya...


Makasih banyak ya teman-teman udah mampir. Moga bisa jadi rekomendasi bagi teman-teman yang pingin sholat sekaligus wisata masjid di Kuala Lumpur. 


Masjid Jameek Sultan Abdul Samad 

Jl. Tun Perak. City Centre. Kuala Lumpur
nita lana faera
nita lana faera

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.

4 comments:

  1. bolak balik malaysia, jujur aja aku blm prmh ke mesjid ini hahahaha. tau siih tempatnta, tp ga prnh khusus dtg kesana :D. bagus yaaa trnyataaaa :D

    ReplyDelete
  2. Ih, masjid jamek ada tiang payung juga ya? Kemrin waktu kesana lagi banyak renovasi. Mesjidnya luaas dan adem. Deket ama tempat belanja oleh2 pula disana.

    Baru tau kalau itu masjid tertua. Yg bangun ternyata org bule ya, ade pikir raja2 malaysia dulu.

    ReplyDelete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P