Resep Dendeng Terong Balado Hijau

Cara memasak Dendeng Terong Balado Hijau – olahan daging sapi dan terong hijau, dengan adukan sambal hijau.

Cara memasak dendeng balado hijau
Dendeng Terong Balado Hijau
Apa kabar, teman-teman?

Selain rendang, kuliner Minang olahan daging sapi yang nggak kalah maknyusnya itu ya dendeng balado. Karena bikin rendang itu lumayan lama, haha... jadinya di rumah itu lebih sering masak dendeng balado aja.


Dendeng balado memang identik dengan sambal balado merah. Tapi menggunakan adukan sambal balado hijau juga nggak kalah enaknya. Dari segi rasa sih, sambal balado merah yang lebih pedas ketimbang balado hijau.

Saya sendiri bukan orang yang paham amat dalam dunia perdaging-sapian, haha... Tapi pastinya kalau untuk memasak dendeng balado ini, pilihlah daging sapi yang padat, bukan yang banyak tetelannya. Daging sapi yang merah segar ini diiris pipih dengan pisau yang tajam, biar bisa mengiris sampe tipis.

Biasanya, dendeng balado suka dicampur dengan potongan kentang yang juga digoreng. Kali ini dendeng balado yang saya masak, dicampurkan dengan goreng terong hijau.

Kalau teman-teman mau masak Dendeng Kentang Balado Merah, bisa mampir di resep yang ini ya:


Ini dia bahan-bahan yang mesti disiapkan untuk memasak Dendeng Terong Balado Hijau:

250 gram daging sapi, iris pipih
500 ml air
3 – 5 terong hijau, belah 4

Sedikit kayu manis
Secukupnya minyak goreng

Bumbu giling untuk sambal balado hijau:

20 buah cabe hijau
5 siung bawang merah
1 ruas jeruk nipis
Secukupnya garam

Lalu ini ya bumbu giling untuk merebus daging sapi:

4 siung bawang merah
4 siung bawang putih
1 sdt lada

1 sdt ketumbar
½ ruas ibu jari jahe
½ bulatan biji pala

5 butir cengkeh
Secukupnya garam

Cara membuat Dendeng Terong Balado Hijau, ini dia proses memasaknya:

Rebus daging sapi dengan 300 ml air. Gunakan api pelan dan rebus sampe air tinggal sedikit. Buang busanya.

Kalau airnya masih bagus, lanjut tambahkan 200 ml air sisanya. Masukkan bumbu giling dan kayu manis, lalu rebus daging sapi sampe airnya tinggal sedikit juga. Gunakan api pelan juga ya.

Panaskan minyak goreng, lalu goreng daging sapi dengan api pelan.

Lanjut goreng terong hijau hingga kuning keemasan, dengan api sedang.

Panaskan minyak baru, lalu tumis gilingan sambal hijau hingga matang, atau wanginya udah menguar.

Masukkan dendeng dan terong hijau, lalu aduk hingga merata.

Cara memasak dendeng balado hijau
Dendeng Terong Balado Hijau
Karena udah direbus, jadi menggoreng daging sapi ini walaupun cuma sebentar ya tetap empuk. Atau mungkin dibikin Dendeng Lambok (lembab), yaitu dendeng yang digorengnya nggak sampe kering banget.

Sedangkan Dendeng Masiak (kering), ini dendeng yang digorengnya sampe kering dan garing. Memasak dendeng sampe kering dan garing gini yang penting apinya pelan, jadi nggak bikin hangus. Kalau yang saya masak ini sih sampe kering dan garing.

Makasih banyak ya teman-teman udah mampir. Moga bisa jadi rekomendasi masakan harian teman-teman ya, terutama yang penyuka masakan Padang.

nita lana faera
nita lana faera

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.

1 comment:

  1. Aku tuh ya kalau makan daging rendang atau dimasak apa aja, pasti dipilih yang ga ada lemaknya. Rasanya gimanaaa gitu teksturnya aneh. Nah misal daging dimasak pake terong trus sambal ijo begini, tahap2nya sendiri2 ya. Dagingnya direbus sampai bumbu meresap, pake kayu manis juga ya ternyata hhhmmm....

    ReplyDelete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P