Resep Gabus Pucung

Cara memasak Gabus Pucung – masakan tradisional Betawi dari olahan ikan gabus dan juga pucung alias kluwek.

Gabus Pucung Masakan Betawi
Gabus Pucung
Apa kabar, teman-teman?

Dulu di dekat rumah saya ada kedai makanan Betawi, yang salah satu menu jualannya adalah Gabus Pucung. Ikan berkuah yang rasanya gurih agak pedas dan manis, bikin saya suka banget menyantap Gabus Pucung ini. Sayangnya makin ke sini, agak susah juga buat saya untuk beli matengan Gabus Pucung ini.
Ketika pingin makan suatu masakan tapi belinya susah, artinya saya harus masak sendiri, haha... Begitupun dengan Gabus Pucung ini. Ketika di warung sayur lagi ada ikan gabus, plus pucung alias kluwek, jadilah saya masak Gabus Pucung ini aja.

Dulu pikir saya, warna hitam dari kuah Gabus Pucung ini merupakan dari kecap. Ternyata pucung alias kluweklah yang menjadikan warna hitam pada kuah Gabus Pucung. Digabungkan dengan bumbu rempah lainnya, menjadikan kuah Gabus Pucung jadi berasa gurih dan manis. Kalau mau pedas, tinggal diatur aja penggunakan cabenya.

Selain enak, ternyata menyantap ikan gabus juga baik untuk kesehatan. Ikan gabus yang kaya akan albumin, merupakan salah satu protein penting yang baik untuk tubuh, terutama untuk penyembuhan luka. Makanya biasanya perempuan yang abis operasi Caesar, disarankan untuk menyantap ikan gabus. Nggak perlu takut bikin gatal, karena ikan gabus ini merupakan ikan air tawar.

Untuk memasak Gabus Pucung ini, saya melihat resepnya di web Sajian Sedap. Tapi ada sedikit yang saya tambahkan dan kurangi ya, untuk meyesuaikan selera aja.

Cara membuat Gabus Pucung, ini dia bahan-bahan yang perlu disiapkan:

3 ekor ikan gabus, bersihkan. Kalau saya ikannya ini dipotong 3
1 ruas ibu jari lengkuas
2 lembar daun salam, sobek

5 lembar daun jeruk, sobek
2 batang serai, geprek
1 buah tomat, belah empat, potong-potong

2 batang daun bawang, iris
5 buah cabe rawit
700 ml air

2 sdm gula
Secukupnya minyak goreng


Bumbu giling untuk adukan ikan:

2 siung bawang putih
½ sdt ketumbar
2 ruas jeruk nipis
Sedikit garam


Bumbu giling untuk kuah:

8 siung bawang merah
2 siung bawang putih
5 buah cabe merah

4 siung kemiri, gongseng
½ ruas ibu jari kunyit, gongseng
4 buah kluwek

½ sdt lada
Secukupnya garam 

Lalu ini ya cara memasak Gabus Pucung:

Aduk ikan dengan bumbu giling. Panaskan minyak goreng, lalu goreng ikan gabus dengan api pelan hingga kuning keemasan.

Rendam kluwek dengan air panas. Kalau saya sih dimasukkan ke panci trus didihkan, biar lebih cepet. Abis itu tiriskan, letakkan di ulekan lalu getok cangkangnya.

Giling kluwek bersama bumbu giling untuk kuah lainnya.

Panaskan minyak goreng yang baru, lalu masukkan bumbu giling, lengkuas, daun salam, daun jeruk, serai, tomat, daun bawang, dan cabe rawit. Tumis hingga harum.

Masukkan air dan didihkan.

Kalau kuahnya udah wangi, masukkan ikan dan gula. Masak sekitar 5 – 10 menit.

Gabus Pucung Masakan Betawi
Gabus Pucung
Kalau kuahnya mau yang lebih gurih, airnya bisa menggunakan air kaldu, atau masukkan kaldu block aja. Kalau saya bikinnya memang tanpa kaldu dan tetap berasa bumbu rempahnya.

Makasih banyak ya teman-teman udah mampir dan moga bisa jadi masakan harian teman-teman ya...  

Mampir juga ya di resep masakan goreng saya lainnya...

6 comments:

  1. Legendaris banget neh masakan, betawi punya gaye. Pernh makan sekali di warung betawi deket kantor, belom bisa masak sendiri Miss krn kl buat olahan ikan tuh suka takut amis. Entar kapan2 beranikan diri buat bikin deh

    ReplyDelete
  2. pertamakali nyobain gabus pucung di daerah bekasi sana mbaaa,sampe lupa aku namanya. jauh bgt pokoknya,:p.

    dan aku sukaaa rasanya. memang gurih , sepintas kayak semur, tapi beda siiih. cm aku agak kesusahan nyisirin dagingnya dr tulang wkwkwkwk...

    ReplyDelete
  3. Dekat rumahku (kira-kira 150 m) ada warung nasi H. Nasoen yang terkenal masakan Betawi-nya. Nah, orang2 pada suka sama menu gabus pucung ini. Aku sih belum pernah coba. Baru ngeh kalau ternyata khasiat si ikan gabus tuh bagus untuk menyembuhkan luka. Jadi warna hitamnya berasal dari kluwak ya hhhmm.... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya macam orang baru caesar, ini bagus makan ikan gabus :D

      Delete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P