Resep Gulai Telur Tahu

Cara memasak gulai telur yang dicampur dengan tahu goreng. Resep olahan telur dan tahu goreng yang bisa jadi rekomendasi masakan harian.

Resep gulai telur masakan Padang
Gulai Telur Tahu
Apa kabar, teman-teman?

Dibanding bahan masakan lainnya, telur merupakan salah satu bahan masakan yang cukup gampang didapat. Bahkan bisa dibeli di warung, kalau lagi nggak ke tukang sayur. Begitupun dengan santannya. Pas lagi nggak ada kelapa parut, kadang saya gunakan santan instant yang dijual di warung aja. Yang penting, cabe bawang dan bumbu rempah lainnya udah tersedia di dalam kulkas.


Kali ini gulai telurnya saya masak dengan campuran tahu putih ukuran sedang. Saya memang lebih senang tahu putihnya ini digoreng hingga berkulit terlebih dahulu, jadi ketika dimasukkan ke dalam kuah gulai pun nggak gampang hancur. Lalu karena di kulkas lagi ada seikat kacang panjang, jadi saya gabungin aja sekalian.

Gulai yang saya buat ini memang menggunakan kelapa parut dengan santan yang nggak pekat. Kalau teman-teman mau gunakan santan instant macam Kara gitu, bisa pakai 1 sachet.

Yuk sekarang kita siapkan bahan-bahannya:

Cara membuat Gulai Telur Tahu, ini dia bahan-bahan yang perlu disiapkan:

6 butir telur, rebus hingga matang (+_ 15 menit)
¾ - 1 kelapa parut
3 gelas air

1 – 2 sdm cabe giling / 15 – 20 cabe merah yang dihaluskan
1 ruas ibu jari lengkuas, geprek
5 lembar daun jeruk, sobek

1 lembar daun kunyit, sobek atau iris tipis
2 batang serai, geprek
2 ruas jeruk nipis / 1 asam kandis
Secukupnya minyak goreng


Bumbu gilingnya:

5 siung bawang merah
2 siung bawang putih
1 sdt lada

1 sdt ketumbar
½ ruas ibu jari jahe
½ ruas ibu jari kunyit
Secukupnya garam 

Lalu ini ya cara memasak Gulai Telur Tahu:

Peras santan dengan 1 gelas air, saring. Ulangi 2x lagi. Total santan ada 3 gelas ya.

Panaskan minyak goreng, lalu tumis bumbu giling, cabe giling, lengkuas, daun jeruk, daun kunyit, dan serai hingga harum. Gunakan api sedang.

Masukkan santan, didihkan sembari diaduk. Gunakan api sedang.

Masukkan telur dan tahu. Masak hingga santannya terlihat agak kental, atau wangi gulainya udah menguar.

Menjelang matang masukkan jeruk nipis atau asam kandis. Bisa juga dengan 2 sdm cuka.

Resep gulai telur masakan Padang
Gulai Telur Tahu
Karena pakai cabe merah, jadi warna gulainya oranye kemerahan gini. Kalau mau gulai kuning, pakai cabe rawit ijo digiling kasar aja. Gulai Telur Tahu yang saya buat ini pedasnya berasa, tapi nggak pedas banget sih.

Makasih banyak teman-teman udah mampir dan moga bisa jadi rekomendasi masakan harian teman-teman ya...

Mampir juga ya di resep masakan gulai saya lainnya...
nita lana faera
nita lana faera

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.

9 comments:

  1. Waaah, gampang ternyata bikinnya. Bumbunya juga simple.

    Btw kalau pake 1 sachet santan instan, airnya tetep 3 gelas, mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama sih mba, karena saya memang kurang suka dengan santan yang kelewat pekat :D

      Delete
  2. naaah kalo mba artku udh bikin gulai telur, aku slalu wanti2 mba, harus pedeeees hahahaa.. rasa bukan gulai kalo ga pedes :D. trus kalo udh masak gulai telur ini, temennya sambel terasi dan sawi rebus :D.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lidah Sumatera emang kudu ketemu yang pedes2 dah, haha...

      Delete
  3. Nah, ini dia masakan paling sering aku bikin kalau bahan utamanya tahu dan telur. Emang gampang sih ya belanja telur ga mesti di pasar. Warung kelontong tetanggaku aja jual hihihi. Kuahnya yang enak nih pake nasi panas nikmat bener. Biar wangi aku biasanya tambahin kemangi sih sama tomatnya diiris tipis jadi segar. Rawit orensnya juga wajib hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalo Mba Nurul suka ditambahin kemangi juga ya :D

      Delete
  4. telur emang cucmey buat gulai ya chef :D
    aku kemaren bikin gulai cumi diisin telur. eh cuminya cpt ludes pas buka puasa. buat sahur aku tambahin aja telur kan sayang kuahnya masih banyak hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iya kalau ada gulai sisa, langsung aja dah masukkin telur ketimbang kuah terbuang ya, Chef :D

      Delete
  5. Hmmmm ..., kebayang segernya asam kandis buat kuahnya ..
    Kalau begini makan tambah lahap jadinya :)

    ReplyDelete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P