Resep Asam Padeh Ikan

Cara memasak asam padeh ikan – kuliner minang atau masakan padang dari olahan ikan, yang dimasak dengan cabe merah dan rempah lainnya. Rekomendasi masakan tanpa menggunakan minyak dan santan.
 

Asam padeh
Asam padeh ikan

Apa kabar, teman-teman?


Walau mungkin pamornya nggak sekencang rendang atau gulai ayam, hehe... Tapi asam padeh, terutama asam padeh ikan, juga banyak peminatnya. Mulai dari yang penyuka olahan ikan, maupun yang lagi mengurangi minyak dan santan.


Sesuai namanya – asam padeh – berasal dari kata “asam” dan “padeh” alias pedas. Tentunya ini merupakan kuliner yang rasanya perpaduan dari asam dan pedas. Asam padeh umumnya dari olahan ikan.


Kalau di nasi padang, biasanya asam padeh ikan yang dijual itu adalah ikan tongkol potong. Karena memang ikan tongkol ini lebih keker ya, jadi kalau dipanaskan pun nggak gampang hancur.


Selain ikan, potongan iga dan daging sapi juga nggak kalah lezatnya untuk dimasak asam padeh. Saya inget banget, dulu punya teman yang tiap Idul Adha dan ada pembagian daging sapi qurban, ibunya selalu masak asam padeh daging sapi. Saya udah hapalin, kalau tiap lebaran haji, sore atau besoknya saya main ke rumah dia, biar ditawarin makan, hahahah... Tetangga yang masih terbilang sodara kok, haha...


Sewaktu di Jakarta, sempat saya jualan asam padeh iga dan asam padeh daging sapi ini. Uwww... jadi kangen jualan deh, haha...


Terkadang ada yang nanya, asam padeh itu asam pedas ya, Nit? Hemm... ya kalau diartikan ke Bahasa Indonesia ya begitu, hehe...


Cuma kalau asam pedas biasanya identik dengan kuliner Melayu ya. Mirip sih, kalau asam pedas itu ikan berkuah juga, tapi kayaknya pake kunyit. Jadi warnanya agak-agak kuning kan ya. Udah gitu kuahnya juga nggak kental macam asam padeh.


Kalau asam padeh memang kuahnya merah merona dan kental. Makin kental kuahnya, ini rasanya pun juga makin enak. Apalagi kalau pedas dan rasa asamnya juga pas.


Untuk asamnya ini, yang umumnya digunakan adalah asam kandis dengan jumlah yang cukup banyak, kisaran 10 buah. Kalau asam kandis yang saya gunakan di Jakarta dulu, untuk ikan atau daging ½ kilo, saya pake asam kandis itu 50 gram. Bener-bener ditimbang, karena asam kandisnya itu kurang berasa asamnya. Jadi nanti teman-teman sesuaikan aja ya untuk rasa asamnya.


Selain asam kandis, ada juga yang menggunakan belimbing wuluh. Biasanya sih untuk masakan rumahan ya. Enaknya kalau belimbing wuluh ini bisa dimakan sekalian. Saya kalau pake belimbing wuluh ini dikira-kira aja sih, kalau yang besar kisaran 10 buah aja. Dibelah dua atau empat.


Asam padeh nggak menggunakan tomat ya untuk asamnya. Banyak yang ngira juga kalau asam padeh itu asamnya menggunakan tomat, hehe... Karena warna kuahnya yang merah ya.

 


Tips Memasak Asam Padeh Biar Kuahnya Merah dan Kental

 

Gunakan Cabe Giling yang Banyak


Asam Padeh yang paling enak itu kalau kuahnya makin mengental. Biar ketika kuahnya makin sedikit dan bumbu merahnya tetap menumpuk, ini gunakan cabe giling yang cukup banyak. Wow pedes dong, Nit. Iyalah, namanya juga asam padeh, haha...


Sewaktu masak di Jakarta, saya menggunakan cabe giling campur cabe rawit merah yang diblender halus. Karena cabe merah di Jakarta kagak pedes, pemirsahh... Kalau di kampung ini, orang masak pake cabe merah giling aja.

 


Angkat Asam Kandis Setelah Matang


Setelah matang, keluarkan asam kandis. Karena selain bikin tambah asam, kandis ini juga bisa bikin ada rasa pahit-pahit.

 


Gunakan Sedikit Jahe


Karena nggak pake santan, jadi jahenya juga jangan banyak-banyak. Bisa bikin masakan jadi pahit-pahit juga.

 


Gunakan Daun Kunyit Segar


Selain menghasilkan rasa asam dan pedas, asam padeh juga ada wangi-wangi daun kunyitnya. Jadi masukkan daun kunyit agak banyak ya, sekitar 2 lembar yang besar aja. Gunakan yang warnanya ijo segar ya. Tapi kalau misalnya udah yang kuning-kuning, masukkin 3 atau 4 lembar aja nggak apa-apa.


Waktu jualan dulu, nyari daun kunyit yang ijo seger juga rada susah. Dapetnya yang udah kuning terus.

 


Gunakan Daun Ruku-Ruku


Selain daun kunyit, asam padeh ikan maupun gulai ikan juga menggunakan daun ruku-ruku. Tapi ini jarang ada. Di Jakarta pun biasanya di rumah orang Minang aja yang tanam, haha... Jadi kalau nggak ada ya nggak apa-apa, pake daun kunyit aja.

 


Oke, ini kurang lebih tips memasak asam padeh biar warnanya merah merona, kuahnya mengental, dan rasanya pun pas. Oh ya, di fotonya saya menggunakan foto asam padeh kepala ikan. Ini waktu itu ada acara Makan Bajamba, jadi asam padehnya memang dipotong 2 gitu aja.


Kalau yang biasa saya masak, menggunakan ikan tongkol potong. Nanti teman-teman sesuaikan aja ya dengan ikan favorit teman-teman. Karena saya kalau ikan yang lain kurang doyan, haha... Eh iya, pake tuna ini juga enak lohhh... Kadang suka bikin juga pake tuna.


Asam padeh ini bumbunya memang simple. Biar enak, makanya bawangnya itu memang agak banyak ya. Yuk sekarang kita siapkan bahan-bahannya...

 

Asam padeh
Cara memasak asam padeh ikan


Cara membuat Asam Padeh Ikan, ini dia yang perlu disiapkan:

500 gram ikan tongkol potong

500 ml air

200 gram cabe giling

2 lembar daun kunyit, sobek


 

Sedikit daun ruku-ruku (kalau ada)

10 buah asam kandis 

1 sdt garam

½ sdt penyedap

 


Bumbu gilingnya:


100 gram bawang merah

35 gram bawang putih

½ ruas ibu jari jahe

50 gram cabe rawit merah

 


Note:


Karena cabe merah di Jakarta kurang pedas, makanya saya campur dengan cabe rawit merah ya.


Biasanya kalau di Jakarta, saya gunakan asam kandis itu sampe 50 gram, karena rasa asamnya agak kurang.


Kalau daun kunyitnya udah kuning, gunakan 3 atau 4 lembar aja ya.


Kalau asam kandisnya mau ditukar belimbing wuluh juga enak. Biasanya saya gunakan 10 buah yang besar-besar ya, dibelah dua atau empat.

 


Lalu ini ya cara memasak asam padeh ikan:


Cuci ikan hingga bersih, lalu tiriskan.


Campurkan potongan ikan, bumbu giling, air, cabe giling, daun kunyit, daun ruku-ruku, asam kandis, garam, dan penyedap ke dalam kuali / panci.


Masak hingga kurang lebih 30 menit, hingga ikannya matang dan kuahnya pun mengental. Gunakan api sedang aja.


Kalau misalnya kuahnya masih banyak, diangkat aja dulu ikannya, lalu agak kentalkan kuahnya.


Misalnya mau di-frozen, kuahnya agak-agak banyak aja nggak apa-apa, karena nanti kan mau dipanaskan lagi.


Cobain dulu ya rasa garamnya.


Angkat asam kandis kalau udah matang, biar masakannya nggak tambah asam atau jadi berasa agak-agak pahit.


Asam padeh ikan
Cara memasak asam padeh

 

Kalau cabenya segini, pedasnya berasa, tapi nggak pedas amat sih. Biasanya ikan tongkol setengah kilo ini jadi 8 potong deh, dengan potongan warung nasi ya.


Oke, ini dia resep asam padeh ikan yang saya buat. Moga bisa jadi rekomendasi masakan harian teman-teman ya, terutama yang penyuka masakan padang atau menu olahan ikan. Makasih banyak ya udah mampir... 

4 comments:

  1. Kangen banget sama masakan asam padeh ikan, waktu tinggal di Riau sering makan ini di Warung hahaha.. Aku simpan ah resepnya

    ReplyDelete
  2. Coba kuingat2 apa pernah ya makan asam ikan padeh diwa rung nasi padang? Hhhmm... ada sih ikan tongkol api ga tau kalau mungkin namanya ini hehehe tau makannya doang wkwkwkwkwk :) Lebih enak pakai asam dari belimbing wuluh kali ya, berasa deh tuh nikmat :D Oooh pakai tomat juga ya. Enak makan ini nasinya panas2.

    ReplyDelete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P