Resep Asam Padeh Ikan

Cara memasak Asam Padeh Ikan – resep masakan Padang dari olahan ikan.

Resep masakan Padang
Asam Padeh Ikan
Apa kabar, teman-teman?

Walau mungkin pamornya nggak setinggi rendang atau gulai ayam, hehe... tapi Asam Padeh juga merupakan kuliner Minang yang nggak kalah lezatnya. Asam Padeh biasanya dijadikan variasi masakan, kalau pas lagi bosan dengan menu masakan Padang yang serba santan maupun goreng balado.

Kuahnya yang cuma dari air, bikin Asam Padeh jadi terasa lebih segar. Kalau untuk kadar pedasnya sih tinggal disesuaikan aja. Penggunaan irisan tomat selain rasa asam dari asam kandis atau jeruk nipis, bikin kuah Asam Padeh jadi makin maknyuss, nggak cuma berasa pedasnya aja.

Asam Padeh memang identik dengan ikan. Kalau di warung nasi Padang, biasanya Asam Padeh menggunakan ikan tongkol. Saya pun lebih sering masak Asam Padeh ini pake ikan tongkol, kadang pake ikan tuna juga. Kalau teman-teman sih bisa disesuaikan aja ya dengan ikan favorit teman-teman, karena terkadang ada kan yang suka alergi ikan tertentu.

Kalau pas lagi ada belimbing wuluh, ini juga bisa dimasukkan. Jadi rasa asamnya dari belimbing wuluh aja, sekalian bisa dimakan juga. Tapi mau ditambahkan asam kandis lagi juga nggak apa-apa. Dicampurkan dengan potongan tempe juga nggak kalah enaknya.

Selain menggunakan ikan, Asam Padeh juga enak menggunakan olahan daging sapi. Sebelumnya saya pernah nulis ya resepnya. Karena daging sapi ini lebih keras dan amis, tentu untuk bumbunya ada yang ditambahkan.

Mampir juga ya ke Resep Asam Padeh Daging Sapi


Cara membuat Asam Padeh Ikan, ini dia bahan-bahan yang perlu disiapkan:

250 gram ikan tongkol
500 ml air
1 buah tomat merah, belah empat, iris

1 lembar daun kunyit, sobek atau iris tipis
2 sdm cabe giling atau +_ 20 buah cabe merah yang dihaluskan
1 buah asam kandis atau 2 ruas jeruk nipis
1 ruas ibu jari lengkuas, geprek


Bumbu gilingnya:

5 siung bawang merah
2 siung bawang putih
½ ruas ibu jari jahe
Secukupnya garam

Lalu ini ya cara memasak Asam Padeh Ikan:

Masukkan air, irisan tomat, daun kunyit, cabe giling, dan bumbu giling pada panci masak. Didihkan dengan api sedang.

Masukkan ikan, lalu masak hingga kuah mengental. Gunakan api sedang.

Resep masakan Padang
Asam Padeh Ikan
Kalau menggunakan ikan ini sih lebih cepat matangnya, jadi pake api sedang sih nggak apa-apa. Asam Padeh Ikan yang saya buat ini pedasnya berasa, jadi nggak pedas banget sih.

Makasih banyak ya teman-teman udah mampir. Moga bisa jadi rekomendasi masakan harian teman-teman ya...

Mampir juga ya di resep olahan ikan saya lainnya...

4 comments:

  1. Kangen banget sama masakan asam padeh ikan, waktu tinggal di Riau sering makan ini di Warung hahaha.. Aku simpan ah resepnya

    ReplyDelete
  2. Coba kuingat2 apa pernah ya makan asam ikan padeh diwa rung nasi padang? Hhhmm... ada sih ikan tongkol api ga tau kalau mungkin namanya ini hehehe tau makannya doang wkwkwkwkwk :) Lebih enak pakai asam dari belimbing wuluh kali ya, berasa deh tuh nikmat :D Oooh pakai tomat juga ya. Enak makan ini nasinya panas2.

    ReplyDelete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P