Kulineran Bebek Goreng Penyet dan Batagor di Es Teler 77 Gramedia Matraman

Rekomendasi kuliner di Gramedia Matraman, yang menyajikan aneka mie ayam dan menu khas nusantara.


Kuliner Jakarta Timur
Es Teler 77 Gramedia Matraman
Apa kabar, teman-teman?

Dulu, kalau tiap kali ke Gramedia Matraman, sepulang dari beli buku pasti mampir dulu ke Es Teler 77. Karena memang lokasinya cukup turun tangga, jadi daripada jauh-jauh dan udah pegel juga lihat-lihat buku, mending ke Es Teler 77 aja.


Sebenernya bukan cuma karena Es Teler 77 ini ada di basement Gramedia Matraman ya, tapi memang menu di Es Teler 77 itu makin ke sini makin bervariasi, nggak cuma menyajikan mie ayam aja.

Pas kemarin itu, karena sekalian mau beli buku latihan soal murid les privat, jadilah saya ngajak tante dan adek sepupu juga, sekalian wisata buku plus kulineran di Es Teler 77. Lama nggak ke Es Teler 77 di Gramedia Matraman ini, saya pun ngelihat di board kalau ada paket nasi bebeknya. Wew, biasa pesen yang nasi ayam, jadi pingin nyobain yang paket nasi bebeknya juga.

Akhirnya saya pun pesan paket Nasi Bebek Penyet, lalu Shivka beli paket Mie Ayam Pedas, dan mamanya pun dibujuk untuk beli Mie Ayam Pangsit Goreng, karena dia ngincer pangsit gorengnya, haha... Untuk yang Mie Ayam Pangsit Goreng ternyata nggak paket, jadi kami beli minum Es Jeruk Nipis aja. Saya pingin nyobain Es Jeruk Nipis ini.

Ini dia makanan yang kami pesan:

Bebek Goreng Penyet

Bebek Goreng Penyet
Bebek Goreng Penyet di Es Teler 77
Potongan bebeknya ini cukup besar juga, dan digoreng empuk dengan bumbu lengkuas yang berasa. Lalu di atasnya ditarok sambel terasi yang cukup pedas. Jadi segini aja sambelnya buat saya cukup sih. Saya suka sambel terasi khas Es Teler 77 ini, karena terasinya berasa banget.

Lalu nasinya juga cukup banyak dan di atasnya ditaburin keremesan. Dilengkapi juga dengan lalapan selada, timun, dan tomat. Untuk minumnya ada Lemon Tea.

Paket Bebek Goreng Penyet ini harganya 40.909 belum termasuk pajak ya.

Mie Ayam Pedas

Mie Ayam Pedas
Mie Ayam Pedas di Es Teler 77 Gramedia Matraman
Ini pesanannya Shivka yang emang suka banget makan pedas. Walau mie ayam pedas, tapi sambalnya nggak langsung diaduk kok dengan mie ayamnya. Mie ayam yang porsinya cukup banyak ini dilengkapi dengan cincangan daging ayam, caisin, dan taburan bawang goreng. Lalu di mangkok kecil terpisah ada kuahnya yang berisi 2 potongan bakso dan pangsit basah.  Minumnya Lemon Tea juga.

Paket Mie Ayam Pedas ini harganya juga 40.909 belum termasuk pajak.


Mie Ayam Pangsit Goreng

Mie Ayam Pangsit Goreng
Mie Ayam Pangsit Goreng di Es Teler 77 
Kalau Mie Ayam Pangsit Goreng ini, isi mangkok mie-nya sih sama, cuma ada pangsit goreng isi dan pangsit goreng lembaran juga. Kalau Mie Ayam Pedas ada baksonya, Mie Ayam Pangsit Goreng ini ada pangsit goreng isi.

Mie Ayam Pangsit Goreng  ini bukan paketan ya, makanya harganya lebih murah, yaitu Rp. 29.091 belum termasuk pajak.


Es Jeruk Nipis

Es Jeruk Nipis
Es Jeruk Nipis di Es Teler 77
Karena ada 1 menu yang nggak pake minum, jadi kami order 1 minuman lagi yaitu Es Jeruk Nipis. Mumpung menunya ada, minum es jeruk nipis pas tengah hari gini kayaknya enak banget. Jadi ini buat saja ajaaa...

Es Jeruk Nipis dan 2 Lemon Tea-nya juga sih, ukuran middle glass. Es Jeruk Nipisnya enak banget, nggak asem banget dan manis pula. Wah pokoknya seger banget untuk pendamping makan nasi bebek penyet yang pedesnya berasa.

Es Jeruk Nipis ini harganya 10.909 belum termasuk pajak.


Selesai makan, karena tadinya Tante Melda mau order Batagor, tapi sama Shivka dibujuk beli mie ayam aja, haha... Jadilah kami tetap beli Batagor tapi buat kita icip bertiga, karena kenyang pula kan abis makan nasi dan mie ayam. Saya juga belum pernah sih nyobain Batagornya Es Teler 77 ini.

Batagor
Batagor di Es Teler 77 
Sesuai harganya, Batagor 25 ribu ini isinya pangsit goreng yang dibungkus dengan potongan otak-otak. Rasanya ada 5 potong deh pangsit gorengnya ini. Trus bumbu kacangnya ini ternyata sama dengan bumbu Gado-Gado.

Waaa... walau nggak beli Gado-Gadonya, karena di Es Teler 77 Gramedia Matraman ini udah lama nggak ada (tiap saya pesen selalu nggak ada maksudnya), tapi jadi bisa makan bumbu Gado-Gadonya yang saya suka banget – gurih dan seger banget kayak ada rasa asam jawa juga.

Batagor ala Es Teler 77 ini harganya 25.455 belum termasuk pajak.


Es Teler 77 di Gramedia ini kursinya cukup banyak juga sih, ada yang 4 dan 2. Untuk saus, sambal, dan kecapnya ditempatkan di botol dan makenya gabungan ya dengan pengunjung lain. Jadi tiap abis pake plis lah jangan dikekepin itu botol, hahah... Tarok lagi ditempatnya. Sendok, garpu, dan sumpit juga di meja ini.

Selesai makan, saatnya naik untuk beli buku dan lihat-lihat buku lainnya. So far saya suka banget sih bumbu lokal di Es Teler 77. Jadi tiap ke sini selalu galau, antara mau pesen Gado-Gado (ini kalau di Atrium Senen sih), Nasi Goreng Terasi atau Ikan Asin, atau Nasi Pedesnya, haha... Tapi pingin nyobain Sop Buntutnya juga sih.

Jangan lupa untuk meringankan pekerjaan crew-nya dengan tumpuk piring di tengah ya.  

Makasih banyak ya teman-teman udah mampir. Moga bisa jadi rekomendasi kuliner teman-teman ya, terutama yang sekalian mau wisata buku di Gramedia Matraman.


Es Teler 77  Gramedia Matraman

Jl. Kesatrian 9. Kb. Manggis. Matraman. Jakarta Timur

Buka setiap hari jam 10 pagi – 10 malam

1 comment:

  1. Wah, keren nih Es Teler 77 makin ke sini makin bervariasi aja sajian menunya. Kalau dulu2 paling bakso, mie ayam, somay dan seputar itu ya. Aha! Enak nih ada bebek penyet segala. Pedesnya nampol ga buat akuh? hihihi :) Emang cocok ditemenin lemon tea ya jadi seger dan harum gitu, ga eneg. Enak juga nasi goreng ikan asin hhhmmm yummy.

    ReplyDelete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P