Resep Nasi dan Telur Dadar Masako di Cerita Rasa Masako

Cara memasak Nasi Masako dan Telur Dadar Masako – rekomendasi masakan praktis yang saya dapat dari community gathering Cerita Rasa Masako.

Ajinomoto Indonesia
Cerita Rasa Masako
Apa kabar, teman-teman?

Jadi guru privat yang ngajarnya door to door, bikin saya nggak cuma dekat dengan murid-murid privat aja, tapi juga dengan ibu mereka. Sebelum pulang, kalau mamanya murid juga udah pulang kerja atau lagi libur, biasanya kami rumpi-rumpi dulu, haha... Mulai dari ngomongin akun gosip hasil belajarnya si anak, sampe kadang kita ngebahas masakan juga, karena mamanya murid tau kalau saya memang seneng masak.


“Masak apa sih Miss Nita, terutama buat pagi-pagi yang super rempong. Pinginnya sih yang nggak pake ngulek-ngulek dan matengnya cepet. Tapi ya tetap harus bergizi juga.”

Kalau sebelumnya saya selalu jawab nasi goreng aja dengan tuker-tuker isinya, pas udah ikut seru-seruan di community gathering-nya Cerita Rasa Masako, saya jadi punya rekomendasi lainnya deh. Masak praktis kesukaan anak-anak dan keluarga, plus bergizi juga. Sekalian saya mau share juga untuk teman-teman ya...

Ajinomoto Indonesia
Cerita Rasa Masako 
Rabu pagi 24 Juli 2019, bersiaplah saya jadi anak gaul Jaksel, hahah... Karena gathering-nya diadakan di daerah kebayoran, Jakarta Selatan. Sembari nunggu acaranya dimulai, kami pun minum-minum dulu. Tau aja kakak panitianya kalau saya haus banget dan lupa bawa air minum, haha... Oh iya, ada sandwich juga disediakan.

Sekitaran jam 10, acara pun dibuka dengan sangat meriah oleh sang MC yaitu Mba Ankatama. Ini kali kedua saya hadir di cook gathering yang MC-nya Mommy Anka, hehe...

Ajinomoto Indonesia
Ibu Yani - Cerita Rasa Masako
Sebelum talkshow-nya dimulai, ada welcome speech dulu dari Ibu Yani Herliani, Dept Food and Seasoning PT. Ajinomoto. Selain ngucapin terima kasih pada kami yang udah hadir, Ibu Yani juga menjelaskan tentang Masako, yang menjadi bahan utama dari kelezatan Nasi Masako dan Telur Dadar Masako.

Bagi kita-kita yang demen masak, terkadang masakan yang kita bikin itu rasanya rada anyep kurang gurih ya, haha... Ini biasanya memang karena belum ditambahkan bumbu kaldu. Masako pun hadir sebagai bumbu kaldu yang bisa langsung digunakan ke dalam masakan. Bisa untuk sup atau makanan berkuah lainnya, begitupun dengan masakan tumisan dan goreng.

Sama kayak kita bikin bumbu kaldu homemade, Masako juga dibikinnya dari ekstrak daging ayam dan daging sapi. Kualitas daging segarnya terjaga, begitupun dengan bumbu dan rempahnya pilihan. Dan semua prosesnya dengan cara yang halal ya.

Dengan menambahkan Masako secukupnya, masakan yang kita bikin jadi makin gurih dan maknyusss... Bahkan untuk pecinta masak pemula kayak Bella pun, sampe dapet pujian dari anaknya. Mmmm...

Untuk info tentang PT. Ajinomoto, hoax mengenai MSG, haha... serta produk Ajinomoto lainnya, udah pernah saya bahas ya di sini -> Umami Food Marathon Bersama Ajinomoto


Laudya Cynthia Bella – Brand Ambassador Masako

Ajinomoto Indonesia
Bella dan dr. Rita - Cerita Rasa Masako
Salah satu narasumber talkshow di Cerita Rasa Masako ini ada Laudya Cynthia Bella, yang terpilih menjadi Brand Ambassador Masako. Bella berbagi cerita tentang awal-awal menikah dan tinggal di Malaysia, dengan kondisi belum ada asisten rumah-tangga. Bella yang tadinya nggak bisa masak, jadi mulai belajar masak untuk suami dan anak.

Dengan bekal resep dari Mama dan Nenek, Bella juga nggak nyangka kalau masakannya malah dapat pujian dari anaknya. Bahkan sama anaknya malah disuruh buka restoran aja, wow...

Walau sekarang udah ada asisten rumah tangga, tapi Bella masih tetap memasak untuk keluarga kecilnya. Karena kesibukannya juga, pastinya masakan yang dipilih adalah masakan praktis yang disukai suami dan anak, serta punya kadar gizi yang cukup juga.

Makanya Bella terbantu banget dengan adanya Masako untuk dimasukkan ke dalam masakan praktisnya.


Ngomongin Gizi Bersama dr. Rita Ramayulis DCN, M.Kes

Kita semua pastinya setuju ya, kalau makan itu nggak cuma tentang rasa yang enak doang, tapi juga mesti punya kadar gizi yang cukup. Biar tetap sehat, apalagi untuk anak-anak. Makanan yang sehat dengan kadar gizi seimbang menjadi salah satu yang bikin anak-anak jadi pintar.

Ngomongin soal gizi seimbang, kami pun berkenalan dengan dr. Rita yang mastah banget nih di bidang gizi. Obrolan pun dibuka dengan cerita dr. Rita kayak gini,

“Ada pasien saya yang curhat kalau anaknya susah banget makan. Trus saya tanya, masakan mamanya enak, nggak?”

Hahahah... hayolohhh... para mak emak (dan pak bapak juga dah biar adil, hahah) yang suka nyalahin anaknya nggak doyan makan, masakannya udah sesuai dengan selera anak, belum?

Nggak dipungkiri, yang namanya mengatur menu untuk anak-anak memang gampang-gampang susah. Saya pun punya adek yang anaknya kadang susah makan. Memang PR sekali untuk parents biar bisa masak enak, penuh gizi, dan disukai anak-anak. Eh tapi kalau saya lihat di IG-nya Dapur Umami, banyak juga lho rekomendasi resep masakan yang praktis untuk anak-anak dan keluarga.

Masakan yang penuh gizi, hemm... sebenernya harus mencakup apa aja sih?

Selain karbo, tubuh juga perlu adanya protein. Pada orang dewasa, kita bisa memilih protein hewani atau protein nabati. Keduanya pun juga boleh. Tapi untuk anak-anak harus mencakup keduanya.

Setelah karbo dan protein, makanan juga harus dilengkapi dengan sayuran. Nggak lupa kita makin melengkapi asupan gizi dengan menyantap buah dan minum air putih yang cukup.

Kalau orang dewasa aja mesti cukup kadar gizinya, apalagi untuk anak-anak ya. Karena kadar gizi yang kurang, bisa bikin anak jadi bermasalah dengan kesehatan dan juga emosionalnya. Trus IQ-nya juga bisa jadi rendah, sistem imunya kurang baik, serta bisa jadi stunting alias tingginya nggak mencukupi seusianya.

Menu dengan kadar gizi seimbang saat ini memang makin digalakkan. Bahkan di instagram pun banyak juga teman-teman pecinta masak yang share menu-menu harian dengan gizi berimbang ini. Salah satunya ada Teteh Maya, yang di instagram-nya bertabur foto makanan menggoda selera banget.


Maya Melivyanti – Certified Nutrition Coach Pn1

Ajinomoto Indonesia
Ibu Fatmah, Bella. dr. Rita, Teh Maya - Cerita Rasa Masako
Nggak cuma sebagai instacook aja, Teteh Maya diundang sebagai narasumber di Cerita Rasa Masako ini karena beliau mastah juga di bidang gizi. Kalau main ke akun instagramnya Teh Maya di @mayfitkitchen, bertabur foto-foto rekomendasi masakan dengan menu sehat gizi seimbang.

Walau penuh dengan takaran gizi seimbang, tapi masakan Teh Maya juga cukup simple, karena Teh Maya pun tau kalau memasak itu nggak dipungkiri ya menghabiskan beberapa waktu, apalagi kalau pas pagi-pagi yang lumayan riweuh juga bagi buibuk.

Untuk mencari rekomendasi resep masakan memang nggak cuma di instagram aja ya, tapi bisa juga nonton video cara memasaknya di youtube, kayak yang dibuat oleh Ibu Fatmah.


Fatmah Bahalwan – Founder and Owner Natural Cooking Club

Pas saya baca profil Ibu Fatmah di layar, oh my God banyak amat prestasinya di bidang masak memasak ini. Mulai dari jadi Founder and Owner NCC, Ibu Fatmah juga aktif bikin konten masak-masak di akun youtube-nya. Eh udah bikin buku resep juga lho.

“Saya bisa masak karena dipaksa harus bisa. Masa kecil saya dan kakak adik itu diisi dengan belajar mengulek bumbu-bumbu dan mengolah masakan. Dan itu dari kelas 5 SD.”

Haha... toss, Bu.  Kalau blog ini bisa berisi macam-macam masakan, semua juga berawal dari saya yang dipaksa belajar masak sama Almarhumah Nenek. Cuma bedanya saya mulai pas SMP.

Awalnya Bu Fatmah juga nggak nyangka bakalan fokus di dunia masak-masak ini, karena beliau sebelumnya adalah seorang sekretaris direksi di sebuah perusahaan.

“Ketika krisis moneter berpengaruh dengan keuangan kami, pilihan saya hanya 2: irit atau menambah penghasilan. Dan saya pun pilih yang kedua.”

Setuju, Bu. Ngirit itu susah, haha... Selain bisnis makanan, Bu Fatmah juga rajin share resep. Eh lama-lama orang pada bilang kalau beliau emang jago masak, padahal kata beliau mah emang karena senang masak aja.

“Saya ingin membagi pengetahuan memasak yang saya bisa, pada orang-orang di seluruh dunia.”

Berbekal niat baik untuk berbagi, sekarang channel youtube Bu Fatmah udah 15 ribuan subscribers-nya, wowww... Nih kalau bikin channel youtube kayak Bu Fatmah gini, yang ada faedahnya buat banyak orang.

Nasi Masako Dadar Masako
Demo Masak Nasi Masako dan Telur Dadar Masako - Cerita Masako
Selesai nyimak sharing dari Bu Fatmah, selanjutnya kami pun bersiap untuk nonton demo masak Nasi Masako dan Telur Dadar Masako bersama Bu Fatmah featuring Bella.


Nasi Masako

Kalau nasi goreng udah saya anggap sebagai masakan praktis, eh ternyata ada yang lebih praktis lagi, pemirsahh... Yaitu Nasi Masako yang bahan-bahannya tinggal diceburin doang ke dalam rice cooker, tekan “cook” udah deh tinggal nunggu mateng.

Bisa dibilang mirip nasi liwet tapi Nasi Masako ini no ngulek ngulek club. Tinggal masukkin nasi, daun bawang, sayuran, dan 1 bungkus Masako. Ini dia resep lengkapnya ya:


Resep Nasi Masako

Nasi Masako Telur Dadar Masako
Demo Masak Nasi Masako dan Telur Dadar Masako - Cerita Masako
250 gram beras (1-2 cups) cuci bersih
1 bungkus Masako Rasa Ayam 10 gram (sachet)
100 gram wortel, potong-potong

2 siung bawang merah, iris
1 siung bawang putih, iris
50 gram daun bawang, iris

400 ml air
1 sdm minyak sayur

Cara memasak Nasi Masako:

Siapkan rice cooker, lalu masukkan air, beras, potongan wortel, bawang putih, bawang merah, minyak, dan Masako. Tutup lalu masak hingga matang.

Taburkan daun bawang, lalu aduk merata.

Sajikan dengan Telur Dadar Masako.

Catatan: gunanya minyak sayur ini biar tampilan nasinya kelihatan mengkilap ya.

Cerita Rasa Masako
Nasi Masako di Cerita Rasa Masako
Mungkin mentemen pernah – saya pun juga begitu sih, kalau pas masak itu masakan pertama, kedua, dan seterusnya kadang rasanya suka beda. Ini kata Bu Fatmah karena memakai takaran kira-kira, hehe...

Sembari Nasi Masako dimasak, lanjut Bu Fatmah masak Telur Dadar Masako. Kalau ini cuma butuh telur, sayuran, dan ¼ sachet Masako untuk 3 butir telur. Ini dia resepnya:


Resep Telur Dadar Masako:

Cerita Rasa Masako
Telur Dadar Masako di Cerita Rasa Masako
3 butir telur
¼ bungkus Masako Rasa Ayam 10 gram (sachet)
25 gram wortel, potong dadu

25 gram daun bawang, iris
1,5 sdm minyak goreng 

Cara memasak Telur Dadar Masako:

Kocok telur, wortel, daun bawang, dan Masako.

Panaskan minyak goreng, lalu masak telur dengan api pelan. Jangan lupa dibalik ya biar mateng bolak-balik.


Oh iya kata dr. Rita kalau masak telur dadar itu pake minyaknya jangan sampe terendam ya, walau emang ini yang bikin telur dadar tambah enak, haha... Lalu gunakan api kecil biar suhu minyaknya tetap rendah. Lagian masak telur dadar kalo api gede malah bikin hangus di kulit tapi nggak mateng di dalem, yesss.. Dan jangan lupa masaknya ditutup ya.

Cerita Rasa Masako
Lomba Menghias Nasi Masako di Cerita Rasa Masako
Selesai nonton demo masak, saatnya kami dibagi per-grup untuk lomba menghias Nasi Masako. Uwowww... semua grup pada cakep-cakep banget kreasinya. Timnya kami nggak menang sih, karena ada si nita nih jangan-jangan, haha...

Oh iya kami juga dibagikan Nasi Masako dan Telur Dadar Masako. Pas saya cobain nasinya, emmm... emang berasa nasi yang dimasak pake kuah kaldu, dan makin enak karena ada rasa wortelnya. Trus telur dadarnya juga dengan gurih yang pas. 

Ajinomoto Indonesia
Bersama yang jago-jago masak di Cerita Rasa Masako
Acara pun ditutup dengan makan siang. Selesai sudah community gathering Cerita Rasa Masako. Makasih banyak ya tim Masako udah ngajak saya dan teman-teman pecinta masak lainnya untuk seru-seruan, plus belajar banyak dari para narasumber yang keren-keren banget.

Makasih juga untuk teman-teman yang udah mampir. Moga bisa berbagi manfaat ya, tentang gizi seimbang dan juga masak-masak praktis bersama Masako yang enaknya tiap hari.


#CeritaRasaMasako
#EnaknyaTiapHari
#NasiMasako
#DadarMasako

7 comments:

  1. Wah, ternyata Bella juga belajar masak step by step ya, sama Masako di dapur rumahnya hihihi :) Jadi makin enak deh suami dan anak2nya menikmati sajian di rumah di Malaysia ya :D Oya aku mau tanya itu begitu dimasukkan ke beras dan air di magic jar, langsung diaduk2 kah atau nunggu setenagah matang nasinya baru diaduk? Atau ga perlu diaduk? Aku kan kadang bikin bubur ayam di magic jar. Nah kapan2 mau nyobain nasi Masako ah. Gampang ini mah tapi rasanya bakalan wow! AKu kalau bkin telur dadar ga pernah ditutup tuh. Beda kali ya rasanya? hihihi. Thanks ya Miss Nita, resepnya ok nih biar Rafa coba bikin deh hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pas dimasukkan, aduk sebentar aja, trus tutup sampe matang. Cuma pas matang diaduk lagi juga gpp. Ayuk bikin, Mba Nurul buat sarapan anak2 dan papanya nih :D

      Delete
  2. waahhh saya jadi pengen nyobai nangsung bikin nasi n telor masako, simple banget ya mbak, kalau telurnya bahannya mirip kayak telur dadar gulung korea,

    ReplyDelete
  3. ada teteh Bella asli euy wkwk...aku juga di rumah pake masako Miss bikin resep tofu itu yang kuintip dari balik bungkus masako hahaha..

    belum pernah coba bikin nasi masako, btw emang iya masak pertama, kedua ketiga beda-2 karena takarannya kira-kira :D aku banget ini

    ReplyDelete
  4. ok, aku bakal coba besok ;p.. masak nasi pake dicemplungin bahan2 td dan masako... kebayangnya sih jd kayak nasi uduk gurih :D..

    ReplyDelete
  5. Oo jadi kalau punya anak perempuan didik biar seneng masak tuh suruh nguleg dari kelas 5 SD ya. Jadi inget mama dulu, ade disuruh nyiangin semua bumbu waktu SMP, terutama tim bawang tuh. Kayak nita deh ya, tapi ade ga disuruh nguleg sih. Makanya ngga pinter ngulek. Apalagi di Lampung ngulegnya pake batu bulet yang ga ada gagangnya.. xixixi..

    Btw ini resep nasi masako boleh juga nih dicoba. Manisnya dah dari nasi dan wortel ya, plus gurih dari kaldu masako. Sip.. sip.. di rumah ada rice cooker kecil. Mau uji coba aah.. secara di rumah juga kaldunya dr masako. Lebih pas gurihnya, ga kegurihan.

    ReplyDelete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P