Berkurban Melalui Dompet Dhuafa

by - August 01, 2019

Dompet Dhuafa – salah satu rekomendasi penyaluran hewan kurban di Indonesia.


Apa kabar, teman-teman?


“Lebaran lagi kapan, Miss?”

Ini merupakan salah satu pertanyaan rutin murid-murid privat saya, pas kami udah kembali belajar setelah libur Idul Fitri. Tentu yang mereka tanyakan bukanlah lebaran Idul Fitri lagi, melainkan lebaran Idul Adha yang mereka tau akan datang setelah Idul Fitri.

Kalau lebaran Idul Fitri disambut gembira oleh anak-anak, karena adanya pembagian duit lebaran dari sanak saudara dan juga teman-teman orang tua mereka, haha... Idul Adha pun juga nggak kalah mereka tunggu-tunggu, untuk kegembiraan yang lebih sederhana, yaitu bisa nonton sapi dan kambing di halaman masjid atau lapangan dekat rumah.

Iya, mungkin cuma kegembiraan yang sederhana bagi kita, tapi zaman kita masih bocah SD pun, mungkin ini juga menjadi bahagia yang luar biasa kan, haha... Berbondong-bondong dengan genk anak tetangga untuk siang malam nungguin sapi dan kambing sampai waktu pemotongan tiba.

Kadang obrolan murid-murid saya ini, begitupun dengan ketika mengingat kembali moment Idul Adha saya semasa kecil, bikin saya jadi kepikiran, apa moment bahagia menonton sapi dan kambing ini juga dirasakan oleh semua anak di negeri ini ya?

Ketika di halaman masjid atau lapangan dekat rumah kami dipadati oleh banyak sapi maupun kambing, itu kan karena orang-orang sekitar dimampukan untuk berkurban. Lantas gimana ya kalau ada di daerah lain yang mungkin di daerah itu umat Islamnya nggak begitu banyak, atau mungkin juga keuangan warga sekitarnya belum mencukupi untuk berkurban.


“Saya Nggak Kebagian Daging Kurban.”

Saya ingat betul ketika tante lagi mengeluarkan daging kurban dari dalam freezer, dan siap untuk membungkusnya. Karena stok daging kurban kami masih ada – kami memang tinggal dekat 2 masjid, jadi yang 1 kantongnya mau dikasih buat temannya aja, karena si teman curhat kalau keluarga mereka nggak kebagian daging kurban dari daerah rumahnya.

Kembali lagi mungkin karena penyumbang hewan kurban yang sedikit, jadi pembagian daging kurban pun belum merata untuk semua warga di lingkungan.

Kurban Bersama Dompet Dhuafa


Bila pada saat Idul Fitri, kita membayar zakat, maka saat Idul Adha pun bagi orang-orang yang dimampukan rezekinya juga diserukan untuk berkurban.

Kurban – dari kata qurban, merupakan penyembelihan binatang ternak yang dipersembahkan pada Allah. Kurban bisa dilaksanakan saat tanggal 10 Dzulhijjah, hingga 11,12, dan 13 Dzulhijjah atau yang kita kenal dengan nama Hari Tasyrik.

Bagi kita-kita yang rasanya nggak mungkin untuk menyembelih hewan kurban sendiri, makin ke sini cara untuk berkurban pun makin dimudahkan. Salah satunya bisa melalui Dompet Dhuafa, sebuah lembaga filantropi Islam yang dananya itu berasal dari zakat, infak, sedekah, dan juga wakaf – atau dikenal dengan sebutan Ziswaf. Serta dari dana halal lainnya juga ya.

Karena memang lembaga yang berfokus pada kegiatan agama Islam, pastinya Dompet Dhuafa juga berperan pada moment Idul Adha, yaitu melalui program “Tebar Hewan Kurban Dompet Dhuafa.” Program yang udah ada sejak tahun 1993. Masya Allah amanahnya ya, sampai sekarang bisa terus dijalankan programnya.

Adanya Tebar Hewan Kurban Dompet Dhuafa ini merupakan salah satu solusi untuk penyebaran hewan kurban yang merata, bahkan hingga ke pelosok negeri. Jadi umat Islam di negeri ini insya Allah semua bisa merasakan menyantap daging kurban.

Kemudahan Berkurban Bersama Dompet Dhuafa



Kalau yang saya baca di web-nya Dompet Dhuafa, ada beberapa layanan kurban yang memudahkan bagi kita-kita kalau pingin berkurban. Ada apa aja?

Konter kurban tersedia di berbagai mall. Nah sekalian hang out di mall, bisa sekalian bayar kurban di konter Dompet Dhuafa nih.

Transfer melalui rekening bank. Jadi bisa melalui ATM atau M-Banking nih.

Layanan menjemput hewan kurban. Kalau seandainya teman-teman memang punya hewannya langsung ya.

Layanan kurban melalui kurban.dompetdhuafa.org


Kalau mungkin yaaa... ada yang ragu, ntar beneran amanah nggak sih? Dompet Dhuafa juga ngasih laporan kok secara transparan tentang laporan donasi, foto-foto pelaksanaan, serta informasi kurban dari berbagai daerah. Bahkan yang berkurban kalau mau, bisa melihat langsung lho bersama tim Dompet Dhuafa.

Oh iya, hewan-hewan yang dipilih pun pastinya udah melewati proses quality control yang ketat. Udah gitu Dompet Dhuafa juga bekerja sama dengan peternak lokal, jadi ikut memberdayakan peternak lokal juga ya. Semua prosesnya pun dilakukan sesuai syariat Islam.

Anyway, rezeki yang kita dapat berasal dari Allah. Jadi ketika memang sudah cukup jumlahnya, ayo jangan takut berkurban biar insya Allah segala kebaikan dari Allah pun makin kita dapatkan.

Selamat berkurban, teman-teman. Makasih banyak ya udah mampir... 


#JanganTakutBerkurban

You May Also Like

0 comments

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P