Nyobain Mie Ongklok Instant Merk Bunda

Mie ongklok, kuliner mie khas Wonosobo dalam bentuk instant siap masak yang bisa jadi rekomendasi oleh-oleh khas Dieng.

Oleh oleh Dieng
Mie Ongklok Instant Merk Bunda 
Apa kabar, teman-teman?

Bagi teman-teman yang tinggal di Wonosobo, pastinya familiar banget ya dengan yang namanya mie ongklok, makanan olahan mie yang menjadi salah satu kuliner khasnya Wonosobo. Nah jujur kalau saya sendiri sih baru tau, haha... Indonesia emang kaya banget ya akan kuliner khasnya.


Karena punya adek yang buka travel agent sekaligus dia juga yang jadi tour leader-nya, jadi pas pulang dari Dieng, saya dikasih sebungkus mie ongklok instant merk Bunda. Mie mentah yang lengkap dengan bumbunya. Karena plastiknya bening, jadi pas lihat bumbunya, weh banyak juga ya.

Mie Ongklok – mie dengan bumbu dan cara masak yang unik

Oleh Oleh Dieng
Mie Ongklok Instant Merk Bunda
Mie ongklok, kalau yang saya baca di Wikipedia, merupakan mie kuah  yang menjadi salah satu kuliner khas Wonosobo. Mie-nya disantap dengan irisan kol dan daun kucai, yang ternyata juga merupakan sayuran yang banyak ditanam di Wonosobo.

Selain isiannya, salah satu yang unik dari mie ongklok ini adalah pada kuahnya. Kalau mie ayam biasa itu kan kuahnya macam kuah kaldu bening ya. Nah untuk mie ongklok ini kuahnya dari kuah kanji, yang merupakan campuran gula merah, ebi, tepung, serta bumbu rempah lainnya yang dimasak hingga mengental.

Selain menggunakan kuah kanji, mie ongklok ini juga disiram dengan kuah kacang dan kecap. Bumbunya yang lengkap untuk menghasilkan rasa yang makin maknyuss ya. Oh iya, kuah kanjinya ini pun juga dimasukkan ebi, jadi rasanya pun makin gurih dan khas.

Lalu mie ongklok ini biasanya disantap dengan sate daging sapi, tempe kremuk, serta kerupik singkong. Uwww, lengkap banget ya dan pastinya enak banget ini kalau dimakan di daerahnya langsung ya.

Kalau dari namanya, mie ongklok, cukup unik juga ya. Ternyata nama mie ongklok ini diambil dari nama wadah memasaknya, yaitu sebuah ongklok alias semacam keranjang kecil yang terbuat dari bambu. Ongklok ini digunakan untuk merebus mie dan sayuran kol serta kucai.

Mentemen yang sering pantengin tukang mie ayam masak, haha... pastinya tau kan kalau mie ayam itu masaknya dicelup-celup ke air sampe mie-nya empuk. Proses ini disebutnya ongklok atau diongklok. Wah unik ya...

Mie Ongklok Instant Merk Bunda

Oleh Oleh Bunda
Mie Ongklok Instant Merk Bunda
Pada mie ongklok instant merk Bunda ini, harganya Rp. 21 ribu. Cukup wow ya untuk harga mie instant, tapi memang porsinya banyak, bisa untuk dimakan berdua. Udah gitu bumbunya pun juga lebih banyak dari mie instant kebanyakan.

Dan yang terpenting... dengan kita beli mie ongklok instant ini sebagai oleh-oleh, artinya secara nggak langsung kita udah menjadi bagian dari memajukan industri makanan khas daerah ya, yeayyy...  
Tampilannya mie-nya lebih tipis dari mie instant biasa. Mie kayak gini kalau pas direbus, airnya cuma sedikit keruh. Kalau dilihat mentahannya gini kayaknya dikit ya. Pas dimasak jadi banyak kok.

Oleh oleh Dieng
Mie Ongklok Instant Merk Bunda
Lalu untuk bumbunya ada gula merah, tepung yang udah dikasih bumbu rempah, dan ebi. Ada bumbu kacang juga dengan kecap dan bubuk cabe. Plus dilengkapi juga dengan daun kucai kering dan bawang goreng.

Nggak cuma bumbu yang lengkap aja, daun kucainya juga disediakan. Jadi saya tinggal nambahin irisan kol aja yang dibeli di warung ibu sayur. Lalu untuk satenya pun juga bisa yang instant dong, haha... Yaitu pake sosis yang digoreng aja, lalu disiram dengan bumbu kacang dan bubuk cabe yang disediakan. Jadi kayak sate ayam kan tampilannya, haha...

Untuk label halal dan izin PIRT dari mie ongklok instant merk Bunda ini juga ada ya. Ini produksi dari Bunda Home Industri di Wonosobo, Jawa Tengah. Cara masaknya pun juga dijelaskan lengkap di bungkus belakangnya. Lebih banyak tahapnya sih ketimbang mie instant biasa, haha... Tapi lengkap kok caranya.

Di mana beli mie ongklok instant merk Bunda?

Adek saya beli mie onglok instant merk Bunda ini di toko oleh-oleh Boemi Dieng, di Jl. Telaga Warna No. 250 Dieng. Kalau baca dari plastiknya, Boemi Dieng ini juga ada rumah makan dan industri carica juga. Ah iya, carica juga jajanan khas Dieng yang enak banget ini, haha...

Cara memasak mie ongklok instant merk Bunda

Kayak yang saya tulis di atas, kalau memasak mie ongklok instant ini juga ada beberapa tahap. Yang pertama, kita rebus dulu irisan kol dan daun kucai hingga empuk. Lalu tiriskan. Abis itu rebus deh mie-nya. Matangnya sedikit lebih lama ya dari mie instant biasa.

Abis itu kita bikin kuah kanjinya. Masukkan air dengan jumlah yang ditentukan di petunjuk, lalu masukkan gula merah dan ebi. Rebus dengan api pelan sampe gula merah larut.

Aduk tepung dengan air sedikit dingin di mangkok hingga larut, lalu campurkan pada larutan gula merah dan ebi. Aduk hingga kuah mengental. Tetap gunakan api pelan ya.

Bumbu kacangnya larutkan dengan sedikit air panas. Bisa juga bubuk cabe dan kecapnya dicampurkan di bumbu kacang ini.

Kalau semua udah beres, tinggal dicampurkan aja mie, sayuran, kuah kanji, kuah kacang, kecap, bubuk cabe, lalu taburi bawang goreng.

Satenya bisa dibeli di abang-abang yang lewat, haha... Bisa juga pake sosis atau nugget stick yang digoreng trus kasih lidi sate. Nggak punya lidi sate, udah tarok gitu aja, haha...

Oleh oleh Dieng
Mie Ongklok Instant Merk Bunda
Pas saya cobain, rasanya cukup manis. Jadi kalau mentemen lebih doyan mie yang pedas, ini bisa ditambahkan bubuk cabe atau saus sambal. Lebih enaknya sih memang sambal kacang pedas ya. Atau irisan cabe rawit mungkin.

Mie ongklok yang saya lihat di google image itu ada yang kuah kanjinya agak banyak, atau kelihatan berkuah. Kalau yang mie ongklok instant merk Bunda ini kuahnya lebih mengental, atau mungkin saya yang ngaduknya kelamaan ya, haha... Tapi begini pun enak kok. Oh ya, saya makannya ditambah sedikit garam lagi. Mentemen sesuaikan dengan selera aja ya.

Kurang lebih ini ya cerita saya hasil nyobain mie ongklok instant merk Bunda. Pankapan saya pengen cerita hasil nyobain carica-nya deh, hehe... Atau mungkin ada rekomendasi jajanan oleh-oleh dari Dieng lainnya ya...

Makasih banyak ya teman-teman udah mampir. Moga bisa jadi rekomendasi oleh-oleh pas lagi liburan ke Dieng ya...

2 comments:

  1. OO ternyata ada juga ya mie ongklok instan, hihi ga perlu ribet2 nyarinya kalau lagi pengen makan mie ongklok ya

    ReplyDelete
  2. gk bs beli online ya? kangen makan mi ongklok yg selalu bikin aku gatel hbs makannya (krn ada ebinya) tp gk kapok krn enak, wkwkwk

    ReplyDelete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P