Resep Daging Sapi Brokoli Kecap Lada Hitam

Cara memasak daging sapi dan brokoli, dengan bumbu kecap dan lada hitam.

Cara memasak daging sapi brokoli kecap lada hitam
Daging Sapi Brokoli Kecap Lada Hitam
Apa kabar, teman-teman?

Selain rasanya yang enak, brokoli ternyata juga salah satu sayuran yang mengandung karbohidrat ya. Makanya untuk yang lagi menjalankan program diet, brokoli juga merupakan salah satu sayuran yang dianjurkan.


Beberapa hari belakangan ini, saya pun mulai menerapkan cara makan nasi sedikit (kurang dari 1 centong nasi) dan brokolinya 1 bonggol kecil yang direbus. Untuk lauknya sih bebas dan kadang ada sayuran lainnya juga. Cara makan kayak gini cukup bikin kenyang juga dan nggak engap kekenyangan, haha... Biasanya saya menerapkan untuk makan pagi dan malam. Makan siangnya enggak, biar nggak bosen, hehe...

Nah selain direbus doang, brokoli yang dimasak pake bumbu, tentunya akan lebih enak. Biar nggak bosen juga makan brokolinya. Kali ini saya gabung aja sayur brokolinya dengan potongan daging sapi, lalu dikasih bumbu kecap dan lada hitam, serta bumbu rempah lainnya. Makan brokoli pun jadi makin maknyuss...

Sebelum dicampurkan, daging sapinya direbus terpisah dulu dengan bumbu rempah. Lalu untuk brokoli juga, setelah dipotong-potong dan dicuci, saya rendam dulu beberapa saat dengan air biasa dan garam. Biar kalau masih ada ulatnya, bisa keluar.

Selain menggunakan kecap dan lada hitam untuk bumbu utama, saya pun juga menggunakan kecap ikan, biar rasanya jadi lebih gurih. Tapi ini kebetulan ada aja sih, biasanya juga nggak pake kecap ikan. Saya pake kecap ikan impor, halal Thailand. Rasa tumisan memang jadi makin enak.


Cara membuat daging sapi brokoli kecap lada hitam, ini dia bahan-bahan yang perlu disiapkan:

250 gram daging sapi
300 ml air untuk rebusan pertama
300 ml air untuk rebusan kedua
1 ruas ibu jari jahe, geprek


Bumbu giling, untuk rebusan daging sapi:

4 siung bawang merah
4 siung bawang putih
1 sdt lada putih

1 sdt ketumbar
5 butir cengkeh
½ biji pala
Secukupnya garam


Bahan-bahan lainnya:

1 bonggol brokoli (yang kecil atau sedang), potong-potong
½ bawang bombay, iris
1 batang daun bawang, iris

1 buah tomat, belah empat, iris
½ gelas air kaldu (dari rebusan daging sapi)
2 -3 sdm kecap manis

1 sdm kecap ikan
1 sdt gula
Secukupnya minyak goreng


Bumbu giling untuk tumisan:

4 siung bawang merah
1 siung bawang putih
1 sdt lada hitam


1 sdt ketumbar
Secukupnya garam 

Lalu ini ya cara memasak daging sapi brokoli kecap lada hitam:


Siapkan sebuah panci, lalu masukkan daging sapi yang udah dibersihkan dan 300 ml air. Rebus dengan api pelan hingga airnya udah tinggal sedikit.

Saring daging sapi, lalu masukkan 300 ml air lagi untuk kembali merebus. Kalau airnya masih bening sih langsung ditambahin aja ya. Masukkan bumbu giling untuk rebusan daging sapi dan juga jahe. Rebus dengan api pelan hingga empuk. Sisakan airnya ½ gelas. Kalau belum empuk, tambah aja airnya.

Potong-potong daging sapi.

Brokoli yang udah dipotong-potong dan dicuci bersih, rendam beberapa menit dengan air biasa dan garam. Abis itu cuci lagi aja dengan air biasa.

Panaskan minyak goreng, lalu tumis bumbu giling beserta bawang bombay, daun bawang, tomat, dan kecap ikan. Tumis hingga harum.

Masukkan air kaldu, lalu didihkan.

Masukkan daging sapi, brokoli, dan kecap. Lalu aduk hingga merata dan masak hingga brokolinya empuk.

Menjelang matang masukkan gula.

Cara membuat daging sapi brokoli kecap lada hitam
Resep Daging Sapi Brokoli Kecap Lada Hitam
Karena menggunakan kecap, jadi rasanya nggak begitu pedas dan gurih manis. Lada hitam memang nggak sepedas lada putih ya. Daging sapinya bisa ditambahkan hingga 500 gram, begitupun dengan brokolinya, mau pake 2 bonggol atau 1 bonggol besar juga bisa. Sesuaikan aja ya.

Makasih banyak ya teman-teman udah mampir. Moga bisa jadi rekomendasi masakan harian teman-teman ya...

Mampir juga ya di resep olahan daging sapi saya lainnya...

1 comment:

  1. eh, baru tau kalau brokoli mengandung karbohidrat juga. Berarti besok kalau makan brokoli, nasinya di dikitin ya. biar ga kelebihan karbo. Malah menu nita nih bisa dibuat makanan komlit diet tanpa nasi ya. bikin aja ini, praktis dan enak. Gulanya ganti kali ya sama gula merah... xixixixi.. itu sih menu buat ade. biar bisa mengecil badannya. ^_^

    ReplyDelete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P