Resep Ikan Asin Tempe Sambal Rawit

Cara memasak ikan asin dan tempe goreng, dengan adukan sambal rawit / sambal korek.

Resep Sambal Rawit
Ikan Asin Tempe Sambal Rawit
Apa kabar, teman-teman?

Kalau biasanya ikan asin disantap dengan sambal terasi, menyantap ikan asin dengan adukan sambal rawit pun juga nggak sedap. Apalagi berbonus kepedesan, haha... Karena namanya juga sambal rawit, pastinya menggunakan cabe rawit yang kadar pedasnya lebih dari cabe merah biasa.


Ikan asin – daging ikan yang diawetkan dengan menambahkan banyak garam, lantas digoreng dengan api pelan biar garingnya pas, bikin ikan asin jadi makanan favorit banyak orang, termasuk saya tentunya.

Kalau biasanya daging ikan itu membusuk dalam waktu singkat, untuk ikan asin ini bisa disimpan di suhu ruang dalam waktu yang agak lama, tentunya dengan ditutup rapat ya.

Sayangnya, pengawetan ikan asin yang seharusnya menggunakan garam dan bantuan sinar matahari ini, kadang ada juga pembuat ikan asin yang malah melakukan pengawetan dengan bahan formalin. Waduhhh... membahayakan banget ya kalau kita menyantap ikan asin yang berformalin. Bahkan ada yang juga menggunakan pemutih.

Trus gimana dong cara membedakan ikan asin yang berkualitas baik dengan ikan asin yang menggunakan formalin?

Ini dia tips untuk membeli ikan asin yang berkualitas baik:

Ikan asin yang bebas bahan pengawet itu justru memiliki aroma yang khas, yaitu kurang sedap khas ikan asin deh.

Lalu pada teksturnya, ikan asin yang bebas bahan pengawet lebih lunak dan mudah rusak / patah gitu. Jadi hindari ikan asin yang keras dan alot ya.

Ikan asin yang bebas bahan pengawet, warnanya kelihatan lebih gelap kecoklatan atau bahkan cenderung hitam. Nah hati-hati nih kalau ada ikan asin yang warnanya terlihat putih bersih. Ini biasa aja, selain pake formalin juga pake pemutih. Mungkin tips ini juga bisa untuk melihat kulit orang yang putih bersih, hahahah...

Sedangkan untuk kualitasnya, ikan asin yang bebas bahan pengawet itu biasanya nggak lebih dari 1 atau 2 bulan. Kalau udah berbulan-bulan dan masih tetap bagus, ini juga kemungkinan dikasih formalin.

Kalau lagi ke warung sayur atau ke pasar, suka banyak lalat yang ngerubung di atas ikan atau ayam ya. Begitupun dengan ikan asin yang dirubungi lalat, ini berarti ikan asinnya bebas bahan pengawet. Karena lalat itu seleranya tinggi, mereka nggak mau deket-deket bahan makanan yang mengandung bahan kimia, haha...


Iyesss, ini kurang lebih tips cara membeli atau memilih ikan asin dari yang saya baca di fimela.com ya. Yuk sekarang kita siapkan bahan-bahannya untuk memasak Ikan Asin Sambal Rawit.

Cara memasak Ikan Asin Tempe Sambal Rawit, ini dia bahan-bahan yang perlu disiapkan:

1 lembar ikan asin gabus yang besar, potong-potong
1 gelas air hangat
1 sdm garam
1 gelas air biasa

½ papan tempe, iris tipis
Bumbu giling: 1 siung bawang putih dan sedikit garam

10 buah cabe rawit merah
5 buah cabe rawit ijo
1 siung bawang putih

Sedikit garam
+_ 2 sdm minyak panas
Secukupnya minyak goreng

Lalu ini ya cara memasak Ikan Asin Tempe Sambal Rawit:

Ikan asin yang udah dipotong-potong, rendam sebentar dengan air hangat dan sedikit garam. Lalu dicuci lagi dengan air biasa. Ini biar ikan asinnya jadi nggak terlalu asin.

Panaskan minyak goreng, lalu goreng ikan asin dengan api pelan hingga kuning keemasan.

Campurkan irisan tempe dengan bumbu gilingan bawang putih. Lanjut goreng tempe setelah ikan asin. Gunakan api pelan dan goreng hingga kuning keemasan.

Giling cabe rawit merah, cabe rawit ijo, bawang putih, dan garam. Lalu masukkan kurang lebih 2 sdm minyak goreng yang masih panas. Aduk merata. Nanti wangi bawang putihnya akan menguar kalau minyaknya panas.

Campurkan goreng ikan asin dan tempe. Bisa sedikit dipenyet biar lebih meresap sambalnya.

Resep Sambal Rawit
Ikan Asin Tempe Sambal Rawit
Ini pedasnya berasa. Kalau mungkin teman-teman takut kepedesan, dipisahin aja sambalnya. Rasa bawang putihnya nggak over kok karena cuma pake 1 siung aja.

Ikan asin pedas ini akan lebih maknyus kalau disantap barengan tumis kangkung. Karena ikan asinnya udah pedas, jadi tumis kangkungnya pake bumbu iris aja, biar nggak pedas.

Makasih banyak ya teman-teman udah mampir. Moga bisa jadi rekomendasi masakan harian yang simple dan pedas ya.

Mampir juga ya di resep masakan sambal saya lainnya...

4 comments:

  1. Waktu di Siak Riau kami sering bikin ini mbk, disana ikan asin murah murah hahaha. Sekarang udah jarang beli ikan asin.. Menu ini bikin boros nasi ya

    ReplyDelete
  2. ini bacanya sambil berair mulut hahahaha... kepengin soalnyaa.. ikan asin sambal ama nasi panas, trus lalapan, duuuuuh itu udah enak banget ya mba nit... aku ga pgn lauk lain lagi laah kalo udh dpt itu :D

    ReplyDelete
  3. wahhh ikan asing ini favorit saya lho mbak, paling suka kalau disambel begini, tapi kalau saya sih nambah cabenya lagi. dimakan pakai nasi hangat, udah mantap luar biasa

    ReplyDelete
  4. Ngeri juga ya kalau ketemu ikan asin yang berwarna terang putih bersih gitu. Berarti pakai pengawet ya? Justru pilih yang mudah patah dan kecokelatan bahkan cenderung kehitaman. Udah lama ga makan ikan asin heheheh.Enak nih pakai cabe rawit yg banyak. Trus pake tempe pula :)

    ReplyDelete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P