Resep Rawon Daging Sapi

by - August 12, 2019

Cara memasak rawon daging sapi, kuliner Jawa Timur.

Cara memasak rawon daging sapi
Rawon Daging Sapi
Apa kabar, teman-teman?

Dulu sewaktu masih ngajar di sebuah tempat les di daerah Rawamangun, salah satu kedai makan yang sering saya kunjungi pas jam makan siang adalah kedai nasi pecel dan rawon. Saya lupa namanya, cuma di warung tenda sederetan dengan Tiptop Rawamangun yang bukanya siang doang. Kapan-kapan saya mau review juga ah nasi pecel dan rawon di kedai ini, haha...


Sejak itu saya jadi suka banget menyantap rawon, salah satu kuliner Jawa Timur yang rasanya gurih maknyus. Rawon memang bisa diartikan semacam sup daging sapi yang berwarna hitam. Katanya kalau di luar negeri namanya Black Soup ya.

Warna kuahnya yang hitam memang menjadi khas dari masakan rawon ini. Buah kluwek yang direbus sebentar, lantas digetok cangkangnya biar bisa dikeluarkan isinya, lalu digilinglah buah kluwek yang hitam ini barengan dengan bumbu rempah lainnya.

Rawon merupakan masakan atau kuliner khas Jawa Timur, tapi masakan ini juga terkenal di daerah Jawa Tengah bagian timur atau daerah Surakarta.

Biasanya rawon disantap dengan tambahan kecambah, telur asin, daun bawang, dan juga kerupuk udang. Tentunya makin lengkap dinikmati dengan nasi hangat.

Untuk memasak rawon daging sapi ini, saya melihat resepnya di web-nya Sajian Sedap, tapi ada beberapa rempah giling yang saya tambahkan, kayak ketumbar, cengkeh, dan biji pala. Biar rasanya jadi makin gurih.

Cara membuat rawon daging sapi, ini dia bahan-bahan yang perlu disiapkan:

350 – 500 gram daging sapi, bersihkan, potong dadu
2 liter air
2 batang serai, geprek

1 ruas ibu jari lengkuas, geprek
1 sdt gula pasir
1 sdt air asam

10 lembar daun jeruk
1 batang daun bawang, iris
Secukupnya minyak goreng
Kaldu block Maggie kalau diperlukan


Bumbu gilingnya:

10 siung bawang merah
5 siung bawang putih
4 buah kluwek

½ ruas ibu jari kunyit, bakar / sangrai  
4 butir kemiri, bakar / sangrai
½ sdt lada

1 sdt ketumbar
5 butir cengkeh
½ bulatan biji pala
Secukupnya garam

Lalu ini ya cara memasak rawon daging sapi:

Rebus sebentar kluwek, lalu getok cangkangnya untuk mengeluarkan isinya. Gabungkan isinya dengan bumbu giling.

Rebus daging sapi dengan 500 ml air, gunakan api pelan sembari dibuang busanya.

Panaskan minyak goreng, lalu tumis bumbu giling beserta serai, lengkuas, gula, air asam, daun jeruk, dan daun bawang hingga harum.

Masukkan sisa air 1,5 ml.

Pada rebusan daging, kalau memang airnya keruh banget, keluarkan aja dagingnya. Kalau airnya masih terlihat bening, gabungkan daging sapi beserta airnya ke dalam kuah bumbu.

Masak dengan api pelan hingga daging sapi empuk.

Kalau rasanya kurang gurih, bisa dimasukkan 1 kaldu block Maggie yang kecil ya. Saya kurang tau, apa kaldu ayam Maggie itu ada ukuran lainnya atau enggak, cuma yang saya gunakan ini block kecil.

Cara memasak rawon daging sapi
Rawon Daging Sapi
Untuk fotonya minus kecambah dan telur asin ya, hehe... Penggantinya dikasih timun aja. Pastinya disantap dengan nasi hangat taburan bawang goreng yang kriukkk.

Ini bukanlah rawon pedas atau rawon setan, jadi menu rawon daging sapi ini bisa dijadikan menu keluarga, untuk anak-anak atau anggota rumah yang kurang suka makan pedas.

Makasih banyak ya teman-teman udah mampir. Moga bisa jadi rekomendasi masakan harian teman-teman ya.

Mampir juga di resep olahan daging sapi saya lainnya...

You May Also Like

0 comments

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P