Resep Gulai Daun Singkong Teri Medan

by - September 06, 2019

Cara memasak gulai daun singkong masakan Padang dengan campuran teri medan.

Gulai Daun Singkong Masakan Padang
Gulai Daun Singkong Teri Medan

Apa kabar, teman-teman?

Setelah sebelumnya nulis cara memasak perkedel kentang dengan campuran teri medan, kali saya mau berbagi resep gulai daun singkong dengan campuran teri medan. Biasanya kalau gulai daun singkong ala masakan Padang itu suka dicampurkan dengan ikan, nah kali ini saya mau bikin dengan campuran teri medan aja. Biar rasanya pedes asin asin gitu dah, haha...

Untuk memasak gulai daun singkong yang endeuss, lebih baik kita pilih daun singkong yang muda aja, jangan yang udah tua karena biasanya akan keras sih walau udah dimasak agak lamaan.

Karena cuma pake teri medan aja, biasanya gulai daun singkong teri medan ini suka saya tambahin telor ceplok juga. Cara masak telurnya ini bisa diceplok terpisah dengan didihan air, trus diangkat dan digabungin deh ke kuah gulainya. Bisa juga diceplok langsung aja ke kuah gulainya. Kalau yang difoto ini telurnya saya gunakan 2 butir trus agak diaduk gitu, jadinya macam inilah, hehe...

Cara membuat Gulai Daun Singkong Teri Medan, ini dia bahan-bahan yang perlu disiapkan:

1 ikan daun singkong (ini sih dikira-kira aja ya)
1 genggam teri medan (bisa ditambahkan sedikit lagi mungkin)
¾ kelapa parut

3 gelas santan
5 buah cabe rawit hijau, belah dua
1 ruas ibu jari lengkuas, geprek

1 lembar daun kunyit, sobek
5 lembar daun jeruk, sobek
1 batang serai, geprek

2 ruas jeruk nipis / 1 buah asam kandis
Secukupnya minyak goreng


Bumbu gilingnya:

6 siung bawang merah
2 siung bawang putih
½ ruas ibu jari jahe

½ ruas ibu jari kunyit
1 sdt lada
1 sdt ketumbar
Sedikit garam

Lalu ini ya cara memasak Gulai Daun Singkong Teri Medan:

Yang pertama kita buat santannya dulu ya. Siapkan kelapa parut dan 1 gelas air, lalu peras dan saring. Ulangi 2 kali lagi ya, jadi total santannya ada 3 gelas.

Panaskan minyak goreng, lalu tumis bumbu giling, cabe rawit, lengkuas, daun kunyit, daun jeruk, dan serai hingga harum.

Masukkan santan lalu didihkan sembari diaduk ya. Gunakan api sedang aja.

Kalau udah mendidih masukkan daun singkong dan teri medan. Masak hingga daun singkongnya empuk dan kuah santannya juga udah terlihat agak kental. Gunakan api sedang juga. 

Menjelang matang, masukkan jeruk nipis.

Dicobain dulu ya untuk rasa garamnya. Karena pake teri medan yang rasanya asin, jadi penggunaan garamnya jangan langsung banyak dulu.

Gulai Daun Singkong Teri Medan
Gulai Daun Singkong Teri Medan
Gulai Daun Singkong Teri Medan yang saya buat ini rasanya nggak begitu pedas kok, karena cuma pakai cabe rawit yang dibelah aja. Kalau mau yang lebih pedas, cabe rawitnya bisa digiling juga aja sekalian.

Makasih banyak ya teman-teman udah mampir dan selamat mencoba ya.

Mampir juga ya di resep masakan gulai saya lainnya...

You May Also Like

0 comments

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P