Resep Tongseng Ayam Tanpa Santan

Cara memasak tongseng dengan olahan ayam tanpa santan.

Cara memasak tongseng ayam tanpa santan
Tongseng Ayam Tanpa Santan
Apa kabar, teman-teman?

Karena juga berbahan dasar olahan ayam maupun daging kambing, makanya tongseng seringkali dijual berbarengan dengan sate ayam dan juga sate kambing. Sekilas kalau dilihat, tongseng ini mirip dengan soto ya, karena berkuah santan yang beraroma rempah pula. Tapi ya tetap, tongseng punya tampilan isi serta rasanya yang spesial pula.


Tongseng, kalau yang saya baca di Wikipedia, merupakan salah satu kuliner khas Solo, Magelang, dan sekitarnya. Lalu ada juga tongseng daging suwir yang merupakan kuliner dari Kebumen.

Selain menggunakan olahan daging, yang bisa kita tukar-tukar juga mulai dari ayam, daging sapi, begitupun dengan daging kambing, tongseng juga menggunakan tambahan kol dan tomat yang bikin tongseng jadi tambah maknyuss. Apalagi pas disantap selagi masih panas ya, mari hajarr bersama nasi hangat juga, haha...

Walau bumbunya cukup banyak, karena yang bikin kuliner Indonesia itu juara ya karena penggunaan rempah yang beragam ini, proses memasaknya cukup mudah kok. Apalagi kalau tongseng ayam yang cukup cepet juga sih empuknya.

Tongseng yang saya tulis kali ini merupakan tongseng ayam tanpa menggunakan santan. Jadi rasa kuahnya lebih seger sih. Bisa untuk variasi aja selain menikmati tongseng berkuah santan yang juga sama enaknya.

Resep awalnya saya dapat dari IG-nya Mba @niladriana tapi ada beberapa bahan yang saya tambahkan dan kurangi, untuk menyesuaikan selera aja ya...

Cara membuat tongseng ayam tanpa santan, ini dia bahan-bahan yang perlu disiapkan:

½ ekor ayam
200 gram kol (secukupnya aja), iris tipis
1 batang daun bawang, iris

1 buah tomat merah, belah empat lalu iris
5 butir cabe rawit merah, belah dua
1 batang serai, geprek

2 lembar daun salam
5 lembar daun jeruk
1 ruas ibu jari lengkuas

1 sdt gula
1 - 2 sdm kecap manis
400 ml air (+_ 2 gelas sedang)
Secukupnya minyak goreng


Bumbu gilingnya:

8 siung bawang merah
2 siung bawang putih
½ ruas ibu jari kunyit

½ ruas ibu jari jahe
½ sdt lada
1 sdt ketumbar

4 butir kemiri
Secukupnya garam

Lalu ini ya cara memasak tongseng ayam tanpa santan:

Potong-potong ayam, lalu cuci bersih dan tiriskan.

Panaskan minyak goreng, lalu tumis bumbu giling bersama daun bawang, tomat, cabe rawit merah, serai, daun salam, daun jeruk, dan lengkuas. Tumis hingga harum.

Masukkan air dan kecap manis, lalu didihkan.

Masukkan ayam, lalu masak hingga ayam empuk. Gunakan api sedang aja dan ditutup ya.

Menjelang matang, masukkan gula.

Matikan kompor, masukkan kol, lalu aduk dan diamkan sebentar sembari ditutup biar kolnya empuk. Kecuali kolnya mau dimakan mentahan aja juga enak ini.


Cara membuat tongseng ayam tanpa santan
Tongseng Ayam Tanpa Santan
Tongseng ayam tanpa santan yang saya buat ini rasanya nggak begitu pedas. Kalau mentemen mau masak yang lebih pedas, bisa ditambahin aja ya cabe rawit merahnya, atau sekalian digiling bareng bumbu giling aja.

Makasih banyak ya teman-teman udah mampir. Moga bisa jadi rekomendasi ya bagi teman-teman yang senang banget memasak masakan nusantara.

Mampir juga ya di resep masakan gulai saya lainnya...  

1 comment:

  1. lagi bingung mau eksekusi ayam, kreatif aku kan minim paling diolah ayam goreng atau bakar atau opor. Pas banget baca tongseng ayam ini hahaha apalagi kesukaan suamiku tongseng :D

    nah Miss kukira pedes loh soalnya pake 5 cabe rawit :D kuy ah cobain

    ReplyDelete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P