Resep Perkedel Teri Medan

Cara memasak perkedel kentang dengan campuran teri medan.

Cara memasak Perkedel Teri Medan
Resep Perkedel Teri Medan
Apa kabar, teman-teman?

Teri medan atau yang biasa disebut juga dengan teri nasi, biasanya identik dengan campuran kacang tanah ya. Entah di balado maupun digoreng gitu aja, kayak salah satu lauk di Nasi Lemak. Aduh eyk jadi kangen Nasi Lemak deh, haha... Kali ini, teri medan yang asin-asin gurih ini saya masak sebagai campuran perkedel kentang.


Dalam memasak perkedel kentang, pastinya perkedelnya itu udah kita matangkan dulu, entah direbus, dikukus, maupun digoreng hingga empuk. Kalau saya biasanya lebih suka digoreng aja, biar nggak mengandung air. Jadi pas dibejeg dan dibentuknya pun juga lebih gampang.

Walau bikinnya mungkin agak ribet, tapi adonan perkedel kentang yang udah dibentuk,  juga bisa disimpan di dalam kulkas maupun freezer dalam kotak tertutup. Jadi kalau mau digunakan untuk sarapan maupun menu bekal, tinggal dilumuri kocokan telur aja, trus digoreng deh dengan api pelan, sampe asal terlihat kuning keemasan aja, karena bahan-bahannya kan emang udah matang ya.


Cara membuat Perkedel Teri Medan, ini dia bahan-bahan yang perlu disiapkan:

500 gram kentang
1 genggam teri medan
5 siung bawang merah, iris

1 siung bawang putih, iris
1 batang daun bawang, iris
¼ sdt lada

Sedikit garam
1 buah telur, kocok
Secukupnya minyak goreng

Lalu ini ya cara memasak Perkedel Teri Medan:

Kupas kentang, lalu iris agak tipis, cuci bersih, dan aduk dengan sedikit garam.

Panaskan minyak goreng, lalu goreng kentang dengan api sedang hingga kuning keemasan.

Cuci bersih teri medan, lalu tiriskan.

Panaskan sedikit minyak goreng, bisa gunakan bekas goreng kentang aja. Lalu goreng teri medan dengan api pelan menuju sedang, hingga kuning keemasan.

Goreng bawang merah dan bawang putih hingga kuning keemasan, lalu tiriskan.

Goreng daun bawang hingga layu aja, lalu tiriskan.

Haluskan kentang, lalu campurkan teri medan, bawang goreng, daun bawang, lada, dan sedikit garam. Karena ini pakai teri medan yang asin, jadi garamnya sedikit dulu ya.

Aduk merata adonan lalu bentuk bulat atau kotak.

Kocok telur, lalu balurkan adonan perkedel pada telur.

Panaskan minyak goreng, lalu goreng adonan perkedel dengan api pelan menuju sedang hingga kuning keemasan.

Cara membuat Perkedel Teri Medan
Resep Perkedel Teri Medan
Ini jadinya kurang lebih ada 7 potong. Karena pake teri medan, jadi ya berasa asin-asin gitu perkedelnya. Kalau mau pedas bisa ditambahkan lagi bubuk ladanya, atau mungkin dimasukkan irisan cabe rawit ke dalam adonannya.

Makasih banyak ya mentemen udah mampir dan selamat mencoba ya.

Mampir juga ya di resep masakan gorengan saya yang lainnya...

2 comments:

  1. Sumpah ngiler.. Langsung catet nih mau kasih ke ibuku biar bikin di rumah. Thank you Miss Nita :D

    ReplyDelete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P