Resep Bajigur Santan dan Bajigur Fiber Creme

Cara memasak bajigur menggunakan santan dan bajigur menggunakan fiber creme sebagai pengganti santan.

Cara membuat bajigur santan
Bajigur Santan

Apa kabar teman-teman?

Minuman bajigur memang mengingatkan saya akan jajanan semasa kecil dulu, haha... Iya, dari jualan abang-abang kelilinglah saya jadi tau minuman khas Jawa Barat ini. Minuman yang saya tau, rasanya mirip-mirip kuah kolak karena berasa gula merah, dan yang pastinyaaa... dingin. Iyes, walau pas lagi buka tutupnya itu asap terlihat mengepul-ngepul, tapi abang bajigur selalu sedia es batu untuk para pembeli yang demen bajigur dingin.


Bajigur yang biasanya dijual sepaket dengan ubi dan singkong rebus, tapi saya dulu mah demennya jajan bajigur doang. Makin kesini, abang-abang yang jualan bajigur emang udah nggak pernah lewat lagi, haha... Entah kenapa tukang makanan makin jarang lewat depan rumah.

Jadi kalau pas kepingin minum bajigur, ya sudahlahh... bikin sendiri aja. Pas tengok-tengok resep di web-nya sajian sedap, saya baru tau lho kalau bajigur itu ternyata pake sedikit kopi juga, haha... Pantesan enak banget, dan ternyata saya udah jadi penggemar minuman kopi dari kecil ya, haha...

Lantas yang bikin gurih dari bajigur adalah penggunaan santan dan sedikit garam. Untuk minuman atau cemilan manis, biasanya saya lebih suka pakai santan instant macam Kara aja, karena entah kenapa rasanya memang lebih gurih. Kalau untuk gulai atau masakan lainnya, baru deh pakai santan peras. Disamping pakai santan instant juga lebih simple ya.

Beberapa waktu itu, karena untuk kepentingan kerjaan, saya nyobain bikin bajigur dengan tambahan kental manis putih. Dan ternyata rasa bajigurnya jadi lebih agak-agak vanilla dan wangi gitu deh, hehe... Jadi temen-temen tinggal pilih aja ya, mau pakai yang full gula atau gula plus kental manis putih.

Cara membuat Bajigur Santan dan Kental Manis Putih, ini dia bahan-bahan yang perlu disiapkan:

200 ml santan instant (saya pakai Kara cair, ada yang ukuran ini)
1300 ml air (+_ 6,5 gelas sedang)
1 sdt kopi hitam

2 keping gula merah kecil / 1 keping yang besar
2 sdm gula pasir
6 sdm kental manis putih

½ ruas ibu jari jahe, kupas, bisa digeprek kalau mau lebih berasa aroma jahenya
3 lembar daun pandan
2 cm kayu manis
½ sdt garam

Cara memasaknya tinggal dicampurkan aja semua bahan, lalu masak dengan api pelan. Menjelang mendidih, sering-sering diaduk ya, biar santan instant-nya menyatu dan nggak gumpal. Lalu masak sampai gula merahnya udah meleleh semua dan aroma bajigurnya udah keluar.

Kalau udah matang, didiamkan dulu beberapa saat ya. Selain buat ngilangin panas, rasanya juga jadi lebih enak.

Cara membuat bajigur fiber creme

Bajigur dengan Fiber Creme 

Sekarang ini kan emang lagi trend untuk menukar santan dengan fiber creme. Jadi sekalian saya cobain juga bikin Bajigur dengan menggunakan fiber creme aja. Pas dicobain, rasanya jadi lebih segar, cuma pastinya nggak bener-bener mirip dengan bajigur yang menggunakan santan ya.

Jadi mentemen bisa pilih ya, mau menggunakan santan atau fiber creme aja. Untuk fiber creme ini saya pakai yang 100 gram, ada ini yang sachet ukuran segini. Lantas untuk bahan-bahan lainnya sih sama.

Memasak bajigur menggunakan fiber creme, karena tampilannya bubuk, jadi mesti diaduk banget di panci, biar nggak ada lagi bubuk yang menggumpal. Atau bisa juga diaduk dulu di mangkok dengan secukupnya air, baru deh dituang ke panci.

Makasih banyak ya teman-teman udah mampir. Moga bisa jadi rekomendasi ya bagi teman-teman yang senang menyantap bajigur.

6 comments:

  1. saya belum pernah minum bajigur mbak, tapi kalo liat bahannya mudah banget ya, bikinnya pun ga repot tinggal di didihkan lalu masukkan semua bahan,

    ReplyDelete
  2. Biar aman ga menggumpal, kalo gitu mendingan bubuk fiber cream dilarutkan di mangkok tersendiri aja ya :) AKu dulu tuh seriiiiiing buanget beli bajugur abang2. Ga cuma beli bajigurnya tapi juga jagung manis dan kacang bulu hehehe. Mau ah nyoba bikin bajigur ala Miss Nita, pakai fiber cream, praktis deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya pake santan atau fiber, memang mudah kok bikinnya :D

      Delete
  3. jd penasaran, aku blm prnh coba bajigur mba nit :D. kirain bajigur itu sma dengan sekoteng, ternyata beda yaaa hahahah. secara nemuin ini di jkt susah, jd kayaknya hrs coba bikin sendiri :p. tp mungkin aku mau pake santan dulu, biar tau rasa aslinya gmn. Tapi mudian pake fibercreame. kebetulan stok di rumah msh bnyak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda, bajigur warnanya macam kuah kolak :D Bikin yg pake santan dulu aja mba :D

      Delete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P