Resep Bajigur Santan dan Bajigur Fiber Creme

Cara memasak bajigur menggunakan santan dan bajigur menggunakan fiber creme sebagai pengganti santan.

Bajigur Santan
Bajigur

Apa kabar teman-teman?

Minuman bajigur memang mengingatkan saya akan jajanan semasa kecil dulu, haha... Iya, dari jualan abang-abang kelilinglah saya jadi tau minuman khas Jawa Barat ini. Minuman yang saya tau, rasanya mirip-mirip kuah kolak karena berasa gula merah, dan yang pastinyaaa... dingin. Iyes, walau pas lagi buka tutupnya itu asap terlihat mengepul-ngepul, tapi abang bajigur selalu sedia es batu untuk para pembeli yang demen bajigur dingin.

Bajigur yang biasanya dijual sepaket dengan ubi dan singkong rebus, tapi saya dulu mah demennya jajan bajigur doang. Makin kesini, abang-abang yang jualan bajigur emang udah nggak pernah lewat lagi, haha... Entah kenapa tukang makanan makin jarang lewat depan rumah.

Jadi kalau pas kepingin minum bajigur, ya sudahlahh... bikin sendiri aja. Pas tengok-tengok resep di web-nya sajian sedap, saya baru tau lho kalau bajigur itu ternyata pake sedikit kopi juga. Pantesan enak banget, dan ternyata saya udah jadi penggemar minuman kopi dari kecil ya, haha...

Lantas yang bikin gurih dari bajigur adalah penggunaan santan dan sedikit garam. Untuk minuman atau cemilan manis, biasanya saya lebih suka pakai santan instant macam Kara aja, karena entah kenapa rasanya memang lebih gurih. Kalau untuk gulai atau masakan lainnya, baru deh pakai santan peras. Disamping pakai santan instant juga lebih simple ya.

Beberapa waktu itu, karena untuk kerjaan, saya nyobain bikin bajigur dengan tambahan kental manis putih. Dan ternyata rasa bajigurnya jadi lebih agak-agak vanilla dan wangi gitu deh, hehe... Jadi temen-temen tinggal pilih aja ya, mau pakai yang full gula atau gula plus kental manis putih.

Bajigur Santan
Bajigur Santan

Cara membuat Bajigur Santan, ini dia bahan-bahan yang perlu disiapkan:

200 ml santan instant (saya pakai Kara cair, ada yang ukuran ini)
1300 ml air (+_ 6,5 gelas sedang)
1 sdt kopi hitam

2 keping gula merah kecil / 1 keping yang besar
2 sdm gula pasir
6 sdm kental manis putih

½ ruas ibu jari jahe, kupas
2 lembar daun pandan
2 cm kayu manis
½ sdt garam


Lalu ini ya Cara Memasak Bajigur Santan:

Campurkan semua bahan, lalu masak dengan api pelan sembari sesekali diaduk.

Menjelang mendidih, sering-sering diaduk ya, biar santannya menyatu dan nggak gumpal. 

Masak hingga mendidih, Pastikan gula merahnya udah meleleh semua.

Cobain dulu ya rasa manisnya. 

Kalau udah matang, disaring ya. Cuci daun pandan jahe, kalau nempel-nempel kopi. Masukkin lagi aja ke dalam bajigurnya, biar makin wangi.

Bajigur Santan
Bajigur Fiber Creme

Sekarang ini kan emang lagi trend ya untuk menukar santan dengan fiber creme. Jadi sekalian saya cobain juga, bikin Bajigur dengan menggunakan fiber creme. Pas dicobain, rasanya jadi lebih segar, cuma pastinya nggak bener-bener mirip dengan bajigur yang menggunakan santan ya.

Jadi mentemen bisa pilih ya, mau menggunakan santan atau fiber creme aja. Untuk fiber creme ini saya pakai yang 100 gram, ada ini yang sachet ukuran segini. Lantas untuk bahan-bahan lainnya sih sama.

Memasak bajigur menggunakan fiber creme, karena tampilannya bubuk, jadi mesti diaduk banget di panci, biar nggak ada lagi bubuk yang menggumpal. Atau bisa juga diaduk dulu di mangkok dengan secukupnya air, baru deh dituang ke panci.

Makasih banyak ya teman-teman udah mampir. Moga bisa jadi rekomendasi ya bagi teman-teman yang senang menyantap bajigur.

No comments:

Post a Comment

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P