Resep Bihun Bumbu Kunyit

Cara memasak bihun dengan bumbu kunyit tanpa kecap.

Cara memasak bihun bumbu kunyit
Bihun Bumbu Kunyit
Apa kabar, teman-teman?

Selain mie goreng, saya juga penyuka bihun goreng. Cuma kalau untuk bihun biasanya saya memang lebih suka masak sendiri, karena bihun beli matang seringkali masaknya kering banget, haha... Saya memang kurang doyan dengan bihun yang dimasak kelewat kering, jadinya macam keras gitu.


Memasak bihun biasanya memang dengan adukan kecap ya. Tapi karena waktu itu pas bihunnya udah beres direndam dan ditiriskan, elalahhh... lagi nggak ada stok kecap di kulkas. Ya udah bihunnya dimasak dengan bumbu kuning atau bumbu kunyit tanpa kecap aja.

Bihun bumbu kunyit yang saya masak ini cukup dengan campuran telur aja. Memasak bihun maupun mie goreng nggak harus berbahan seafood, ayam, atau segala sosis baso kok. Pakai telur aja asalkan bumbunya udah pas, bihunnya jadi enak.

Untuk memilih bihunnya, saya memang nggak punya rekomendasi brand khusus sih, cuma memang saya lebih suka beli bihun kemasan atau yang ada brand-nya. Selain aman ada label halal MUI serta izin BPOM-nya, kadang bihun yang kiloan itu suka apek, haha... Makanya saya lebih suka beli bihun kemasan aja, mau apapun brand-nya.

Cara membuat bihun bumbu kunyit, ini dia bahan-bahan yang perlu disiapkan:

2 keping bihun (125 gram)
Secukupnya air
1 buah timun, belah empat, iris

2 butir telur
1 batang daun bawang, iris
1 buah tomat, belah empat, iris
Secukupnya minyak goreng


Bumbu gilingnya:

5 siung bawang merah
1 siung bawang putih
½ sdt lada

1 sdt ketumbar
½ ruas ibu jari kunyit
5 buah cabe merah

½ sachet terasi
Secukupnya garam

Lalu ini ya cara memasak bihun bumbu kunyit:

Letakkan kepingan bihun pada wadah yang agak besar. Didihkan air, lalu rendam bihun dan tutup. Sembari diaduk ya biar matangnya merata. Lalu tiriskan.

Panaskan minyak goreng, lalu masukkan telur dan orak-arik.

Masukkan bumbu giling, daun bawang, dan tomat, lalu tumis hingga harum (orak-arik telurnya nggak usah diangkat ya, dicampurkan dengan semua bumbu dan bahan ini aja).

Masukkan bihun, lalu aduk hingga merata. Kalau agak susah, bisa dikasih sedikit air aja dan aduk-aduk sampai airnya habis.

Matikan kompor, masukkan irisan timun, lalu aduk merata.

Cara memasak bihun bumbu kunyit
Resep Bihun Bumbu Kunyit
Yang saya masak ini, bihunnya lupa ditiriskan, haha... Tampilannya jadi rada berkuah ya. Cuma lama-lama airnya ini bisa habis kok kalau nggak dimakan langsung, haha... Jadi kalau teman-teman mau masak rada berkuah ini pun juga enak kok.

Makasih banyak ya teman-teman udah mampir. Moga bisa jadi rekomendasi sarapan atau masakan harian teman-teman ya...

Mampir juga ya di resep masakan mie dan pasta saya lainnya....

1 comment:

  1. Ohh bihun dipakai kunyit juga bisa ternyata ya yg membuat tampilannya jadi kuning menggugah selera. Aku selama ini masak bihun cuma buat teman makan bakso ataupun digoreng biasa aja. Hooh toss kita kurang suka juga beli, apalagi kalau di abang2 lewat kadang rasanya ga ngalor g ngidul bikin ngedumel aja pas makan haha

    ReplyDelete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P