Masak Ayam Goreng Tepung, Kriukk Tapi Daging Ayamnya Kurang Matang? – Resep Ayam Geprek

by - January 04, 2020

Cara memasak ayam geprek dengan sambal rawit.

Resep ayam goreng tepung
Ayam Geprek Sambal Rawit
Apa kabar, teman-teman?

Bagi kita-kita pecinta ayam goreng tepung, begitupun dengan penyuka masakan pedas, pastinya udah nggak asing lagi ya dengan ayam geprek, masakan ayam goreng tepung dengan sambal khas Indonesia yang berawal dari Jogja.

Resto yang menjual kuliner ayam geprek pun bertaburan di Jakarta ini. Tapi seiring dengan aneka tepung instant untuk ayam goreng, nggak ada salahnya juga kita menghadirkan “restoran” ayam geprek di meja makan kita sendiri ya... Pas lagi ada stok ayam dan bikin variasi masak selain gulai dan goreng balado, memasak ayam goreng dengan lapis tepung yang kriukk pastinya bisa jadi pilihan ya.

“Gue pernah bikin ayam goreng tepung, Nit. Kulit tepungnya sih kriukk tapi kok daging ayamnya masih kurang matang gitu ya. Kalau masaknya agak dilamain, tapi takut tepungnya jadi gosong...”

Kalau pas lagi gosip-gosipin Syahrini masakan, biasanya begini obrolan tentang memasak ayam goreng tepung. Nggak cuma ayam goreng tepung aja sih, masak ayam penyet atau ayam goreng biasa pun, kadang suka nggak matang.

Well, saya bukan pakar masak ya, haha... Tapi boleh ya saya sharing tentang cara memasak ayam goreng ala saya yang anti mentah-mentah club, haha... Baik itu memasak ayam goreng biasa berbumbu rempah, maupun ayam goreng berlapis tepung bumbu.

Tips Ayam Goreng Empuk Walau Digoreng Alakadarnya

Sebelum ayam digoreng, pastinya dimarinasi dulu ya biar rasa ayamnya nggak hambar. Biasanya marinasi ayam ini bisa diungkep dan juga direbus. Kalau saya, ketimbang diungkep memang lebih suka direbus aja. Selain bumbunya meresap, ayamnya juga jadi udah empuk. Jadi mau digoreng sebentar aja pun, saya udah nggak perlu khawatir ayamnya udah matang atau belum.

Merebus ayam pun saya pilih karena cuma sebentar, dan sesudah itu ayamnya bisa langsung digoreng. Sementara kalau diungkep, perlu beberapa lama didiamkan biar bumbunya meresap. Karena saya kan lebih seringnya ke warung sayur hari ini untuk dimasak hari ini juga, haha... Jadi nggak sempet melakukan food preparation termasuk ungkep-ungkep ayam ini.

Merebus ayam tentunya dengan bumbu rempah yang digiling bersamaan dengan sedikit air. Ini dia bumbu giling yang saya biasanya gunakan, mulai dari ¼ kilo ayam hingga 1 ekor kadang. Bumbunya segini aja sih, yang penting penggunaan garam dan airnya aja yang biasanya ditambah.

Ini bumbu merebus ayam untuk masak ayam goreng tepung ya:

2 siung bawang putih
½ sdt lada
1 sdt ketumbar
Sedikit garam


Masukkan ayam dan bumbu giling, lalu tambahkan sedikit air. Biasanya kalau ayam ¼ kilo s/d ½ kilo, saya masukkan air mulai dari ½ gelas sedang. Kalau rasanya kurang ya tambahin aja. Airnya nggak usah banyak-banyak karena merebus ayam ini sebentar. Rebus sampai ayamnya kelihatan empuk.

Resep Ayam Goreng Tepung Dengan Tepung Bumbu Instant

Resep ayam goreng tepung dengan tepung instant
Ayam Goreng Tepung
Kalau ayamnya udah beres direbus dan mungkin ada sedikit sisa kuahnya, jangan dibuang ya. Bisa disimpan untuk kaldu atau dicampurkan aja ke tepung basah. Untuk memasak ayam goreng tepung, saya pakai tepung bumbu instant aja.

Untuk tepung basah, masukkan kurang lebih 3 sdm tepung bumbu instant. Lalu tuang sedikit demi sedikit air sembari diaduk, hingga tepungnya mengental. Jangan cair banget ya. Lalu siapkan juga tepung kering di piring.

Panaskan secukupnya minyak goreng ditambah dengan 1 sdm margarin. Lalu sementara nunggu minyak panas, masukkan potongan ayam ke dalam tepung basah, lalu pindahkan ke tepung kering. Masukkan lagi ke tepung basah, lalu tepung kering lagi. Jadi 2 kali ya. Kalau mau sekali aja juga nggak apa-apa sih, cuma ya kurang tebal tepungnya.

Kalau minyaknya udah panas, masukkan potongan ayam. Apinya gunakan api sedang, tapi kalau rasanya minyaknya udah panas banget, kurangin aja ya apinya, biar nggak cepet gosong. Oh ya minyaknya jangan kelewat ngepas, ntar kulit tepungnya nggak merekah.

Goreng ayam hingga warnanya kuning keemasan, lalu tiriskan. Udah jadi deh, tinggal disantap pakai saus aja. 

Resep Ayam Geprek Sambal Rawit

Resep Sambal Ayam Geprek
Ayam Geprek Sambal Rawit
Ayam geprek merupakan ayam goreng tepung yang diaduk bersamaan dengan sambal yang pedas. Yang khas dari ayam geprek ini memang sambalnya yang pedas ya.

Untuk memasak ayam geprek, biasanya saya beli ayam fillet aja yang udah bebas dari tulang. Kalau pas beli ayam potongan di warung, ya tetap potongan ayamnya digoreng macam ayam goreng tepung biasa, abis itu baru deh dipisahin tulangnya.

Selanjutnya adalah siapkan bahan-bahan untuk gilingan sambalnya. Sambal rawit yang saya buat ini memang nggak pakai bawang merah. Cukup cabe rawit merah, bawang putih, jeruk nipis, dan garam, lalu disiram minyak panas sisa goreng ayam sebelumnya.

“Nganuu, Nit. Kalau cuma bikin sambel doang tanpa goreng ayam, minyaknya gimana?”

Ya udah saya pakai minyak yang baru trus dipanasin, cause we don’t wanna keep minyak jelantah at home, haha...

Bumbu giling untuk membuat sambal rawit ayam geprek:

20 buah cabe rawit merah
1 siung bawang putih
1 ruas jeruk nipis
Sedikit garam


Kalau udah halus, panaskan minyak goreng. Lalu campurkan kurang lebih 3 sdm ke gilingan sambal. Pastikan minyaknya udah panas ya, biar pas disiramkan dan diaduk, wangi bawang putihnya menguar. Ini yang bikin sambal rawitnya jadi tambah enak, nggak cuma pedes doang.

Sambalnya udah ready, saatnya masukkan ayam goreng tepung untuk dicampurkan dengan sambal rawitnya. Resepnya ini saya gunakan untuk ¼ kilo ayam ya. 1 ekor ayam itu kurang lebih 1 kilo.
Jadinya seperti ini...

Resep Sambal Ayam Geprek
Ayam Geprek Sambal Rawit
Ini pedasnya cukup berasa, berpadu dengan bumbu ayam dan kulit tepungnya. Jadinya sepiring cukup banyak.

Makasih banyak ya teman-teman udah mampir. Moga bisa jadi rekomendasi ya untuk memasak ayam goreng tepung biasa maupun ayam geprek pedas.

Mampir juga ya di resep olahan ayam saya yang lainnya...      

You May Also Like

1 comments

  1. Mba msh jualan yg ayam geprek by go food? Aku pernah beli, dan enaaaak :D. Memang Kroes, dan yg ptg Mateng. Itu mba yg masak juga?

    ReplyDelete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P