Resep Es Palu Butung

Cara membuat es palu butung, kuliner cemilan manis dari Makassar, Sulawesi Selatan. 

Cara membuat es palu butung
Es Palu Butung
Apa kabar, teman-teman?

Kita semua pastinya setuju ya kalau kuliner Indonesia itu juara banget. Iyalah, karena kita orang Indonesia kan, haha... Kalau buka kita yang koar-koarin kuliner negeri kita sendiri, ya siapa lagi, kan...

Selain makanan utama, cemilan khas Indonesia juga nggak kalah enaknya. Salah satunya yang saya suka adalah es palu butung, kuliner atau cemilan manis khas Kota Daeng sana. Selain terkenal akan Es Pisang Ijo, Es Palu Butung juga nggak kalah lezatnya.

Sama-sama menggunakan bubur sumsum, es serut atau es batu, serta sirup merah. Cuma kalau yang membedakan antara es pisang ijo dengan es palu butung adalah tampilan pisangnya. Sesuai namanya – es pisang ijo, potongan pisangnya dilapisi dengan tepung pandan. Sedangkan untuk es palu butung, potongan pisangnya cukup dikukus aja.

Selain tampilannya, ternyata jenis pisang yang digunakannya pun juga berbeda. Kalau pada es pisang ijo, pisang yang digunakan adalah pisang kepok. Sedangkan pada es palu butung, menggunakan pisang raja. Tapi pas saya baca di resepnya web sajian sedap, mereka juga menggunakan pisang kepok untuk bikin es palu butung ini. Jadi sebenernya sih disesuaikan dengan selera aja, atau dengan stok yang ada di pasar ya, hehe...

Resep bubur sumsum es pisang ijo
Bubur sumsum santan untuk es pisang ijo atau es palu butung
Gabungan potongan pisang kukus dengan bubur sumsum. Salah satu yang bikin es pisang ijo maupun es palu butung ini enak adalah, bubur sumsumnya ini dimasak menggunakan santan juga. Dipadukan dengan garam, bubur sumsumnya jadi terasa gurih. Kalau biasanya saya masak bubur sumsum gula merah kan memang nggak pake santan.

Lalu nggak lupa adanya sirup merah yang bikin es pisang ijo dan juga es palu butung makin mantap. Selain tampilannya jadi cerah, rasanya juga jadi manis. Kalau saya bikinnya ditambah kental manis putih lagi, biar ada aroma vanilla juga.

Dibanding memasak es pisang ijo yang kalau buat saya masih agak ribet, haha... But maybe someday saya coba masak ya. Makanya saya lebih suka masak es palu butung aja. Lagipula, saya memang lebih suka es palu butung ini ketimbang es pisang ijo.

Resep aslinya saya pakai dari web-nya sajian sedap, cuma ada sedikit sekali yang saya tukar untuk memudahkan aja. Kayak santannya saya pakai santan instant aja, serta saya tambah kental manis putih juga. Jadi ini bahan-bahan dari yang udah saya buat ya...

Cara membuat Es Palu Butung:

12 pisang kepok (bisa gunakan pisang raja, sesuaikan aja)
75 gram tepung beras (saya pakai 3 sdm munjung)
200 ml santan instant (saya pakai 3 bungkus Kara yang segitiga, ini 200 ml lebih dikit)

1 liter air (+_ 5 gelas sedang)
125 gram gula pasir
2 lembar daun pandan, ikat

1 sdt garam
Secukupnya sirup merah (saya pakai Marjan cocopandan)
Secukupnya es serut atau es batu


Lalu ini ya cara memasak Es Palu Butung:

Kukus pisang kepok kurang lebih 20 menit. Kupas lalu potong-potong

Campurkan tepung beras, santan instant, air, gula, daun pandan, dan garam. Aduk sampai tepungnya merata. Nyalakan kompor, masak dengan api pelan sembari diaduk hingga mengental jadi bubur sumsum.

Saring bubur sumsum ketika memindahkan ke wadah.



Kalau bubur sumsumnya udah dingin, saatnya sajikan. Kalau dalam semangkok biasanya saya ambil kurang lebih 5 sdm bubur sumsum, potongan pisang kukusnya, lalu kasih 1 sdm sirup cocopandan, serta 1 sdm kental manis putih. Nggak lupa es serut atau es batunya. Pas diaduk warnanya jadi pingky deh.

Makasih banyak ya teman-teman udah mampir. Moga bisa jadi rekomendasi cemilan teman-teman ya, khususnya yang penyuka minuman dingin. Nggak lupa sembari kita terus lestarikan kuliner khas Indonesia, dari daerah manapun itu...

Mampir juga ya di resep minuman saya lainnya...

2 comments:

  1. Es palu butung ini aku pesen kalo sedang ga pengen makan berat, tp perut lumayan laper :p. Makan seporsi aja biasanya udh kenyang, tapi g yg sampe begah. Sukaaaaak. Cuma seringnya kalo ke resto Makassar, aku LBH seneng pesen es palu butung drpd yg pisang ijo mba. Pdhl cm beda warna yaaa :D.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena es patu bulung lebih ke cuma pisang kukus aja sih, jadi kalau saya memang lebih suka ini sih :D

      Delete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P