Cara ke Standing Buddha Dharmikarama Burmese Temple – Traveling Penang 2020 Day 2C

Dharmikarama Burmese Temple – sebuah kuil wisata Buddha yang terkenal dengan Standing Buddha atau Patung Buddha Berdiri. Kami pun mengunjungi kuil ini bersamaan dengan kuil Patung Buddha Tidur. Wisata Penang 2020.

Standing Buddha Dharmikarama Burmese Temple
Standing Buddha Dharmikarama Burmese Temple - Traveling Penang 2020

Urutan ceritanya mulai dari sini ya:



Apa kabar, teman-teman?

Dari kuil Patung Buddha Tidur, kami tinggal nyeberang aja menuju kuil patung Buddha berdiri. Walaupun ini sama-sama kuil Buddha, tapi tampilan kedua kuil ini berbeda. Apalagi dari budaya yang berbeda juga. Kalau Sleeping Buddha Temple merupakan kuil Thailand, sedangkan Standing Buddha Temple ini merupakan kuil Myanmar. Jadi berkunjung ke kedua kuil ini, bagi saya anggap aja latihan sebelum mengunjungi kedua negaranya, haha...

Harga Tiket Masuk Standing Buddha Dharmikarama Burmese Temple

Patung Buddha Berdiri Dharmikarama Burmese Temple
Patung Buddha Berdiri Dharmikarama Burmese Temple - Traveling Penang 2020
Sama kayak ke Kek Lok Si dan Sleeping Buddha Temple, di Standing Buddha Temple ini juga nggak ada tiket masuk yang dikenakan, alias gratis. Yang terpenting kita berpakaian yang sopan ya, karena mengunjungi tempat ibadah kan.

Standing Buddha Dharmikarama Burmese Temple
Mba Nila di Standing Buddha Dharmikarama Burmese Temple - Traveling Penang 2020
Kuil patung Buddha berdiri ini macam ada 3 bangunan terpisah. Mungkin di dalamnya ada lagi, tapi kami memang cuma main di area depannya aja sih. Di bangunan yang pertama paling kiri, ini ada lorong berisi meja panjang. Lilin pun udah disiapkan sebegitu banyaknya, untuk perayaan Imlek besoknya. Dalam beberapa deret ini ada tulisan jam untuk menyalakan lilinnya.

Traveling Penang 2020
Standing Buddha Dharmikarama Burmese Temple - Traveling Penang 2020
Kami cuma melongok di  lorong yang ada lilinnya ini, lalu berpindah ke gedung yang ditengah. Di sinilah patung Buddha berdiri itu berada. Ruangannya cukup besar dan patung Buddha ini ada di tengah ruangannya. Berjalan ke belakang ruangannya juga ada patung lainnya yang lebih kecil dan cukup banyak juga di kiri dan kanan lorong.

Traveling Penang 2020
Patung Buddha Berdiri Dharmikarama Burmese Temple - Traveling Penang 2020
Kami kembali keluar dan melihat gedung yang di kanan. Di sini ada tempat ibadah juga dengan ruangan yang lebih kecil. Di depannya ada patung gajah. Kami nggak masuk di ruangan ini, karena lagi ada yang ibadah (ruangannya nggak terlalu besar).

Traveling Penang 2020
Standing Buddha Dharmikarama Burmese Temple - Traveling Buddha 2020
Lalu di area belakang, ini ada bangunan dengan khas Myanmar. Standing Buddha Dharmikarama Burmese Temple ini dibangun pada tahun 1803. Sebuah kuil Buddha pertama di Penang, serta merupakan satu-satunya kuil Buddha di luar Burma, wow... 

Selain patung Budha berdiri, di sini juga ada pagoda, pohon pengharapan, serta apartemen untuk para biksu. Di sini juga ada jalan setapak dengan mural yang keren, yang menceritakan perjalanan Siddharta dengan pakaian khas Burma, ketika mencapai nirwana dan menjadi Buddha.

Traveling Penang 2020
Patung Buddha Berdiri Dharmikarama Burmese Temple - Traveling Penang 2020
Untuk masuk ke dalam kuil patung Buddha berdiri ini juga perlu lepas sepatu. Karena ini kuil wisata juga, jadi siapa aja boleh mengunjungi.

Selain untuk perayaan Waisak dan Imlek, di Standing Buddha Temple ini juga menjadi tempat perayaan Thankyan atau festival air. Ya, semacam Songkran yang diadakan di Thailand. Festival Thankyan ini juga diadakannya pas bulan April. Wow kayaknya ke Penang pas bulan April juga asyik ya, haha...

Traveling Penang 2020
I'm so tired, haha... - Traveling Penang 2020
Selesai sudah wisata kami ke tiga temples Buddha yang ada di Penang. Agenda selanjutnya adalah shopping di Gurney Plaza, yeayyy... Dari sini menuju Gurney Plaza deket sih, tapi karena panas, cuss lah naik Grab lagi, haha...

Sampai jumpa di traveling diary kami di Gurney Plaza ya, beli jajanan di supermarket-nya. Makasih banyak ya teman-teman udah mampir. Moga bisa jadi rekomendasi ya bagi teman-teman yang pingin liburan ke Penang.


Standing Buddha Dharmikara Burmese Temple

24, Jalan Burma, Pulau Tikus, George Town, Pulau Pinang, Malaysia

Buka setiap hari, jam 8.00 - 17.00

1 comment:

  1. Ooohhh.... masuk ke kuil patung Buddha berdiri tuh kudu lepas alas kaki ya? Namanya juga temoat suci, sama aja ketika kita mau beribadah di masjid kan. Btw jadi di sana ada apartemen yg khusus bagi para biksu? Wah, benar2 diperhatikan ya. Itu Mbak Nila fotoan di tengah ruangan temple bagus banget. Warna merah roknya bisa senada ya dengan motif dekorasinya :)

    ReplyDelete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P