Makan Malam di Restoran Kapitan – Traveling Penang 2020 Day 1D

Restoran Kapitan – restoran halal di Lebuh Chuila, George Town yang menyajikan kuliner India, Arab, dan Malaysia yang halal. Wisata Penang 2020.

Kuliner Penang 2020
Restoran Kapitan - Traveling Penang 2020

Urutan ceritanya mulai dari sini ya:



Apa kabar, teman-teman?

Selesai menikmati senja di Chew Jetty, saatnya kami menyeberang dan berjalan kaki di sepanjang jalan Lebuh Armenian. Ruas jalan yang cukup meriah dengan kulineran dan beberapa mural di kanan kiri jalan. Merah meronanya lampion juga bikin Lebuh Armenian ini makin cantik.


Sampailah kami di jalan yang bertuliskan Lebuh Chuila. Restoran Kapitan ini berada di hook, jadi gampang juga kok nyarinya, terlebih ada tulisan yang cukup besar. Restoran dengan konsep terbuka dan cukup rame juga orang-orang yang pingin makan malam. 

Tapi walaupun rame, meja kursinya juga cukup banyak. Nggak muat di lantai bawah, bisa ngungsi ke lantai atas, haha... Begitu kami duduk, salah seorang waiter langsung menghampiri kami untuk ngasih lihat daftar menu. Eh... eh... ada waiter berondong Pakistan yang bikin duo makcik travelmate saya ini ribut amat, hahahah...

Deretan kuliner India mulai dari makanan utama, minuman, hingga cemilan pun beragam di daftar menunya. Restoran Kapitan memang menyuguhkan kuliner India, Arab, dan Malaysia yang halal. Makanya banyak orang-orang Melayu pun yang makan di sini barengan kami. Menu western-nya juga ada, jadi pasukan bule pun pada makan juga di restoran ini.

Sembari lihat-lihat daftar menu, ternyata makanan Pakcik di meja depanlah yang menarik hati kami, hahah... Nasi briyani dengan ayam masak merah. Nasi yang seabreg-abreg yang bikin kami sepakat untuk pesan itu aja buat dimakan bertiga. Senagaja biar nggak kenyang amat, karena mau jajan yang lainnya, haha...

Set Chicken Nasi Briyani

Kuliner Halal Penang 2020
Nasi Briyani Ayam Masak Merah - Restoran Kapitan Penang 2020
Ini dia Nasi Briyani Ayam Masak Merah yang kami pesan. Sepiring gede dengan seabreg nasi briyani, sepotong besar paha ayam yang dimasak merah, lalu dilengkapi dengan kuah kari, kuah macam pake cabe ijo, dan acar timun-bawang.

Traveling Penang 2020
Nasi Briyani - Restoran Kapitan Penang 2020
Teman-teman mungkin juga udah familiar ya, dengan nasi briyani atau yang kadang disebut juga dengan nasi biryani. Nasi khas masakan India dan Arab yang dimasak dengan bumbu rempah. Beras yang digunakannya juga khusus, yaitu beras brasmati yang tampilannya panjang-panjang gini.

Pas dimakan, lama-lama nasi briyani ini berasa pedesnya, haha... Dari bumbunya ada yang mengandung rasa pedas. Tapi ini enak banget, rasa rempah Indianya light. Saya memang kurang suka dengan masakan India yang aroma rempahnya strong banget.

Kuliner Halal Penang 2020
Ayam Masak Merah - Restoran Kapitan Penang 2020
Lalu ayam masak merahnya ini macam ayam panggang dengan bumbu yang khas. Rasanya gurih dan unik juga ini, haha... Nggak bisa nebak bumbunya ini...

Kuah karinya pun juga nggak kalah lezatnya dengan bumbu rempah yang light pula, jadi agak mirip gulai ayam Padang deh. Lalu kuah yang ijo itu macam berasa cabe ijo dengan bumbu lainnya, trus rasanya gurih agak manis.

1 set nasi briyani dengan ayam masak merah ini harganya RM 12 sekian cent. Pilihan lainnya ada beef, mutton, dan kayaknya ada yang lainnya deh.


Roti Tissue

Kuliner Halal Penang 2020
Roti Tissue - Restoran Kapitan Penang 2020
Waktu itu saya baca tulisan Mba Fanny dcatqueen, tentang roti tissue pas doi ke Kuala Lumpur. Waduhh saya jadi kepingin banget nyobain ini roti tissue, haha... Pas ke Kuala Lumpur tahun lalu nggak sempet jajan ini, jadilah begitu ngelihat ada menu ini di Restoran Kapitan, langsung order, haha...

Kuliner Halal Penang 2020
Roti Tissue - Restoran Kapitan Penang 2020
Ini diaaa... roti yang tipis banget macam d’crapes gitu. Mungkin karena setipis tissue ya jadi dikasih nama gini, haha... Rasanya garing dan manis, karena dikasih lelehan kental manis putih. Difotonya sih nggak kelihatan ya.

Roti tissue ini harga RM 2 sekian cent.


Beef Murtabak

Kuliner Halal Penang 2020
Beef Murtabak - Restoran Kapitan Penang 2020
Tadinya kita sempet galau antara mau order beef murtabak atau roti tissue. Akhirnya kami order roti tissue dulu. Beef murtabaknya belakangan aja, karena mau dimakan setelah makan nasi kan. Pas baca menu murtabak ini, kok saya jadi inget murtabak di Naj Resto Singapur, haha...

Agak lama juga dimasaknya ini, karena saat itu pengunjungnya juga makin padat. Begitu keluar, waaa... martabak daging sapi yang tebel banget. Daging sapi cincangnya ini banyak dan rasanya dengan gurih yang pas. Panas-panas nggak sabar mau makannya, haha...

Kuliner Halal Penang 2020
Beef Murtabak - Restoran Kapitan Penang 2020
Beef murtabak ini dicocol dengan kuah kari dan acar bawang. Kalau ke sini lagi, saya pingin nyobain yang chicken murtabaknya.

Beef murtabak ini harganya RM 5.50. Pilihan lainnya ada chicken murtabak, mutton murtabak, dan mungkin ada pilihan lainnya.


Massala Tea

Kuliner Halal Penang 2020
Massala Tea - Restoran Kapitan Penang 2020
Tadinya pikir saya, Mba Dini pesan teh tarik, eh nggak taunya ini massala tea. Teh yang dicampur dengan bumbu rempah khas India, trus pake gula juga. Entah pake susu juga mungkin, karena tampilannya macam teh tarik ya.

Saya nggak nyobain sih, karena nggak doyan minuman yang rasa rempah-rempah gitu, hehe...

Massala Tea ini harganya palingan RM 2 sekian cent sih, minuman rata-rata harganya segini dah.


Andai ada rezeki ke Penang lagi, sudah pasti Restoran Kapitan akan masuk dalam agenda kulineran saya, haha... Karena menunya banyak banget, terlebih masakan India yang buat saya unik-unik banget.

Restoran Kapitan ini buka setiap hari selama 24 jam, wow... Jadi kapanpun mentemen laper, tinggal kulineran aja deh di sini. Terlebih yang nginepnya di Lebuh Chuila. Ini nggak jauh dari Masjid Kapitan Keling juga kok.

Fotonya di tempat kuliner sebelumnya yaaa...
Ok, ini kurang lebih traveling diary kami pas makan malam di Restoran Kapitan. Makasih banyak teman-teman udah mampir. Moga bisa jadi rekomendasi ya bagi teman-teman yang wisata kuliner di Penang, terlebih dari daerah George Town.


Restoran Kapitan

93, Lebuh Chulia, George Town, Pulau Pinang, Malaysia

Buka setiap hari 24 jam

5 comments:

  1. Nasi Briyani ini inceran aku miss, penasaran banget pengen coba dan baru tahu ternyata berasnya juga kheseus ya wkwk...
    Belum pernah coba juga masakan India yang kaya dengan rempah2, aku bayanginnya kayak nasi padang Miss :D saking belum pernah cobain :p

    dan yang bikin aku salfok itu Roti Tisue nya kayaknya enak yah jadi pengen juga semoga ada rezeki bisa ke Penang nih aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nasinya panjang2 :D Bumbu rempahnya agak beda sih, kuah gulai Padang dg India, hehe... Roti tissue garing ini :D

      Delete
  2. Oooooh itu Massala tea? Mirip teh tarik ya? Nyam3x deh lihat nasi briyani dan ayam masak merahnya. Enak aku suka nasinya unik ya bentuk dan rasanya hihihihi Yamnya pasti empuk dan meresap bumbunya. Itu kayak kertas banget kelihatannya...rapuh ga pas digigit rotinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya tampilannya kayak teh tarik ya, cuma pake rempah. Rotinya garing super tipis :D

      Delete
  3. Roti tisunya kok ga tingiiii hahahahah :p. Ato itu udh setengah di makan :D? Aku ga akan prnh bosen Ama makanan India kalo ke Malaysia ,apalagi Penang. Krn rasa indianya itu ga strong banget kayak resto India lain . Pas kalo di Malaysia itu. Briyaninya slalu enak, teh tariknya apalagiiii :D. Kangen aku mba pgn kulineran di sana.

    Aku blm coba nih teh masala. Tapi kok kayakny ga tertarik jg ya. Aku kalo dgr masala, lgs inget kari soalnya hahahah

    ReplyDelete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P