Memilih Tepung Bumbu Ayam Goreng yang Enak

Tepung bumbu merk apa yang bagus, untuk membuat ayam goreng tepung yang kriuk dan enak? Berikut ini rekomendasi tepung bumbu dan cara memasak ayam goreng tepung, untuk menyulap meja makan kita layaknya restoran ayam goreng tepung siap saji.

Ayam goreng tepung apa yang enak?
Ayam goreng tepung dengan tepung bumbu siap masak

Apa kabar, teman-teman?

Ayam goreng tepung, hemm... rasanya nggak cuma anak-anak aja ya yang memfavoritkan menu yang satu ini. Orang dewasa pun juga banyak yang suka banget menyantap ayam goreng tepung. Makanya resto ayam goreng tepung siap saji selalu dipenuhi berbagai kalangan, karena memang pas untuk menjadi tempat kuliner keluarga.

Makin ke sini, dengan makin beragamnya tepung bumbu ayam goreng siap masak, bagi kita-kita yang senang masak pun juga bisa bikin ayam goreng tepung sendiri. Tepung bumbu siap masak memang sangat memudahkan ya, kita jadi nggak perlu nakar-nakar tepung dan berbagai bumbu rempah kering lainnya.

Saya memang selalu nyetok tepung bumbu ayam goreng di dalam kulkas. Bukan berarti setiap hari juga saya memasak ayam goreng tepung, haha... Karena tepung bumbu ayam goreng kan nggak cuma bisa digunakan untuk memasak ayam goreng tepung aja. Kalau di warung ibu sayur lagi ada tahu dan tempe, juga bisa saya goreng dengan baluran tepung bumbu. Begitupun dengan terong atau oncom, sekalian digoreng tepung juga enak banget.

Jadi walau ada tepung bumbu yang khusus untuk tempe tahu dan bahan masakan non daging, saya lebih suka menggunakan sekalian tepung bumbu ayam goreng aja.

Tepung Bumbu Ayam Goreng Apa yang Bagus untuk Memasak Ayam Goreng yang Enak?

Biasanya ini yang menjadi pertanyaan teman-teman kalau pingin memasak ayam goreng tepung. Kalau saya memang menggunakan tepung bumbu dari berbagai brands, karena masing-masing memang punya keunggulan rasa. Adanya harga diskon juga seringkali yang bikin saya tertarik untuk beli tepung bumbu ayam goreng dari brand itu, haha...

Karena memasak ayam goreng tepung, kalau buat saya ya nggak cuma tentang memilih tepung bumbu aja, tapi juga cara mengolahnya. Biar menghasilkan ayam goreng yang gurihnya pas dan garing pas disantap.

Berikut ini tips dari saya untuk memasak ayam goreng tepung yang gurih dan kriukk...

Tentukan Ingin Memasak Ayam Goreng Tepung atau Ayam Geprek

Cara memasak ayam geprek
Ayam Geprek Sambal Rawit
Ayam goreng tepung merupakan potongan ayam yang digoreng dengan baluran tepung bumbu. Kalau pingin memasak ayam goreng tepung, kita bisa beli daging ayam dengan potongan apa aja. Mau paha, dada, sayap, begitupun dengan ceker.

Sedangkan ayam geprek merupakan daging ayam yang udah digoreng tepung, lantas digeprek dan diaduk dengan sambal rawit. Jadi biasanya untuk memasak ayam geprek, kita bisa pilih ayam tanpa tulang, macam ayam fillet atau potongan dada ayam.


Siapkan Bumbu Marinasi Ayam

Sebelum dibalur tepung, daging ayamnya dimarinasi dulu dengan beberapa bumbu rempah, biar daging ayamnya terasa gurih. Kita bisa pilih, mau diungkep atau direbus. Kalau saya biasanya direbus aja, karena cuma sebentar dan bisa langsung digoreng.

Untuk marinasi ayam, ini bumbu rempah yang saya gunakan:

2 siung bawang putih
½ sdt lada
1 sdt ketumbar
½ ruas ibu jari jahe
Sedikit garam

Semuanya digiling halus. Biasanya saya menggunakan bumbu ini untuk ¼ s/d ½ kilo ayam. Lalu saya rebus sebentar dengan +_ ½ gelas sedang air. Rebus sampe ayamnya kelihatan empuk.

Kalau teman-teman memang lebih suka ayam yang diungkep, tinggal dicampurkan aja bumbu gilingnya, aduk, setelah itu diamkan kurang lebih setengah jam deh di dalam kulkas. Ngungkep ayam lebih lama, bumbunya juga akan lebih meresap.

Bumbu siap masak untuk marinasi ayam goreng juga banyak di pasaran. Ini juga bisa menjadi pilihan. 


Buat Tepung Basah dan Tepung Kering

Tepung bumbu yang udah saya beli, saya ambil kurang lebih 3 s/d 5 sdm. Lalu tuang air sedikit demi sedikit sembari diaduk, hingga tepung basahnya mengental. Lalu ambil lagi kurang lebih 5 sdm untuk tepung keringnya.

Masukkan satu persatu potongan ayam yang udah dimarinasi ke dalam tepung basah, angkat lalu masukkan ke dalam tepung kering. Bisa diulang 2x untuk menghasilkan kulit yang lebih tebal dan kriukk.


Goreng Ayam dengan Minyak Panas

Panaskan minyak goreng, bisa juga dicampurkan dengan 1 sdm margarin, biar pas digoreng jadi lebih wangi.

Pastikan minyaknya udah panas, lalu masukkan potongan ayam. Untuk ayam yang diungkep, kalau minyaknya udah panas banget, apinya agak pelan aja biar daging ayamnya matang.

Kalau ayam yang udah direbus, ini tinggal mematangkan kulit tepungnya aja sampe kuning keemasan, jadi gunakan api sedang aja.


Siapkan Pelengkap untuk Menyantap Ayam Goreng

Ayam goreng tepung apa yang enak?
Ayam goreng tepung 
Biasanya ayam goreng tepung disajikan dengan saus sambal maupun saus tomat. Disantap dengan kecap manis pun juga sama nikmatnya. Lalu kalau untuk ayam geprek, tinggal kita siapkan sambal rawit uleknya. Saya udah nulis resep ayam geprek beserta sambal rawit pada postingan sebelumnya ya...

Rekomendasi Tepung Bumbu untuk Memasak Ayam Goreng Tepung

food blogger jakarta
Pic: my-best.id
Memilih tepung bumbu dengan rasa garam dan gurih yang pas, juga menentukan rasa ayam goreng tepung yang enak. Berikut ini 10 rekomendasi tepung bumbu untuk memasak ayam goreng tepung, yang seringkali saya gunakan. Saya udah menulisnya di web my-best.id ya. Mari teman-teman silakan mampir ke postingannya:


Di luar 10 ini bukan berarti nggak bagus, tapi saya memang belum mencobanya. Ada juga brands atau variants lain yang saya udah coba, tapi ini saya rangkum 10 rekomendasi aja ya...

Oh ya di my-best.id juga banyak rekomendasi berbagai masakan, makanan, serta berbagai rekomendasi lainnya yang bisa membantu kita-kita dalam memilih produk.

Makasih banyak ya, teman-teman udah mampir. Moga bisa jadi rekomendasi ya untuk memasak ayam goreng tepung dan ayam geprek yang enak...

1 comment:

  1. Ooooh, ternyata ada rahasia enaknya masakan ayam goreng ya? AKu ga ngeh ternyata ada marinasi segala hihihihi :) Ala ayam geprek juga enak tuh kayak, bakalan krispi campur pedas. AKu biasanya sih gonta-ganti merek tepung bumbu ayam goreng yang ada di minimarket, biasanya yang lagi diskon wkwkwkkw emak ogah rugi banget deh :D

    ReplyDelete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P