Resep Es Jelly Cincau Thai Tea

Cara membuat minuman Thai tea dengan campuran Nutrijell rasa cincau.

Cara membuat Thai tea
Es Jelly Cincau Thai Tea
Apa kabar, teman-teman?

Dari beberapa variants Nutrijell yang sering saya beli, salah satunya adalah Nutrijell yang rasa cincau. Walau memang kalau buat saya sih rasanya nggak cincau banget, tapi untuk bikin minuman, saya senang menggunakan Nutrijell yang rasa cincau ini.

Ketimbang dimakan langsung, biasanya Nutrijell rasa cincau lebih sering saya bikin untuk campuran minuman aja. Kayak kali ini yang saya bikin adalah Nutrijell rasa cincau, yang dicampurkan dengan minuman Thai tea. Tinggal ditambahin potongan es batu atau disimpan dulu di dalam kulkas, menyantap jelly rasa cincau dengan “kuah” Thai tea pastinya seger banget.

Layaknya teh tarik, saya juga suka banget minum teh Thailand. Begitupun dengan adek ipar. Karena memang adek ipar beli daun teh Thailand ini, jadi selain kita bikin minuman Thai tea, kadang kita bikin juga dengan campuran jelly.

Kalau dibandingkan dengan daun teh yang biasa kita minum, teh Thailand ini kalau udah diseduh, warnanya akan kehitaman. Dicampurkan dengan kental manis putih, barulah warnanya jadi oranye cerah. Selain dari warna, teh Thailand ini rasanya juga khas.

Asal Mula Thai Tea


Seperti yang saya baca di salah satu artikel di Kompasiana, Thai Tea atau teh Thailand ini awalnya dibawa oleh pedagang Tiongkok. Ya sekitar tahun 1980an. Teh yang digunakan untuk menyeduh minuman ini adalah Cha Yen Tea, sejenis teh yang berwarna hitam.

Lalu karena harga Cha Yen Tea rada mahal, jadilah teh hitamnya ditukar menggunakan Ceylon Tea aja. Teh hitam asal Sri Langka yang memiliki aroma yang pekat.

Selain teh sebagai bahan bakunya, ternyata juga ada campuran rempah khusus dan pewarna makanan berwarna oranye. Pas diseduh dengan panas aja sih memang warna oranye nya nggak gitu kelihatan. Pas udah dikasih skm putih, baru deh makin jelas warna oranye dari pewarna makanannya.



Oke, ini kurang lebih penjelasan tentang asal mula Thai Tea, yang menjadi minuman cukup terkenal juga ya di Indonesia. Yuk sekarang kita siapkan bahan-bahan untuk bikin es jelly cincau dengan campuran Thai tea...

Untuk membuat es jelly cincau Thai tea, bahan-bahan yang perlu disiapkan adalah:
1 bungkus Nutrijell rasa cincau
700 ml air (+_ 3,5 gelas sedang)
1 sachet kental manis putih
+_ 8 sdm gula


2 sdm teh Thailand
600 ml air panas (+_ 3 gelas sedang)
600 ml air

3 kental manis putih
+_ 10 sdm gula
Secukupnya es batu

Lalu ini ya cara memasak es jelly cincau Thai tea:

Campurkan Nutrijell rasa cincau, air, kental manis putih, dan gula pada wadah masak. Aduk merata. Nyalakan kompor lalu didihkan sembari diaduk. 

Tuang pada loyang cetakan, lalu dinginkan hingga jelly mengeras.

Potong-potong dadu jelly.

Sekarang kita siapkan Thai tea-nya ya. Seduh teh dengan air panas, lalu diamkan beberapa saat. Saring.

Campurkan teh dengan sisa air, kental manis putih, dan gula. Aduk merata.

Untuk penyajiannya, campurkan potongan es batu, Thai tea, dan potongan jelly rasa cincau.

Cara membuat Thai tea
Es Jelly Cincau Thai Tea
Ini jadinya kurang lebih 1 teko. Kalau takaran gula yang saya buat ini, rasa manisnya pas untuk dicampurkan dengan es batu. Nanti teman-teman tinggal atur aja ya takaran gulanya sesuai selera.

Makasih banyak ya teman-teman udah mampir. Moga bisa jadi rekomendasi untuk cemilan teman-teman ya...

Mampir juga ya di resep minuman saya lainnya...

1 comment:

  1. Kalao di Indonesia, di supermarket ada kali ya daun teh Thailand? Kepengen bisa bikin di rumah minuman es jelly cincau thai tea ini. Ternyata cara bikinnya gampang ya yang penting niat :D Btw aku kalau bikin nutrijell biasanya gulanya 1 mug loh :D

    ReplyDelete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P