Cara Membuat Es Pepaya Santan dan Es Timun Cocopandan

Pepaya yang dicampurkan dengan kuah santan, minuman khas Minang. Serta es mentimun khas Aceh yang dicampurkan dengan sirup cocopandan.

Es Timun Cocopandan
Es Pepaya Santan dan Es Timun Cocopandan
Apa kabar, teman-teman?

Rasanya nggak sulit juga ya untuk menemukan buah pepaya. Kalaupun kita nggak membeli 1 pepaya utuh, setidaknya masih bisa kita nikmati buah pepaya potong yang dijual oleh abang penjual buah potongan. Bahkan sekarang kalau ke Alfa aja, di kulkasnya selalu ada buah pepaya potong yang dijual sekotak kecil.


Karena harganya yang masih terbilang cukup terjangkau dibanding buah-buahan lainnya, mungkin ini juga yang bikin pepaya cukup banyak diminati. Entah dimakan begitu aja, dicocol dengan sambal rujak, dijus, maupun diolah sebagai bahan makanan dan minuman lainnya.

Nggak cuma karena harganya yang terjangkau dan rasanya yang enak, buah pepaya juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Salah satunya adalah vitamin C yang sekarang ini sangat dibutuhkan, untuk menjaga imun tubuh dari wabah corona. Terlebih lagi sekarang ini kita juga lagi menjalani ibadah puasa ya, yang pastinya tubuh lebih butuh asupan vitamin C lagi.

Selain vitamin C, buah pepaya juga mengandung vitamin A, vitamin B1, B3, B5, vitamin E, vitamin K, likopen, kalsium, potasium, folat, serta magnesium.

Untuk menjaga mata biar tetap tetap sehat, yuk mari banyak-banyak makan pepaya. Begitupun yang bikin rambut dan kukunya tetap bagus. Selain itu pepaya juga bagus untuk menyembuhkan kulit yang terbakar sinar matahari – ini salah satu yang bikin saya bisa dibilang harus banget makan pepaya.

Buah pepaya juga bagus untuk menjaga memperlancar pencernaan. Untuk menjaga kesehatan jantung, mengurangi risiko kanker, anti penuaan, sistem kekebalan tubuh, serta bagus juga untuk orang-orang yang lagi terkena demam dengue.

Cara membuat es pepaya santan
Es Pepaya Santan
Es pepaya santan merupakan salah satu minuman khas Minang, yang biasanya menjadi pelengkap untuk berbuka puasa. Tapi kalau kapan aja kita bikin ya nggak apa-apa kan, haha... Mau dibikin dingin dengan es batu, maupun disantap hangat juga sama enaknya. Sesuaikan dengan kesukaan teman-teman aja ya...

Es pepaya santan, tentunya menggunakan bahan baku buah pepaya dan santan. Tapi kalau mau ditukar dengan fibercreme juga enak kok. Untuk fibercreme biasanya saya menggunakan 3 sdm. Menggunakan fibercreme rasanya memang nggak segurih pakai santan, tapi biasanya menjadi pilihan bagi teman-teman yang udah mengurangi atau no santan.

Yuk sekarang kita siapkan bahan-bahannya...

Cara membuat es pepaya santan
Es Pepaya Santan

Cara membuat es pepaya santan, ini dia yang perlu disiapkan:

1 buah pepaya yang kecil
1 bungkus Kara kecil / 3 sdm Fibercreme
+_ 3 sdm gula

3 gelas air (gelas sedang)
Seujung sendok garam
Secukupnya es batu


Lalu ini ya cara membuat es pepaya santan:

Kupas pepaya, lalu potong dadu.

Masukkan Kara, gula, air, dan garam. Aduk hingga santannya merata, lalu nyalakan kompor. Didihkan dengan api agak pelan sembari diaduk.

Pindahkan ke wadah saji, lalu masukkan pepaya.

Tunggu hingga panasnya hilang, lalu sajikan dengan es batu setengah gelas, kemudian masukkan pepaya santan.


Untuk minuman selanjutnya yang sering saya bikin juga adalah es timun, minuman asal Aceh yang saya taunya juga dari almarhumah nenek. Mungkin karena kami memang sesama orang Sumatera, jadi minuman ini bagi kami juga cukup familiar.

Cara membuat es timun cocopandan
Es Timun Cocopandan
Mentimun juga merupakan salah satu sayuran dengan harga yang cukup terjangkau. Selain nikmat untuk dijadikan lalapan, campuran masakan, maupun dibikin minuman, mentimun juga banyak kandungan nutrisinya, mulai dari protein, lemak, karbohidrat, kalsium, zat besi, magnesium, fosforus, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, serta vitamin C.

Nggak cuma buahnya aja, dalam biji mentimun juga mengandung alkoloid jenis hipoxanti, yang gunanya juga bisa untuk mengobati anak-anak yang terkena cacingan. Wahh... jadi selain minum obat cacing, juga bisa dibantu dengan menyantap mentimun beserta bijinya ya...

Biji mentimun juga bisa untuk mengobati radang tenggorokan. Caranya campurkan aja biji mentimun dengan sedikit garam, trus kumur-kumur deh selama beberapa kali.

Selain itu, mentimun juga banyak lagi manfaatnya, seperti menjaga kesehatan ginjal, membantu tubuh biar nggak kekurangan air, menjaga kesehatan tulang, mencegah sembelit, menghambat pertumbuhan sel kanker, menurunkan tekanan darah, membantu menurunkan berat badan. Uww bagus nih buat yang lagi program diet, baik yang beneran mau cuma wacana besok diet, hahahah... Lalu mentimun juga bisa membantu perkembangan janin dalam kandungan, serta baik juga untuk mengeluarkan racun dalam tubuh.

Kali ini, mentimun yang saya segar saya bikin es timun dengan campurkan sirup cocopandan. Jadi rasanya akan lebih segar, maknyuss... Yuk kita siapkan bahan-bahannya...

Cara membuat es timun cocopandan
Es Timun Cocopandan

Cara membuat es timun cocopandan, ini dia bahan-bahan yang perlu disiapkan:

250 gram mentimun (+_ 3 yang kecil)
6 sdm sirup Marjan cocopandan
2 – 3 sdm gula

3 gelas air
Secukupnya es batu


Lalu ini ya cara membuat es timun cocopandan:

Kupas mentimun, lalu serut. Kalau saya karena lebih suka yang sampai halus, jadi serutnya pakai parutan keju aja.

Campurkan sirup cocopandan, gula, dan air. Lalu aduk merata.

Campurkan serutan mentimun.

Sajikan es batu setengah gelas, lalu campurkan timun cocopandan.


Gulanya dimasukkan per-satu sendok dulu ya, karena pakai sirup jadi udah ada rasa manisnya juga. BTW kalau minumannya udah jadi, saatnya bikin cemilannya. Cara membuat pie teflon anti gagal, bisa mampir ke blognya Mba Ade. Atau pingin tau cara membuat teh tarik yang enak, bisa mampir ke blognya Mba Nurul. Family time di rumah aja bersama keluarga, kayak yang ditulis di blognya Mba Febri, pasti asyikkk... 

Makasih banyak ya teman-teman udah mampir. Moga bisa jadi rekomendasi minuman segar teman-teman ya...

Mampir juga ya di resep minuman simple saya lainnya...


Pendukung materi:

https://www.alodokter.com/manfaat-pepaya-bagi-kesehatan

https://doktersehat.com/khasiat-mentimun-obat-alami-kaya-manfaat/

3 comments:

  1. Ini timunnya dikupas dulu ga Miss? Atau langsung diserut aja yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh iya dikupas dulu, haha... udah ditambahkan. Makasih ya, Mak.

      Delete
  2. Baru tahu kalau manfaat buah pepaya bisa melindungi sinar matahari Miss, setahuku cuma bisa buat nambah asupan Vitamin C dan melancarkan pencernaan aja haha. Ternyata bisa juga dicampur santan ya. Ahh jadi pengen praktek.

    Kalau mentimun, aku juga diserut bikin es timunnya tapi bijinya malah dibuang dulu wkkwkw padahal banyak banget manfaatnya ya. Terus sirupku rasa melon, tapi mau coba ahh yg sirup merah biar difoto bagus kayak gini. Makasih ya Miss resep minumnya. Bulan puasa hars banyak berbagi resep minuman buat variasi buka puasa nya haha

    ReplyDelete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P