Resep Bubur Sagu Mutiara Kuah Pandan

Cara memasak bubur sagu mutiara dengan kuah pandan dari fibercreme.

Cara membuat bubur sagu mutiara kuah pandan
Bubur Sagu Mutiara Kuah Pandan 

Apa kabar, teman-teman?

Sebelum boba sedemikian hebohnya di negeri ini, haha... Indonesia udah lebih dulu punya makanan kenyel-kenyel, yaitu sagu mutiara atau yang juga dikenal dengan sebutan pacar cina. Olahan tepung tapioka yang dibikin bulet-bulet super kecil. Ada yang dikasih pewarna makanan, atau juga yang putih gitu aja.  

Selain di Indonesia, beberapa negara di Asia Timur, Tenggara, dan Selatan banyak juga yang mengolah sagu mutiara sebagai kuliner yang lezat. Wow, nanti kita berkeliling Asia untuk jajan sagu mutiara ya...

Sagu mutiara atau pacar cina ini biasanya booming banget kalau pas Ramadhan, sebagai menu berbuka puasa. Entah dibikin campuran kolak, bubur santan, maupun minuman segar. Makanya kalau pas bulan puasa, lebih mudah membeli sagu mutiara ini. Kalau udah direbus, warnanya emang jadi berkilau layaknya mutiara, haha...

Tapi selain bulan puasa biasanya ada aja sih yang jual sagu mutiara ini, entah di warung sayur maupun di toko kue. Biasanya lebih dijual dalam 1 plastik, yang tinggal kita beli sesuai keperluan aja. Kalau untuk bubur mutiara, tentu membutuhkan sagu mutiara yang lebih banyak, ketimbang untuk campuran kolak atau untuk minuman.

Untuk merebusnya sampai empuk, tergantung dari banyaknya juga sih. Kalau untuk segenggam ini, kurang lebih 10 menitan. Pas direbus nggak lengket kok, tapi kalau memang teman-teman punya wadah masak yang anti lengket, nggak apa-apa gunakan ini aja.

Kali ini saya mau berbagi cara memasak bubur sagu mutiara yang disantap dengan kuah pandan. Kuahnya bisa menggunakan santan instant kalau mau yang lebih gurih, atau kayak yang saya bikin ini pakai fibercreme aja – semacam krim pengganti santan.

Cara membuat bubur sagu mutiara kuah pandan:

1 genggam sagu mutiara
Secukupnya air untuk merebus

2 sdm fibercreme
600 ml air / +_ 3 gelas sedang
+_ 6 sdm gula

½ sdt pasta pandan
2 lembar daun pandan, sobek
Seujung sendok garam

Lalu ini ya cara memasak bubur sagu mutiara kuah pandan:

Didihkan secukupnya air, masukkan sagu mutiara, rebus dengan api pelan hingga empuk. Ini kurang lebih 10 menit. Airnya agak banyak aja ya. Tiriskan.

Campurkan fibercreme, air, gula, pasta pandan, daun pandan, dan garam. Aduk merata, lalu nyalakan kompor. Didihkan dengan api pelan, biar daun pandannya meresap. Sesekali diaduk ya. Kalau fibercreme nggak gumpal macam pakai santan, jadi nggak sering diaduk pun nggak apa-apa.

Letakkan kuah pada wadah saji, lalu campurkan sagu mutiara.

Cara membuat bubur sagu mutiara kuah pandan
Bubur Sagu Mutiara Kuah Pandan
Mau disajikan hangat atau dingin juga sama enaknya. Tinggal ditambah es batu aja atau simpan dulu di dalam kulkas kalau mau disajikan dingin. Kalau fibercreme-nya mau ditukar santan instant, bisa pakai Kara cair sekitar 1 – 2 sdm aja.

Makasih banyak ya teman-teman udah mampir. Moga bisa jadi rekomendasi minuman yang simple dan segar untuk teman-teman di rumah ya...

Mampir juga ya di resep minuman saya lainnya...

1 comment:

  1. Indonesia emang juara ya, ga mau kalah kuliner negrinya dgn negara tetangga. Kalau mereka punya boba atau buble kali ya. Kalau kita punya pacar cina atau mutiara. Yg g asing di telinga emang mutiara ya, karena pas mateng dia berkilau. Coba punya mutiara segenggam gitu haha. Cuss lah menyambut ramadhan siapin dulu piranti buka puasanya ini, jadi ingat kan masih punya mutiara sedikit di dapur. Mau ikutan nyoba *halah latah* wkwkkw

    ReplyDelete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P