Resep Mie Tek Tek Telur Bakso

Cara memasak mie tek tek atau mie dok dok dengan campuran telur dan bakso

Cara membuat mie tek tek
Mie Tek Tek Telur Bakso

Apa kabar, teman-teman?

Bunyi pukulan penggorengan yang seperti “tek tek tek” atau pukulan entah apa sih itu kalau yang “dok dok dok”, haha... Menjadikan mie buatan bapak penjual nasi goreng keliling disebut mie tek tek atau mie dok dok. Mie goreng maupun mie rebus, kalau buat saya sih sama enaknya, tinggal ditukar-tukar aja jajannya.


Tapi karena bapak penjual mie tek tek lewatnya cuma pas malam hari aja, itupun kadang nggak kedengeran, haha... lalu kadang saya kepingin makan mie tek tek buat sarapan maupun makan siang, jadinya bikin sendiri aja. Kadang karena saya juga kepingin dengan campuran yang lain, sementara kan kalau di bapak penjual mie tek tek, campurannya itu aja. Ini juga yang bikin saya seringkali bikin mie tek tek sendiri.

Mie tek tek, udah pasti bahan bakunya adalah mie ya. Mie yang saya gunakan tukar-tukar aja sih. Kadang mie telur, mie goreng, maupun mie rebus. Mie goreng untuk dijadikan mie rebus juga bisa, tinggal ditambah aja garamnya. Sedangkan mie rebus untuk dijadikan mie goreng, bumbunya tinggal dikurangi aja ya.

Kali ini saya mau berbagi cara memasak mie tek tek dengan menggunakan 3 mie instant rebus. Di rumah itu pada penyuka olahan mie, makanya kalau bikin mie nggak bisa sedikit, hehe... Karena pingin menggunakan kuah yang sedikit aja, jadinya bumbunya saya 2 aja, sementara macam bubuk cabe, minyak, dll nya saya masukkin semua. Ini pas dimasak ada kuahnya sedikit, tapi karena fotonya kelamaan, kuahnya pun abis meresap, hahah...

Penggunaan ebi juga yang bikin mie tek tek ini bumbunya cukup khas. Lalu karena pakai mie instant, rasanya ya udah gurih, jadi walaupun nggak ada kaldunya, udah tetap enak. Yuk sekarang kita siapkan bahan-bahannya:

Cara membuat mie tek tek bakso telur, ini dia bahan-bahan yang perlu disiapkan:

3 bungkus mie instant / 1 bungkus mie telur
3 sdm kecap manis
2 telur

5 bakso, iris
1 batang daun bawang, iris
1 gelas air (gelas sedang)
Secukupnya minyak goreng


Bumbu gilingnya:

5 siung bawang merah
2 siung bawang putih
2 butir kemiri, gongseng atau sedikit digoreng asal panas aja

1 sdt ebi
½ sdt lada
3 buah cabe merah
Secukupnya garam (kalau teman-teman menggunakan mie telur, atau kalau diperlukan)

Lalu ini ya cara memasak mie tek tek telur bakso:

Rebus mie hingga setengah matang, tiriskan. Aduk dengan 2 sdm kecap.

Panaskan minyak goreng, orak arik telur, angkat.

Panaskan minyak goreng, lalu tumis bumbu giling beserta daun bawang hingga harum.

Masukkan air, sisa kecap, dan bumbu mie. Didihkan dengan api sedang.

Masukkan mie, telur, dan bakso, lalu aduk merata.

Cara memasak mie tek tek telur bakso
Mie Tek Tek Telur Bakso
Sajikan dengan tomat, timun, kol, atau kerupuk favorit teman-teman. Kalau kuahnya mau yang lebih banyak bisa menggunakan 2 gelas air aja, lalu dicobain lagi ya rasa garamnya. Rebus mie-nya jangan langsung matang dulu ya, nanti kalau pas dicampurkan bisa lodoh. Kalau masak setengah matang dulu, nanti matangnya bisa pas.

Makasih banyak ya teman-teman udah mampir. Moga bisa jadi rekomendasi masakan harian teman-teman ya, terutama bagi yang penyuka mie dengan bumbu lokal.

Mampir juga ya di resep mie dan pasta masakan saya lainnya...

6 comments:

  1. Makasih resepnya mbak, saat karantina begini kangen pengen jajan mie hehe. Bikin sendiri aja deh

    ReplyDelete
  2. Menggugah selera banget mie nya Mbak, auto laper liatnya.

    ReplyDelete
  3. boleh sih mie tek-teknya

    tapi bumbu giling kebanyakan bawang jadi ga enak

    ReplyDelete
  4. Karena bunyinya dok dog jadinya mie dog dog haha. Ohh kalau bikin mie rebusnya cukup setengah mateng aja to, terus pakai kemiri juga. Selama ini diriku bikin cuma bamer, baput dan lada aja Miss. Mau nyoba ah pakai kemiri yg digongseng sebentar mumpung punya mie telor dan bihun. Ehh tapi buat bihun juga enak kali ya

    ReplyDelete
  5. Ini masakan yg terlihat gampang, t aku blm bisa bikin yg seenak Abang penjual langganan :p. Nth pake bumbu rahasia apa dia sampe rasanya ada khasnya. Yg aku bikin berasa bangetttt ada yg kurang :p. Kayaknya khusus mie tektek, aku ttp prefer beli aja mba nit hahahahah

    ReplyDelete
  6. Wah yg bikin enak itu ebinya ya. Duh jadi mau buat juga. Ade pikir ini pakai mie telor. Ternyata bisa pakai mie instan. Ini pakai mie instan rebus rasa apa aja kan ya?

    Kebetulan di rumah banyak stock mie instan dan ga laku.. daripada mubazir kan mending dibuat sesuatu. Pas banget nih dpt resep mie tek-tek.

    ReplyDelete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P