Nyobain Memasak Ketupat Instant Mini Adabi dengan Magiccom

Cara memasak ketupat instant merk Adabi, impor dari Malaysia.

Ketupat mini Adabi
Memasak Ketupat Instant Mini Adabi
Apa kabar, teman-teman?

Waktu itu di instagram, saya sempet ngelihat salah satu postingannya Mba Hanna - sang food blogger dan instafoodie kece - yang masak ketupat sayur godog. Selama ini tiap kali lebaran tiba, kami memang nggak pernah bikin ketupat sendiri. Dulu almarhumah nenek pun lebih bikin ketupat ketan dibanding ketupat sayur.


Udah mesti ngayam daun ketupat dulu, abis itu ditakar berasnya. Eh berasnya juga katanya mesti khusus ya untuk bikin ketupat ini. Lalu direbus sekian jam lamanya, yang hasilnya entah berhasil entah gagal, hahahah... That’s why, tiap kali lebaran tiba, untuk urusan ketupat, kami lebih memilih untuk beli matang aja pada ibu penjual ketupat sayur Padang. Jadi tinggal nyiapin sayur ketupatnya aja.

Betapa girangnya saya yang kagak bisa bikin ketupat ini, ketika melihat post Mba Hanna kalau ternyata ada ya ketupat instant, hahah... Ngelihatnya udah lama, tapi baru terpikir untuk nyobain, karena untuk lebaran kali ini belum tentu si ibu buka orderan lagi.

Jadilah saya hunting si Shopee dengan keyword “ketupat instant”. Ada beberapa merk dan pilihan saya pingin nyobain ketupat instant mini merk Adabi dulu aja.

Ketupat mini Adabi
Ketupat Mini Adabi
Ketupat – yang mungkin lebih tepatnya lontong ya – merk Adabi ini merupakan impor dari  Malaysia ternyata. Wow, betapa jauhnya saya beli lontong ya, hahah... Ketupat instant yang sebungkusnya ada yang isi 10 dan isi 30. Saya beli yang isi 30. Ini ketupat mini ya, porsi 1 piringnya kurang lebih 2 ketupat.

Di Shopee ada akun Adabi Indonesia. Tapi kemarin saya belinya dengan reseller sih, dengan harga yang selisih sedikit kok.

Isi 30 ini saya beli dengan harga 25 ribu deh rasanya. Di akun resminya, rasanya 23 ribuan untuk isi 30 ini. Sebelumnya saya memang belum menemukan akun Adabi Indonesia ini, tapi karena di reseller itu deskripsinya cukup lengkap, makanya saya beli di toko dia aja.

Pada akhirnya paket ketupat instant pun datang, yeayyy... Walaupun ketupat instant, tapi bukan berarti udah tinggal makan aja ya, hahah... Harus dimasak dulu lah.

Lah kalo gitu ngapain beli ketupat instant segala, Nit, kalo emang masih dimasak dulu?

Keunggulan Membuat Ketupat dengan Ketupat Instant Merk Adabi

Ketupat mini Adabi
Isi Dalamnya Ketupat Mini Adabi
Begini, ngana. Sebelumnya saya udah nulis kalau saya kagak ngerti cara bikin ketupat. Jenis berasnya, takaran berasnya, dan saya masih mikir untuk ngerebus ketupat berjam-jam lamanya, haha... Lalu ketika ada ketupat instant yang saya tinggal rebus, udah gitu bisa pakai magiccom juga, tentunya ini memudahkan saya.

Kantong ketupat instant itu pun saya gunting, dan di dalamnya kayak gini. Ada plastik-plastik kecil yang dikasih lubang-lubang. Ini plastiknya food grade dan udah ada izin BPOM kita juga, jadinya plastik ini aman untuk direbus. Oh ya walau ini impor dari Malaysia, tapi udah melalui Halal MUI dan izin BPOM kita juga ya.

Cara Memasak Ketupat Instant Merk Adabi

Ketupat mini Adabi
Ini hasilnya... Ketupat Mini Adabi 
Kalau teman-teman mau merebus di panci kompor juga bisa. Cuma karena saya mikir, waduh merebus selama 1 jam, sayang juga ya gasnya. Cobain deh rebus 10 aja pake magiccom. Jadilah saya masukkan 10 plastik beras itu, lalu masukkan air kurang lebih setengah magiccom. Yang penting plastik-plastik itu tenggelam ya. Cuma daripada saya buka-buka magiccom untuk ngecek airnya, mending kalau pas masak 10 atau 15 plastik, airnya pakai setengah magiccom aja.

Oh ya, pas di buka, wangi berasnya aja udah menguar. Apalagi pas direbus, wangi pandan berasnya.
Waktunya tetap saya pakai 1 jam. Kalau masaknya pakai yang smart magiccom – entah apa sih itu namanya, karena punya adek, haha... – saya tekan yang “rice”. Setelah 1 jam saya matikan, lalu buka magiccom-nya, jadilah ketupat yang menul-menul padet ini.

Selanjutnya ditiriskan trus diamkan dulu ya setidaknya 2 jam, setelah itu baru deh bisa kita santap dengan sayur ketupat favorit. Oh ya, pas merebusnya, biar rasanya nggak hambar, jangan lupa masukkan garam ya ke air rebusannya.

Kalau masaknya pakai panci rebusan, ini sama ya. Masukkan plastik beras ini, lalu air, baru nyalakan kompor. Jangan nunggu mendidih dulu, nanti plastiknya bisa kembung.

Ketupat mini Adabi
Ketupat sayur godog udang dengan ketupat mini Adabi
Ketupat instant merk Adabi ini juga ada waktu batas kadaluarsanya. Jadi sebelum beli, bisa ditanyakan dulu ya dengan penjualnya. Kalau untuk beli di supermarket gitu saya kurang tau sih.

Ini kurang lebih review saya, sehabis nyobain masak ketupat mini merk Adabi dengan magiccom. Nanti saya mau nyobain yang merk lainnya.

Makasih banyak ya teman-teman udah mampir. Moga bisa jadi rekomendasi ya, bagi teman-teman yang lagi hunting ketupat instant yang bagus dengan harga yang terjangkau.

2 comments:

  1. Ini praktis banget yaa pas masa pandemi gini. Pesen by online. Mau pakai magic com atau kompor gas sama2 1 jam ya? Tapi kalau magic com biasa bisa juga ga ya?

    ReplyDelete
  2. Wah, telat bacanya nih. Pas lebaran ini aku malah beli ketupatnya sama tetangga heheheh :) Oke juga nih buat tahun depan mau coba bikin ketupat instan ah. Tapi ada plastiknya itu ya hhmm.... 1 jam masak pake magic jar asik juga ya. Wangi pandannya terasa juga? Mantul!

    ReplyDelete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P